18.Apr.2022

Perbedaan Es Krim, Gelato, Sherbet, Sorbet yang Harus Diketahui


Es krim, gelato, sorbet, di mana letak perbedannya? Tampilan ketiga makanan dingin ini sekilas terlihat mirip namun memiliki karakter rasa yang berbeda. Hidangan penutup ini memiliki perbedaan dari segi tektur, bentuk, rasa dan bahan dasarnya. Berikut penjelasan mengenai perbedaan Es krim, gelato, sherbet, sorbet.  

0
0
0

Es Krim

two ice cream cones

Source: unsplash.com/@nassimo

Dilihat dari sisi pengolahannya, es krim merupakan makanan semi-padat yang terbuat dari campuran susu, lemak hewani atau nabati, gula, perisa yang dibekukan.

Bahan-bahan tersebut kemudian dikocok hingga mengembang. Proses pengocokan terebut menyebabkan setengah dari es krim yang telah dibekukan mengandung gelembung udara. Gelembung tersebut akan menjadi mengembang.

person holding ice cream

Source: unsplash.com/@sweetsimplesunshine

Selanjutnya, es krim didinginkan di suhu yang mencapai minus 20 derajat Celcius. Sehingga, hal ini menyebabkan es krim mudah mencair saat berada di suhu normal.

Gelato

ice cream on black tray

Source: unsplash.com/@erwanhesry

Gelato merupakan hidangan yang diadaptasi dari bahasa Italia yang berarti es krim. Makanan penutup ini merupakan salah satu kudapan dingin yang populer bagi masyarakat Italia. Hidangan gelato dibuat dengan susu tanpa menambahkan krim.

Gelato dibuat dari susu, gula, kuning telur, dan air. Bahan dasar gelato tersebut diaduk perlahan, sehingga tekstur gelato sendiri cenderung lebih padat. Setelah itu, gelato didinginkan di suhu -15 derajat Celcius sehingga tidak tahan lama dan mudah cair.

Sorbet dan Sherbet

red Raspberry desert on gray tray

Source: unsplash.com/@littlebearhugs

Sorbet merupakan es krim tanpa kandungan susu. Hidangan es krim satu ini adalah jenis es krim yang berbentuk seperti serbuk es, bukan cair seperti krim.

Bahan dasar sorbet hanyalah buah dan air. Sorbet dibuat dari kandungan buah yang lebih banyak dibandingkan air. Hal ini akan menghasilkan tekstur yang lembut, meskipun tak selembut es krim dan gelato.

photo of ice cream

Source: unsplash.com/@sharonmccutcheon

Sherbet serupa seperti sorbet. Hanya saja rasa sherbet tetap menggunakan susu rendah lemak. Rasanya gurih dan manis karena ada campuran susu tersebut. Tekstu dari Sherbet sendiri lebih halus. Percampuran rasanya bergabung dengan buah-buahan atau sayuran, sehingga sedikit milky.

Kesimpulannya, Sorbet adalah es krim dari buah yang diblender dengan es, semacam bentuk makan makanan penutup. Sedangkan, sherbet rasanya lebih creamy dengan bahan campuran susu rendah lemak dan teksturnya lebih halus.

Baca juga: Jakarta Panas? Mampir Aja ke 7 Tempat Makan Es Krim Paling Enak!

Komentar