28.Jul.2023

Basah-basahan di 8 Curug Tercantik di Bogor


 

0
0
0

8 Curug di Bogor - Buat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, kadang kita pengen liburan, tapi males jauh-jauh dari rumah. Ya gak, sih? Daripada molor atau mati gaya di kamar, gimana kalau ke Bogor? Cuma berjarak sekitar 1,5 - 2 jam dari Jakarta, ada banyak banget tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi di kota hujan ini.

Buat yang mau basah-basahan, tapi bosen ke water park, kamu bisa berkunjung ke curug atau air terjun. Biar kamu gak bingung mau ke curug yang mana pas lagi di Bogor, Mister Aladin punya rekomendasinya, nih!

1. Curug Leuwi Hejo

Sumber gambar: Shutterstock

Walaupun lokasinya cukup tersembunyi, tapi curug yang satu ini lagi naik daun, lho. Ada alasannya kenapa tempat ini dikasih nama Leuwi Hejo. Di sini, kamu bisa melihat air berwarna kehijauan (hejo) yang bening di kolam curahan curug-nya. Ditambah lagi kolamnya yang gak terlalu dalam dan jarang adanya bebatuan besar, pastinya bakal ngebuat kamu gak sabar untuk berendam, deh!

Sayangnya, nih, jalan untuk menuju ke curug belum tertata dengan baik. Kamu masih harus berjalan sekitar 30 menit menyusuri rumah-rumah penduduk, persawahan, dan sungai dengan bebatuan yang besar. Tapi, tenang aja, semua itu akan terbayarkan begitu sampai di curug dan ngelihat pemandangannya yang pastinya bagus banget.

2. Curug Barong

Sumber gambar: Shutterstock

Lokasi Curug Barong masih berdekatan dengan Curug Leuwi Hejo. Makanya, pengunjung yang pergi ke Curug Leuwi Hejo biasanya akan melanjutkan ke Curug Barong di hari yang sama. Tapi, untuk berkunjung ke sini, jalan yang harus kamu lewati sedikit lebih menantang dibandingkan dengan jalan menuju Curug Leuwi Hejo.

Kamu harus mendaki lagi ke atas melewati jalan setapak dan aliran sungai selama kurang lebih 40 menit. Tapi, keindahan Curug Barong setara dengan pengorbanan kamu, deh, Aladiners! Airnya sejuk, bening, dan masih sepi pengunjung.

3. Curug Cilontar

Sumber gambar: http://www.farizanriadhi.com

Walaupun tingginya cuma sekitar 35 meter, tapi Curug Cilember punya debit air yang besar sepanjang tahun. Makanya, curahan airnya pun lumayan deras hingga digunakan sebagai sumber pembangkit listrik sejak zaman Belanda.

Walaupun keindahan curug dan airnya menggoda kamu pengen segera renang, kamu harus menahan diri. Soalnya, kolam curug ini dalamnya bisa sampai 26 meter! Belum lagi kalau musim hujan, debit air bertambah dan bisa menyebabkan banjir. Walaupun berbahaya untuk berenang, kamu masih bisa menikmati cantiknya curug ini sambil piknik di tepiannya, kok.

4. Curug Cilember

Sumber gambar: Shutterstock

Curug Cilember sebenarnya terdiri dari 7 curug yang lokasinya lumayan berdekatan. Semakin kecil angkanya, semakin tinggi dan sulit juga buat dijangkau. Dari ketujuh curug yang ada, otomatis yang paling sering dikunjungi adalah curug 7 yang berada paling bawah. Katanya, air di curug 7 ini bisa membuat awet muda.

Dikelilingi hutan pinus dan pegunungan, jangan kaget kalau kamu mencelupkan kaki ke kolam di bawah Curug Cilember, airnya hampir sedingin es! Tapi, susah juga buat menahan diri untuk gak berenang. Airnya bening banget, sih. Kalau kamu mau mendatangi ketujuh curug-nya, Mister sarankan untuk berkemah di curug 7, 6, atau 5. Jangan coba-coba mendatangi semua curug dalam satu hari, ya. Bisa pingsan nanti!

5. Curug Bidadari

Sumber foto: rubrikwisata.com

Hayo, siapa yang belum pernah denger Curug Bidadari? Curug yang satu ini bisa dibilang salah satu curug yang paling terkenal dan berfasilitas paling lengkap di Bogor. Kolam dari curahan curug-nya bahkan sudah dibuat menjadi kolam renang. Mirip di water park gitu, lengkap dengan seluncurannya.

Kamu juga bisa menyewa ban renang dan sepeda air, main flying fox dan terapi ikan, sampai bersantai sambil makan di saung-saung yang tersedia di sini. Airnya? Dingin dan jernih banget! Untuk melihat langsung curahan air dari curug setinggi 75 meter ini, kamu bisa menyeberangi jembatan ke belakang batu raksasa yang terbelah dua di tepian kolam.

6. Curug Ngumpet

Sumber gambar: Shutterstock

Dari sekian banyak curug yang ada di kawasan Gunung Salak Endah atau Gunung Bunder, Curug Ngumpet adalah salah satu yang menurut Mister paling cakep. Walaupun namanya "ngumpet", tapi bukan berarti lokasinya benar-benar tersembunyi in the middle of nowhere.

Untuk ke sini, kamu cukup berjalan sekitar 100 meter dari parkiran, kok. Eits, jangan salah. Walaupun mudah dikunjungi, pesona curug yang satu ini bisa bikin kamu bengong, lho, Aladiners. Dengan ketinggian sekitar 45 meter, curahan air dari curug-nya pun gak begitu deras dan berisik. Gimana, tertarik ke sini?

7. Curug Pangeran

Sumber gambar: Shutterstock

Masih berdekatan dengan Curug Ngumpet, Curug Pangeran terkenal akan banyubiru atau airnya yang berwarna biru. Kalau ke sini, kamu bisa jadi bakal lebih sibuk foto-foto dibandingkan berenang. Hehehe. Coba aja kamu bayangin, Aladiners... airnya bersih sebening kaca dan berwarna hijau kebiruan. Ditambah lagi curug-nya yang gak terlalu tinggi membentuk kolam yang juga gak terlalu dalam. Selain itu, pemandangan hutan dan bebatuan yang tertutup lumut di sekitar curug juga menambah kesan sejuk dan alami. Keren banget, deh, pokoknya!

8. Curug Cibulao

Sumber gambar: Shutterstock

Curug ini sebenarnya masih dalam satu area yang sama dengan Curug Panjang. Tapi, beda dengan Curug Panjang yang bisa kamu kunjungi dengan mengendarai mobil, Curug Cibulao nggak demikian. Untuk ke sini, kamu harus melanjutkan perjalanan dari pintu masuk Curug Panjang dan mendaki jalanan batu yang agak curam menembus persawahan dan hutan.

Karena Curug Cibulao memang belum ada pengelola resminya, kamu bisa minta bantuan masyarakat sekitar sebagai pemandu dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya. Rasa capek setelah mendaki dan menyusuri jalan setapak pastinya bakal terbayar, deh, setelah melihat cantiknya curug yang punya air jernih ini. Apalagi pengunjungnya juga masih sepi, gak seramai Curug Panjang.

Komentar

Tinggalkan Komentar: