04.Apr.2023

5 Jenis Kurma untuk Berbuka Puasa


 

0
0
0

Macam-Macam Jenis Kurma - Sejak dulu, kurma adalah salah satu makanan favorit untuk berbuka puasa di bulan Ramadan. Rasanya yang manis dan tekstur dagingnya yang empuk, membuat tubuh menjadi segar kembali setelah berpuasa seharian penuh. Tapi kamu tahu nggak sih ada beragam jenis kurma? Berikut adalah 5 di antaranya:

 

1. Kurma Ajwa

Sumber gambar: Shutterstock

Konon, kurma ini adalah kurma yang pertama kali ditanam oleh Nabi Muhammad SAW dan kemudian dibudidayakan di hampir seluruh semenanjung Arab.. Bentuknya bulat dengan tekstur yang halus nan mengerut. Manfaat dari Kurma Ajwa antara lain sebagai anti inflamasi yang bisa mencegah kerusakan sel dan antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas. Selain itu, kurma ini mengandung gula yang bersifat monosakarida, yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe-2. 

 

Baca jugaIdentik saat Ramadan, Tahukah Kamu Asal-usul Beduk?

2. Kurma Sukkari

Sumber gambar: Shutterstock

Ini dia si 'Ratu Kurma'! Disebut demikian karena kurma ini adalah kurma kesukaan keluarga kerajaan Arab Saudi. Kurma ini memiliki warna yang lebih terang dibanding kurma lainnya dan juga bermanfaat sebagai antioksidan, menjaga sistem imunitas tubuh, dan meningkatkan energi. Selain itu, kurma ini juga mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang mudah dicerna oleh tubuh.  Ada juga nutrisi penting bagi tubuh lainnya seperti magnesium, klorida, zat besi, serta asam amino.

3. Kurma Medjool

Sumber gambar: Shutterstock

Kalau Kurma Sukkari disebut sebagai 'Ratu Kurma', Kurma Medjool ini adalah 'Raja Kurma', karena ukurannya yang lebih besar dibanding kurma lainnya. Bentuk kurma ini lonjong, berwarna coklat tua, dan kulitnya bertekstur. Manfaat dari Kurma Medjool antara lain sebagai antioksidan, meningkatkan kesehatan jantung, dan kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan membantu menurunkan kolesterol jahat.

 

Baca jugaMenu Makanan Berbuka Puasa, Wajib Ada Saat Ramadan

4. Kurma Bam

Sumber: Shutterstock

Kurma ini berasal dari Kota Bam di Iran, dan sering disebut sebagai Kurma Anggur atau Kurma Madu. Kurma ini memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi tekanan darah, dan memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh. 

 

5. Kurma Barhi

Sumber gambar: Shutterstock

Sekilas tidak seperti kurma karena warnanya kuning cerah dan bentuknya seperti buah lengkeng. Namun seperti kurma lainnya, kurma ini juga kaya akan nutrisi seperti serat, zat besi, kalium, vitamin B, dan antioksidan. 

 

Baca jugaNikmatnya 5 Olahan Kurma yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Komentar

Tinggalkan Komentar: