05.Dec.2016

8 Tempat Ngeliat Sunrise Terbaik di Yogyakarta Ini Dijamin Bikin Tukang Tidur Rela Bangun Pagi


 

0
0
0

Liburan emang paling enak bangun siang. Setuju? Nggak ada kantor, kampus, atau sekolah yang nungguin kamu dateng. Eh, tapi jangan keterusan bangun pas matahari udah tinggi, Aladiners. Sayang banget kalau hari kamu jadi terasa lebih pendek cuma karena bangun terlambat. Nah, kalau kamu liburan ke Yogyakarta, cobain sekali-sekali bangun pagi supaya bisa ke 8 tempat terbaik buat ngeliat sunrise ini. Sensasinya luar biasa, deh!

 

1. Candi Borobudur

Sumber gambar: Shutterstock

Candi yang satu ini pesonanya udah nggak diragukan lagi, deh. Pernah masuk daftar 7 Keajaiban Dunia, reliefnya keren dan fotogenik banget, filosofi struktur bangunannya yang mengagumkan, sampai keindahan matahari terbit yang ada di sini. Kebayang, kan, gimana sinar matahari pelan-pelan menyapa stupa dan tiap lekukan relief di sini? Cantiknya kuadrat, deh!</>

Berhubung pintu masuknya baru dibuka pukul 6 pagi, kamu bisa cobain nginep di hotel Manohara yang punya akses eksklusif ke dalam candi sebelum matahari terbit. Jadi, kamu nggak perlu bangun terlalu pagi, deh, buat jalan jauh. Kalau kamu ikutan paket yang ditawarin hotel ini, kamu bisa nikmatin cantiknya sunrise sambil ditemenin pemandu dan makanan ringan secara gratis. Asyik, kan, ngeliat matahari sambil nyeruput teh/kopi panas? Jangan lupa bawa juga kamera kamu, ya!

 

2. Candi Ratu Boko

Sumber gambar: Shutterstock

Lho? Bukannya candi ini terkenal bagus justru waktu matahari terbenam? Tunggu dulu... mau pagi atau sore, candi dengan perpaduan unsur Buddha- Hindu ini pas banget jadi tempat nontonin matahari timbul maupun tenggelam. Di sini kamu bisa ngeliat perbukitan hijau dan dinding candi yang berwarna abu-abu kecoklatan ditimpa sinar matahari yang perlahan muncul dari balik cakrawala (ceilah, udah kayak lirik lagu). Kesan kunonya jadi makin kuat! Mau ngeliat sendirian, bareng pasangan, atau bareng temen-temen tersayang, matahari terbit di sini pasti bikin kamu makin bersyukur karena udah dikasih kesempatan sekali lagi untuk buka mata di pagi hari.

 

3. Candi Prambanan

Sumber gambar: Shutterstock

Kok, candi lagi? Semua candi aja dimasukkin dalem daftar ini! (Aladiners mulai memutar-mutar bola mata, kesal). Eh, tapi emang bener, lho, sayang banget kalau nggak ngerasain kerennya sensasi ngeliat sunrise dari kompleks Hindu yang satu ini. Beda dengan tempat lainnya, ada tips khusus supaya kamu nggak sia-sia mampir ke sini: datenglah pas hari Minggu, parkir kendaraan kamu di lapangan sebelah barat, terus jalan kaki deh dari pintu masuk sisi barat. Tenang, nggak ada alasan mistis, kok, kenapa tata caranya harus begini. Soalnya, pintu masuk yang satu-satunya dibuka sebelum matahari terbit ini emang cuma dibuka hari Minggu dan cuma berlaku buat pejalan kaki.

 

4. Punthuk Setumbu

Sumber gambar: Shutterstock

Dari tempat yang punya nama lain Nirwana Sunrise ini, kamu bisa ngeliat matahari muncul malu-malu di antara Gunung Merbabu-Gunung Merapi di sebelah utara dan Pegunungan Menoreh di sebelah selatan. Selain itu, Candi Borobudur juga terlihat dari kejauhan, lho, jadi kamu bakal bisa ngeliat perlahan-lahan siluet candi makin jelas saat matahari makin tinggi.

Magis banget, lho! Males trekking ke atas? Berhubung jaman sekarang semuanya udah lebih praktis, kamu bisa naik ojek ke sini supaya bisa ngejar sunrise. Tiket masuk ke tempat wisata ini cuma Rp15.000, kok. Nggak ada apa-apanya dibandingin keindahan sang matahari yang nggak bisa kamu lihat setiap hari, kecuali dari hasil googling.

 

5. Gereja Ayam

Sumber gambar: Shutterstock

Buat kamu yang udah nonton Ada Apa dengan Cinta 2, pasti tahu adegan Rangga yang ngajak Cinta ke gereja ini pagi-pagi buta. Bukan, bukan ngajak kawin lari kayak di drama Korea, tapi naik berdua ke atas bangunannya untuk ngeliat matahari terbit. Aaaw... gimana cewek nggak klepek-klepek kalau dikasih pemandangan beginian, wahai Mas Rangga? Sebenarnya, pemandangan sunrise di sini mirip dengan yang bakal kamu lihat dari Punthuk Setumbu karena jarak dua tempat ini emang deket banget. Namun, nggak ada salahnya ngerasain bedanya berdiri di atas tanah bukit dan di atas kepala ayam. Tiket masuk ke sini lebih murah Rp5000 pula! (((INI PENTING))).

 

6. Puncak Suroloyo

Sumber gambar: Shutterstock

Tempat ngeliat matahari terbit yang satu ini bukan cuma bikin mata dimanjain, tapi juga bikin badan kamu bakal makin sehat. Yaaa... minimal betis kamu makin kenceng nan atletis, deh. Gimana nggak? Supaya bisa nyampe di puncaknya, ada 286 anak tangga dengan kemiringan sekitar 60 derajat yang nunggu kamu di sini. Eh, eh, eh, jangan melengos gitu, dong, begitu baca angkanya. Pemandangan di atasnya dijamin bakal langsung bikin capek kamu lenyap seketika! Dengan letaknya yang lebih tinggi daripada Punthuk Setumbu, pemandangan Merbabu, Merapi, dan Borobudur jadi keliatan makin surreal dari sini. Bayangin ketiga tempat keren itu ditimpa cahaya kekuningan matahari. Bisa lupa mingkem kamu!

 

7. Kebun Buah Mangunan

Sumber gambar: Shutterstock

Tempat wisata yang berlokasi di Bantul ini juga makin dikenal sebagai tempat buat ngeliat sunrise super keren, lho. Sejauh ini, sih, Kebun Buah Mangunan masih ngasih harga Rp5.000 untuk tiket masuknya. Bahkan, kadang-kadang kalau kamu datengnya kelewat pagi, tempat ini belum ada penjaganya, jadi bisa masuk gratis, deh. Di sini kamu harus naik ke atas bukit supaya bisa ngelihat keindahan matahari terbit dengan maksimal. Dari atas, deretan pepohonan hijau, arak-arakan awan, dan pemandangan mirip Grand Canyon bakal berpose buat dijepret kalimat kamu. Abis itu, langsung update, deh, ke Instagram. Orang-orang bakal makin berbondong-bondong, deh, ke sini. Cepetan mampir sebelom tiket masuknya makin mahal!

 

8. Punthuk Sukmojoyo

Sumber gambar: Shutterstock

Jangan kira ini di Kalibiru, ya. Tempat ngeliat matahari terbit yang ini punya nilai sejarah tinggi. Kenapa? Soalnya, punthuk ini dulunya adalah tempat Pangeran Diponegoro beristirahat sambil mengintai pasukan Belanda dari kejauhan. Jadi, kalau kamu males sama Punthuk Setumbu yang udah terlalu rame atau ogah ngeluarin duit buat lihat sunrise di Candi Borobudur, langsung aja ke tempat ini.

Suasananya masih tenang dan belum terlalu turis banget. Kamu jadi bisa lebih puas menikmati kecantikan matahari pagi tanpa keganggu kerumunan banyak orang. Sebagai info, tempat ini lokasinya ada di Dusun Secang, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jangan lupa bawa bekal dan pakai sendal gunung buat trekking, ya.

Komentar

Tinggalkan Komentar: