Tentang Yogyakarta


Yogyakarta adalah satu dari dua daerah di Indonesia yang mendapatkan predikat istimewa. Status ini tak datang begitu saja. Sebelum bergabung dengan NKRI, Yogyakarta merupakan daerah kesultanan yang dipimpin oleh seorang sultan. Setelah masa kemerdekaan Indonesia, Sultan Yogyakarta menyatakan bahwa Yogyakarta sepenuhnya mendukung NKRI dan mau masuk ke dalam wilayah kedaulatan RI, dengan syarat pemimpin Yogyakarta haruslah dari kalangan keraton dan tidak dicampuri oleh RI.

Dari sinilah akhirnya Yogyakarta masuk menjadi wilayah Indonesia dan mendapatkan predikat Daerah Istimewa. Ini juga membuat Yogyakarta memiliki begitu banyak situs wisata budaya yang melegenda dan dikagumi banyak orang.

Lantas apa sih, yang membuat kamu tergiur berlibur di Yogyakarta? Ingin menikmati alamnya yang indah? Belajar budayanya? Atau mungkin karena ada banyak hotel murah di Yogyakarta yang nyaman untuk liburan?

Tempat Wisata di Yogyakarta


Ketika berkunjung ke Yogyakarta, kamu wajib menyambangi wisata sejarahnya yang hingga kini masih menawan.

Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta selain menjadi objek wisata yang terkenal hingga ke seluruh dunia, hingga kini pun masih menjadi tempat tinggal Sultan. Kamu juga bisa mengunjungi Taman Sari yang dulunya merupakan tempat pemandian Sultan dan keluarganya.

Pura Pakualaman


Istana milik Paku Alam ini seringkali luput dari jangkauan para wisatawan. Padahal bangunannya cantik dan cocok untuk berfoto tanpa perlu membayar tiket masuk, alias gratis!

Candi-candi


Selain Keraton, tempat wisata populer lainnya adalah candi. Ada banyak candi peninggalan budaya Hindu tersebar di Yogyakarta dan sekitarnya. Sebut saja Candi Borobudur yang ada di kota Magelang, utara Yogyakarta, dan Prambanan yang lokasinya dekat dengan Solo. Keduanya telah masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi Ratu Boko yang lokasinya dekat dengan Prambanan juga merupakan tempat wisata yang cukup populer belakangan ini.

Camera House Borobudur


Terletak berdekatan dengan Candi Borobudur, rumah milik Pak Tanggol Angien Jatikusumo ini dibangun menyerupai kamera. Bukan hanya arsitekturnya saja, tapi interior di dalam rumah pun dibangun dengan konsep cara kerja kamera dalam mengambil gambar. Ketika masuk ke dalam, kamu bisa melihat koleksi lukisan karya Pak Tanggol dan juga dapat berfoto ala trick art kekinian.

Tak hanya itu, wisata alam yang ada di Yogyakarta juga tak kalah menarik untuk disinggahi karena harganya pun terjangkau.

Pantai Parangtritis


Pantai indah yang berombak besar di selatan Jawa ini sarat legenda bagi warga Yogyakarta. Konon, kamu tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau karena dipercaya pantai ini milik Kanjeng Ratu Nyai Roro Kidul yang menyukai warna hijau.

Pantai Timang


Mau coba rasanya menyeberangi lautan luas dengan ombak ganas hanya menggunakan gondola kayu seadanya? Dateng aja ke Pantai Timang! Dijamin bakal bikin adrenalin kamu terpacu.

Gumuk Pasir Parangkusumo


Berdekatan dengan Pantai Parangtritis, gumuk pasir ini menyita perhatian. Berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan, menjadikan pasir di lokasi wisata ini menumpuk hingga memiliki ketinggian 5 sampai 15 meter dan dinilai cocok untuk sandboarding.

Cave Tubing Kalisuci


Di tempat ini, kamu berkesempatan untuk bertualang ala Indiana Jones lewat aksi cave tubing, sebuah aktivitas seru yang merupakan perpaduan antara arung jeram dan susur gua.

Stonehenge Cangkringan


Tak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk berfoto dengan pemandangan susunan batu mirip Stonehenge. Kamu cukup pergi ke daerah Sleman, Yogyakarta. Susunan batu ini dibuat menyerupai Stonehenge di Inggris yang sangat instagrammable.

