31.Aug.2022

15 Destinasi Wisata di Geopark Ciletuh, Surganya Pecinta Alam


 

0
0
0

Destinasi Wisata Geopark Ciletuh - Di Sukabumi, terdapat sebuah Geopark yang sangat mempesona dan menyimpan banyak sekali destinasi wisata. Geopark sendiri adalah kepanjangan dari Geological Park jika diartikan kedalam bahasa Indonesia menjadi Taman Geologi atau Taman Bumi. Kawasan ini menawarkan bentangan alam dengan pemandangan yang sangat indah. Geopark Ciletuh adalah sebuah konsep manajemen pengelolaan kawasan yang memadukan keragaman geologi, hayati dan budaya melalui prinsip konservasi, edukasi dan pembangunan berkelanjutan. Geopark Ciletuh memiliki luas sekitar 128 ribu hektar, mencakup delapan kecamatan di wilayah Sukabumi. Berikut ini merupakan destinasi wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang populer dan ramai dikunjungi.

1. Air Terjun Cimarinjung

Sumber gambar: Shutterstock

Kemegahannya air terjun yang tetap terjaga ini menyajikan panorama alam yang indah sebagai daya tarik di sekitarnya. Curug Cimarinjung terletak dekat dengan Pantai Palangpang yakni sekitar 2 kilometer. Tebing berwarna cokelat kemerahan yang dihiasi oleh lumut hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata tersebut. Sembari menikmati aliran air yang teras di tengah celah yang diapit oleh tebing-tebing tinggi, wisatawan bisa duduk sambil berfoto-foto di bebatuan besar yang mengelilingi kolam air terjun setinggi lebih dari 50 meter ini.

2. Curug Sodong

Sumber gambar: Shutterstock

Curug satu ini dikatakan sebagai air terjun kembar atau pengantin karena memiliki dua aliran air terjun yang letaknya bersebelahan. Meski tingginya hanya sekitar 20 meter, namun debit air yang dimiliki oleh Curug Sodong terbilang cukup deras. Saking derasnya, jika wisatawan hanya berdiri di sekitar kolam pun masih bisa terkena cipratan air dengan jaraknya cukup jauh. Derasnya debit air terjun inilah yang menjadikan wisata alam satu ini seru dan banyak yang dicari oleh pecinta fotografi karena alirannya menghasilkan foto yang menarik.

3. Pantai Cimaja

Sumber gambar: Shutterstock

Pantai ini cenderung lebih sepi dan bersih Mayoritas wisatawan yang datang berkunjung bukanlah keluarga yang berekreasi, tetapi para penggiat olahraga selancar air. Seiring dengan meningkatnya popularitas Pantai Cimaja, banyak wisatawan yang berkunjung baik lokal maupun asing. Baik dengan tujuan berselancar maupun sekedar hanya menikmati keindahan alam Pantai Cimaja.

 

Baca juga: Curug Ngebul yang Mantul di Cianjur Selatan

 

4. Pulau Kunti

Sumber gambar: Shutterstock

Dari sekian banyak tempat menarik di kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ada sebuah pulau yang cukup indah, yaitu Pulau Kunti. Meski namanya menjadi perdebatan, apakah berasal dari nama Dewi Kunti dalam dunia pewayangan atau kisah kuntilanak sejenis hantu gentayangan khas Indonesia. Pulau Kunti bisa menjadi pilihan eksplorasi para wisatawan yang mendambakan suasana alami. Selain menikmati indahnya panorama pantai, para pengunjung juga bisa melakukan diving, snorkeling, dan memancing.

 

5. Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik Sumber gambar: TripTrus

Curug Puncak Manik merupakan salah satu air terjun terbesar yang memiliki dinding batu tertinggi di kawasan Geopark Ciletuh. Saking tingginya dinding batu yang ada, bahkan ketinggiannya mengalahkan dua curug lain yakni Curug Awang dan Curug Tengah. Tempat wisata tersebut memiliki dua air terjun dan kolam yang cukup dalam. Saat cuaca cerah, kamu akan disambut oleh debit air terjun yang cukup deras. Oh, iya, kalau berenang, jangan terlalu tengah ya, Aladiners. Soalnya sampai sekarang masih belum diketahui kedalaman air di Curug Puncak Manik ini. Jadi, ada baiknya kamu tetap berada di jangkauan daratan di sekeliling kolamnya aja ya!

 

6. Pantai Ujung Genteng

Sumber gambar: shutterstock

Salah satu pantai yang berada di selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Air lautnya yang jernih membuat banyak para wisatawan mengunjungi tempat ini. Uniknya, pantai ini berpasir putih, dengan pantai yang landai dan garis yang panjang, ombaknya juga cukup eksotik.

