20.May.2022

Simak! Perbedaan Makanan yang Sekilas Tampak Mirip


Makanan yang Hampir Mirip – Dalam dunia kuliner, terdapat beragam jenis makanan yang mirip namun orang-orang sering menyalahartikan makanan tersebut. Makanan yang hampir mirip tersebut nyatanya berbeda dan memiliki perbedaannya masing-masing, salah satunya dari segi rasa. Berikut merupakan beberapa makanan yang hampir mirip, tapi ternyata memiliki perbedaan diantaranya.  

0
0
0

Mentimun dan Zucchini

Pertama, mentimun dan zucchini merupakan jenis bahan makanan yang sekilas sangat terlihat serupa. Namun, nyatanya kedua bahan makanan ini memiliki perbedaan dari segi tekstur dan rasa.

sliced cucumber on brown wooden table

Cucumber | Source: unsplash.com/@lucieduci

Mentimun cenderung lebih dingin dan keras sementara zucchini lebih hangat ketika disentuh dan memiliki tekstur rasa berpasir di kulitnya. Selain itu, bagian luar mentimun memiliki tekstur kasar dan bergelombang, sedangkan zucchini selalu memiliki kulit yang lebih halus.

sliced cucumber on black textile

Zucchini | Source: unsplash.com/@louishansel

Jika dibelah hingga terbuka zucchini lebih berwarna putih krem dan terlihat biji di dalam zucchini berukuran kecil. Biji zukini menyatu dengan daging buah. Sedangkan warna isi mentimun cendeurng hijau terang.

 

Prawn dan Shrimp

Dendrobranchiata - Wikipedia

Prawn | Source: wikipedia

Kedua, meski terlihat sama, prawn dan shrimp mempunyai perbedaan. Shrimp memiliki insang yang berbentuk lamellar, atau berbentuk seperti piringan. Sedangkan insang prawn bertumpuk dari depan ke belakang.

Is shrimp high in cholesterol – and if so, is it healthy? - The Globe and Mail

Shrimp | Source: theglobeandmail

Prawns memiliki tiga pasang kaki mirip cakar, sedangkan shrimp hanya memiliki satu pasang. Meskipun shrimp bisa membengkokkan tubuhnya dengan tajam, prawns tidak bisa dan memiliki penampilan yang relatif lebih lurus. Dalam segi ukuran pun, prawns dan shrimps terlihat berbeda. Prawns merupakan udang besar memiliki ukuran jauh lebih besar daripada shrimps.

 

Mi dan Pasta

pasta on bowl

Noodles | Source: unsplash.com/@nus95x

Perbedaan mi dan pasta dapat kita lihat dari bentuk dan ukuran dan komposisi bahan baku. asta memiliki variasi lebih beragam dalam bentuk dan ukurannya, dengan demikian hidangan yang dapat dibuat pun akan lebih bervariasi. Sedangkan mi pada dasarnya hanya terbatas pada bentuk mi klasik berupa helaian panjang dan dibedakan hanya dari ketebalan mi-nya.

cooked noodles with shrimps

Pasta | Source: unsplash.com/@olayinkababalola

Dari segi komposisi, adonan mi dapat dibuat dari berbagai jenis tepung yang berbeda tak harus terigu. Sementara adonan pasta bahan dasarnya adalah tepung terigu. Adonan mi selalu membutuhkan jumlah telur yang banyak, sedangkan adonan pasta membutuhkan sedikit telur bahkan tidak ditambahkan telur sama sekali.

 

Mayonnaise dan Sour Cream

Ini 5 Fakta Tentang Mayones yang Perlu Anda Ketahui : Okezone Lifestyle

Mayonnaise | Source: lifestyle.okezone.com

Siapa yang suka dengan mayonnaise? Mayonnaise adalah saos yang dikembangkan di Perancis, yang terbuat dari minyak kanola atau zaitun dan telur, dengan ditambahkan cuka, lada, dan garam sebagai penyedap. Sedangkan sour cream adalah krim asam yang dibuat dengan cara menambahkan bakteri asam pada krim susu.

How to Make Sour Cream Recipe (w/ Video) | Bigger Bolder Baking

Sour Cream | Source: biggerbolderbaking

Penggunaan sour cream kini semakin beragam. Misalnya untuk pelengkap adonan kue,  salad dressing, membuat froasting cream, topping kentang panggang dan burrito, hingga menghias sup. Sedangkan, mayonnaise digunakan untuk cocolan makanan yang digoreng ataupun dressing salad.

 

Muffin dan Cupcake

brown cupcakes on white ceramic plate

Muffin | Source: unsplash.com/@nyarlathotep

Tahukah kamu, Kalau Muffin dan cupcake memiliki teksture yang berbeda? Kue muffin biasanya lebih padat dan kering, hal ini dikarenakan oleh perbedaan waktu saat mencampur adonannya. Cupcakes adalah versi mini kue, sedangkan muffin dicampur menggunakan metode “muffin".

cupcakes with white icing on top

Cupcake | Source: unsplash.com/@bryamblanco

Metode ini bekerja dengan mencampur bahan basah dan kering dalam mangkuk yang berbeda dan kemudian menggabungkannya. Tidak hanya itu, muffin mengandung lebih sedikit gula, lebih banyak biji-bijian, dan lebih banyak buah.

Jus dan Smoothies

Terakhir, makanan yang sekilas mirip adalah jus dan smoothies. Jus merupakan sari buah atau sayur, yang merupakan cairan alami yang terdapat di dalam buah-buahan atau sayuran. Sehingga, tekstur dari jus adalah cairan.

fruits and vegetable in clear glass jar

Juice | Source: unsplash.com/@zladuric

Sedangkan, smoothies adalah hasil dari buah atau sayur yang di-blending dengan tetap memasukkan ampasnya dan dimakan, sehingga tekstur yang dimiliki smothies ini cenderung lebih kental dan padat.

green apple beside clear drinking glass with milk

Smoothies | Source: unspalsh.com/@econut

Meskipun sekilas mirip, jus dan smoothies memiliki cara pengolahan yang berbeda. Jus diolah menggunakan blender dan kemudian melewati proses penyaringan (diambil sarinya saja). Sedangkan, smoothies diolah menggunakan blender namun tidak melalui proses penyaringan sehingga mendapatkan tekstur yang lebih padat.

 

Baca juga: Kuliner Indonesia yang Mirip dengan Kuliner Luar Negeri

Komentar