Jika ingin bermain di theme park, kamu bisa menyambangi Sindu Kusuma Edupark yang ada di daerah Sleman. Edupark ini sangat cocok untuk liburan dengan keluarga karena terdapat beragam wahana menarik dan spot foto unik yang akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Kota Yogyakarta juga memiliki segudang makanan lezat, seperti:

Gudeg


Bicara soal kuliner, ketenaran gudeg pastinya sudah tidak diragukan lagi. Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang digemari banyak orang. Bahkan, mereka yang tidak berasal dari Yogyakarta pun menyukai kuliner satu ini. Menariknya lagi, hidangan khas ini merupakan hidangan rakyat yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Angkringan


Selain gudeg, kuliner lain yang juga sangat populer dan menjadi tren di banyak kota lain adalah angkringan. Simpelnya, angkringan adalah tempat makan kaki lima di mana pengunjung duduk lesehan di tikar di pinggir jalan. Karena itulah disebut angkringan. Yogyakarta terkenal sebagai kota angkringan karena menjamurnya bisnis ini di seantero kota. Harganya pun sangat ramah di kantong.

Jika ingin mengunjungi restoran bernuansa alam yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga besar, Abhaya Ghiri dan Stupa Restaurant by Plataran patut menjadi pilihanmu. Pemandangannya yang indah dan rasa makanannya yang lezat, sangat worth it dengan harganya!

Sebelum pulang, sempatkanlah berbelanja buah tangan dari Yogyakarta untuk kerabat terdekat di tempat wisata belanja ini:

Malioboro


Bicara soal belanja murah dan lengkap, Malioboro adalah tempat yang tepat. Meski kamu belum pernah ke Yogyakarta sebelumnya, pasti pernah mendengar tentang Malioboro. Selain toko-toko yang menjual kerajinan dan oleh-oleh, di Malioboro kamu juga bisa mencicipi jajanan lokal dengan harga murah.

Kotagede


Daerah Kotagede terkenal sebagai penghasil kerajinan perak terbesar di Indonesia. Jika kamu penggemar perhiasan perak, Kotagede wajib didatangi untuk mencari cenderamata handmade perak khas Yogyakarta.

Di Yogyakarta juga terdapat banyak festival seru yang sayang jika dilewati. Simak di bawah ini:

Festival Kesenian Yogyakarta


Festival ini diselenggarakan setiap pertengahan tahun, antara bulan Agustus dan September. Selama 2 minggu festival ini berlangsung, kamu dapat melihat kesenian daerah asli Yogyakarta maupun kesenian modern yang dibawakan oleh para pelajar dan komunitas di kota ini.

Festival Sekaten


Diadakan di awal tahun, yakni antara bulan Desember dan Januari, festival ini sebagai perayaan untuk maulid nabi. Para abdi dalem mengarak sebuah gunungan yang kemudian diperebutkan oleh warga. Tak hanya itu, ada pula pasar rakyat yang tak kalah ramai.

Festival Melupakan Mantan


Terdengar nyeleneh, tapi festival ini benar-benar diselenggarakan di Yogyakarta. Diadakan setiap tanggal 13 Februari, festival ini menyajikan live music dan stand up comedy untuk menghibur kamu yang belum melupakan mantan. Selain itu, kamu bisa juga membawa barang pemberian mantan untuk disumbangkan.

Informasi Hotel di Yogyakarta


See? Ternyata Yogyakarta itu keren banget, ya, buat jadi tempat liburan! Untuk menuju kota ini pun cukup mudah, bisa menggunakan pesawat, kereta, bus, hingga mobil pribadi yang dapat disesuaikan dengan budget kamu!

Well, apa pun yang kamu lakukan selama liburan di Yogyakarta, sebaiknya tidak main-main saat mencari hotel. Ada baiknya kamu memberikan yang terbaik untuk keluarga dan temanmu saat berlibur bersama.

Jika kebingungan mendapatkan hotel terbaik namun tetap ingin on budget, cek deh Mister Aladin. Kamu juga bisa mencari hotel di Yogyakarta berdasarkan peringkat bintang, ulasan tamu, serta lokasi hotel yang dekat dengan tempat wisata, pusat kota, pusat perbelanjaan, atau lainnya. Jangan lupa unduh aplikasi Mister Aladin karena banyak promo dan diskon heboh yang sayang jika dilewatkan.
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point