11.Oct.2016

Capek tapi Hepi: Naik-Turun di 6 Tempat Wisata dengan Tangga Terkeren di Dunia


 

0
0
0

Kalau lagi liburan, pasti kita jadi lebih banyak jalan dari biasanya. Naik, turun, ke depan, belok ke samping, muter ke belakang, dua langkah ke depan (lho? Jadi poco-poco?)

Di antara sekian banyak hal yang kita lewatin pas lagi jalan, pasti sekali-dua kali kita bakal ketemu sama tangga. Seringnya sih tangga bikin sebel karena gara-gara dia, kita jadi ngos-ngosan. Eh tapi tunggu dulu, Mister yakin tempat-tempat wisata yang banyak tangganya ini bakal bikin kamu kagum!

1. Chand Baori (India)

Sumber gambar: Shutterstock

Tempat yang berlokasi di desa kecil deket kota Jaipur, India, ini punya baori. Baori adalah sumur bertangga-tangga yang dibangun buat nampung air ujan. Nah, Chand Baori adalah salah satu baori terbesar, terdalam, dan tertua karena udah berdiri sejak abad ke-9. Di Chand Baori kamu bisa liat sekian banyak tangga (jumlahnya lebih dari 3.500 anak tangga, lho!) yang tersusun rapi membentuk segitiga-segitiga. Saking indahnya, baori yang satu ini pernah nongol di film The Dark Knight Rises, lho!

2. Huayna Picchu (Peru)

Sumber gambar: Wikipedia

Jangan salah, Huayna Picchu bukan bagian dari Machu Picchu, lho. Gunung menjulang yang sering muncul di kartu pos suvenir turis ini bisa dipanjat dalam waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari. Tangga di sini membungkus melingkari badan gunungnya dan pastinya bakal ngasih kamu pemandangan menakjubkan saat menapaki anak tangganya. Berhubung tangganya cukup terjal dan agak licin, cuma 400 orang per hari diijinin untuk ke sini. Siap-siap menghadapi kabut dan lumpur juga, ya, pas musim ujan. Deg-degan? Jelas!

3. Heaven's Gate Mountain (Cina)

Sumber gambar: wonderopolis.org

Nama tempat di Kota Zhangjiajie, Cina, ini sesuai banget sama kenyataannya, deh. Lagian siapa yang nggak ngerasa lebih deket sama surga (baca: ngos-ngosan setengah mati) setelah mendaki 999 anak tangga di sini?? Buat nyampe ke dasar anak tangga, kamu harus naik kereta gantung atau bus dulu ngelewatin jalan berkelok-kelok. Seru, deh! Lalu, kenapa 999? Karena angka 9 kedengeran sama kayak kata 'keabadian' dalam Bahasa Mandarin. Waaah.. cocok banget. Naik tangga ini emang rasanya nggak selesai-selesai! Tapi tenang aja, perjuangan kamu bakal terbayar sama pemandangan indah di kuil di atas, kok.

4. Flørli (Norwegia)

Sumber gambar: explanders.com

Masih kurang bikin kamu melongo? Di tempat yang satu ini, kamu dijamin bakal males nengok ke belakang saat naik tangganya. Berlokasi di Iysefjord, Norwegia, tangga Florli tadinya adalah bangunan industri yang terbengkalai dan sekarang berubah fungsi jadi trek menantang yang dibuka untuk umum. Tempat ini dinobatin jadi tangga kayu terpanjang di dunia karena punya 4.444 anak tangga dan tinggi sekitar 740 meter! Buat kamu yang butuh istirahat sejenak, ada ruang pameran budaya yang bisa dikunjungi. Sekadar info, tangga di sini juga jadi tempat dilangsungkannya Tripp Trap Triathlon. Kamu bisa ikutan juga, lho!

5. Tiger & Turtle Magic Mountain (Jerman)

Sumber gambar: Wikipedia

Dari jauh, wujudnya lebih mirip disebut roller coaster yang biasa ada di taman bermain. Padahal, kalau diliat lebih deket, ini adalah jejeran anak tangga berkelok-kelok yang nyeni. Dibuka sejak tahun 2011 di Kota Duisburg, Jerman, para pengunjung bisa jalan-jalan di 249 anak tangganya, foto-foto sambil ngeliat pemandangan Kota Rhine dari atas, atau mengagumi pegangan tangga yang dihiasi lampu warna-warni pas malem hari. Meskipun ada bagian anak tangga yang kebolak-balik layaknya roller coaster, kamu nggak usah coba-coba melawan gravitasi ke sana, ya. Cukup main-main di anak tangga yang normal, alias menghadap ke atas kayak tangga pada umumnya.

6. Holstein Stairs/Scala (Jerman)

Sumber gambar: Wikipedia

Sebagai penutup setelah tangga-tangga yang bikin mangap, sekarang Mister kasih yang agak jinak dan unyu. Kalau kamu mau liburan ke Jerman, nggak ada salahnya mampir ke tangga yang terletak di antara dua bangunan di Kota Wuppertal. Tangga ini dicat pelangi, bikin mata jadi mendadak seger setelah ngeliat deretan bangunan yang warnanya gitu-gitu aja. Si seniman perancang tangga ini, Horst Glasker, menamai karya buatannya dengan nama Scala yang berarti anak tangga dalam Bahasa Italia. Di setiap anak tangganya tertulis kata-kata yang berkaitan sama hubungan antarmanusia, kayak cinta, simpati, menari, dll.

Komentar

Tinggalkan Komentar: