18.May.2022

Kuliner Indonesia yang Mirip dengan Kuliner Luar Negeri


Makanan Khas di Indonesia – Negara Indonesia ini memang terkenal dengan wisata kulinernya. Kuliner khas Indonesia semua memiliki cita rasa yang lezat. Masing-masing daerah pasti mempunyai kuliner khas kotanya sendiri yang terkenal. Makanan Khas di Indonesia juga yang sering diserbu oleh wisatawan ketika berkunjung ke Indonesia. Meskipun begitu, Aladiners tau ga nih kalau beberapa makanan khas di Indonesia ada yang mirip loh dengan makanan yang ada di luar negeri. Penasaran? Yuk, sini Mister kasih penjelasannya.  

0
0
0

Leker dan Crepes

Jajanan Kue Leker, Nikmatnya Kue Legenda - Kabar Surabaya

Source: kabarsurabaya.org

Leker adalah makanan khas kota Surabaya. Makanan ringan satu ini juga banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia, lho. Sedangkan, crepes atau crêpe adalah makanan yang berasal dari Bretagne, sebuah wilayah di Prancis bagian barat, di mana crêpe disebut sebagai kramphouezh.

brown and white pastry on blue round plate

Source: unsplash.com/@delaneyvan

Salah satu perbedaan yang terlihat antara leker dan crepes adalah wadah untuk memasaknya. Biasanya adonan leker dituang ke dalam wajan cekung khusus dan dimasak dengan arang. Sedangkan, untuk crepes, wajan yang digunakan adalah wajan datar dan lebar. Lebih modern, crepes dimasak dengan mesin khusus sehingga panasnya lebih merata dan kematangan adonannya juga sempurna.

Bakwan dan Kakige

Uniknya Nama Lain Bakwan di Berbagai Daerah! - Nibble

Source: nibble.id

Bakwan adalah salah satu jenis gorengan yang berisikan sayur-sayuran seperti wortel, kol, tauge. Di Indoenesia sendiri, ada banyak sekali penamaan untuk bakwan. Ada yang menyebutnya ote-ote, bala-bala, weci, ataupun pia-pia. Menarik banget ya makanan satu ini, Aladiners!

263 resep kakiage enak dan mudah - Cookpad

Source: cookpad.com

Sedangkan, kakige adalah sejenis bakwan yang berasal dari Jepang yang memiliki cita rasa rasa manis dan gurih. Kakiage terdiri dari cincangan udang, buncis, wortel, jamur yang digoreng kering. Sepintas tampilan kakiage mirip sekali dengan bakwan sayuran.

Bihun Goreng dan Japchae

Resep Bihun Goreng Bumbu Jawa

Source: primarasa.co.id

Bihun atau mihun merupakan nama salah satu jenis makanan dari Tiongkok yang populer di Indonesia.  Bentuknya mirip seperti mi namun lebih tipis. Biasanya orang Indonesia mengenal dengan bihun goreng yang dimasak dengan wok pan panas dan ditumis berbarengan dengan sayur dan daging.

Japchae – Easy Cook Choi

Source: easycookchoi.com

Sedangkan, japchae adalah makanan khas korea yang didominasi dengan rasa asin dan gurih. Perbedaannya dengan bihun goreng adalah tidak ada rasa manis karena tidak menggunakan kecap manis selayaknya bihun goreng. Japchae diadaptasi dari gabungan dua kata yakni jap () yang artinya dicampur/diaduk dan chae () yang artinya sayuran.

Bubur ayam dan Risotto

Resep Bubur Ayam Bandung yang Gurih dan Enak -

Source: selerasa.com

Bubur ayam merupakan salah satu jenis makanan khas Indonesia. Biasanya, bubur yang ada umumnya diberikan suwiran daging ayam. Hidangan bubur memiliki cita rasa asin atau gurih. Ada juga beberapa jenis bubur yang bercita rasa manis yang disajikan kecap manis.

Resep Cara Membuat Risotto Udang Mudah - Resep Masakan Dapur Arie

Source: resepmasakandapurarie.com

Sedangkan, risotto adalah hidangan nasi khas Italia yang dimasak dan diaduk dengan kaldu hingga creamy.  Di Italia, risotto biasanya disajikan sebagai primo (hidangan pembuka), disajikan sebelum hidangan utama. Risotto terbuat dari beras, kaldu, dan rempah aromatik. Risotto akan mempunyai tekstur yang lebih creamy apabila menggunakan kaldu hangat. Rasanya yang gurih berasal dari kaldu dan keju yang meleleh.

Serabi dan Pancake

Cerita Serabi, Pancake Khas Orang Indonesia

Source: goodnewsfromIndonesia.id

Siapa yang sering mengira Serabi berasal dari Solo? Nyatanya, salah nih Aladiners. Serabi sebenanrnya adalah makanan khas di Indonesia khususnya daerah Sunda. Serabi yang masih tradisional umumnya disajikan dengan gula Jawa dan santan yang gurih karena ada kelapa. Tetapi, sekarang banyak sekali yang mengembangkan serabi menjadi panganan aneka rasa mulai dari yang manis sampai yang gurih.

pancakes with strawberries and blueberries on top

Source: unsplash.com/@sammoghadamkhamseh

Sedangkan, pancake adalah kue dadar yang terbuat dari terigu, gula, telur dan susu. Rasanya cendeurng manis. Tapi, pancake merupakan adaptasi nama dari bahasa Inggris. Di Belanda, pancake biasa dikenal sebagai pannenkoek atau panekuk. Mirip seperti serabi, kue ini dimakan dengan tambahan mentega dan sirup mapel, selai, atau madu. Selain itu, panekuk juga sering dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging (bacon atau ham).

 

Baca juga: 15 Jenis Olahan Mi Berbagai Negara di Dunia

 

Komentar