 

7. Bukit Teletubbies

Sumber gambar: www.bubuh.id

Perbukitan hijau ini berada di sekitar kawasan wisata Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Wisata perbukitan satu ini ditumbuhi rumput hijau dan padang ilalang ini memang biasa disebut warga dan para pengunjung, sebagai bukit teletubbies. Perbukitan ini memiliki kontur tanah bercampur dengan pasir. Dimanfaatkan warga sekitar untuk menggembala sapi.

 

8. Pantai Pangumbahan

Sumber gambar: Shutterstock

Yang menjadi daya tarik dari pantai yang masih sepi ini adalah keberadaan Penyu Hijau yang menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk bersarang dan bertelur. Pantai ini juga menjadi tempat surfing yang ideal. Yuk, surfing bareng Mister!

 

Baca juga: Sejuknya Curug Bibijilan di Sukabumi

 

9. Pantai Palangpang

Sumber gambar: Shutterstock

Palangpang memiliki hamparan pantai yang cukup luas dan panjang. Pasirnya putih halus, dan memiliki air laut yang jernih. Berada di pantai ini, kamu dapat melakukan banyak aktivitas. Kamu bisa berenang sambil bermain pasir. Ombak yang berada di pantai ini juga tidak terlalu besar, sehingga aman untuk anak-anak. Ketika sore hari, aktivitas lain yang banyak diburu wisatawan adalah menikmati sunset.

 

10. Puncak Gebang

Sumber gambar: Shutterstock

Puncak Gebang ini super direkomendasikan bagi kamu yang ingin melihat keindahan Geopark Ciletuh secara garis besar. Apalagi, ada papan titian yang mempermudah pengunjung untuk melihat pandangan ke penjuru wilayah. Puncak ini dibangun oleh masyarakat sekitar untuk memaksimalkan potensi alam dan pemandangan yang luar biasa. Kita bisa melihat panorama bukit dan laut biru di Puncak Gebang yang super cakep!

 

11. Kesepuhan Ciptagelar

Sumber gambar: vice.com

Desa ini berada di kaki gunung Halimun dan tentu menarik bagi pecinta budaya lokal. Kamu bisa melihat seperti apa kearifan lokal dari masyarakat yang masih menjunjung tinggi nilai adat dan tradisi Sunda. kampung adat di Kasepuhan Ciptagelar ini juga memiliki keunikan, termasuk dari struktur dan bentuk bangunan rumah di sana. Jika beruntung, kamu juga bisa mengikuti upacara adat yang diselenggarakan di hari-hari tertentu.

 

12. Curug Awang

Sumber gambar: Shutterstock

Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan lebarnya 60 meter. Dengan memiliki lebar seperti itu, Curug Awang sering disebut sebagai Niagara Falls-nya Pulau Jawa. Jika debit air yang mengalir banyak memang tampak seperti air terjun Niagara yang berada di Benua Amerika. Airnya mengalir dari berbagai sisi, melalui tebing yang berwarna merah bata itu. Di sekitar Curug Awang terdapat sebuah kolam alami yang dihiasi dengan hamparan bebatuan, pengunjung jarang bermain air tepat di bawah aliran airnya karena aliran airnya cukup deras. Air yang mengalir berasal dari Sungai Ciletuh yang mengalir di atasnya.

 

13. Curug Cigangsa

Sumber gambar: Shutterstock

Curug Cigangsa memiliki 2 tahapan, yakni tahapan atas yang mempunyai bentuk berlapis-lapis seperti kue lapis legit yang disebut dengan Undak Tengah. Sedangkan tahap bawah terdapat sebuah batu yang menyerupai kubah masjid, yang biasa disebut Batu Masigit. Keunikan Curug Cigangsa telrihat dimana bentuk curugnya terjadi akibat gerakan gempa yang sangat kuat, sehingga Curug Cigangsa bentuknya berundak-undak cantik sekali. Airnya mengalir melalui tebing batu tersebut, sungguh indah dan menakjubkan. Terdapat sebuah kolam alami yang berwarna hijau toska dibawahnya, yang siap menampung curahan air yang jatuh.

 

14. Curug Cikaso

Sumber gambar: wikipedia

Curug Cikaso memiliki tiga aliran air terjun dimana airnya mengalir melalui tebing yang tinggi, dengan hiasan tumbuhan hijau di sekitarnya. Aliran airnya pun cukup deras dan sangat jernih sekali. Curug Cikaso memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dengan lebar tebing mencapai 100 meter. Di sekitaran Curug Cikaso terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas, dengan memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Karena aliran airnya cukup deras, sehingga pengunjung dilarang berenang mendekati curahan airnya.

 

15. Curug Larangan

Sumber gambar: Backpacker Jakarta

Aliran airnya jernih dengan tebing batu tinggi menjulang menjadi pemandangannya. Banyak juga tumbuhan yang menambah indah panorama alam di sekitar curug ini. Kemegahan Curug Larangan ini juga menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki debit air yang melimpah.

 

Baca juga: Pantai Cimaja, Spot Surfing Terbaik di Sukabumi

Komentar

Tinggalkan Komentar: