05.Apr.2022

Menu Makanan Berbuka Puasa, Wajib Ada Saat Ramadan


Tidak kalah penting dengan sahur, menu makanan berbuka puasa juga perlu menjadi perhatian agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi. Menu makanan tersebut biasanya menjadi bagian dari makanan favorit atau yang sedang dibayangkan pada siang hari menjelang waktu buka puasa. Biar ga bingung mau makan apa ketika berbuka puasa, berikut rekomendasi menu makanan berbuka puasa yang bisa Aladiners coba.

0
0
0

 

 

Kurma

Source: unsplash.com/@rauf_alvi2001

Pertama, kurma menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain karena rasanya yang manis, dianjurkan untuk makan buah kurma sebanyak 3 buah. Meski ukurannya kecil, buah kurma ini sangat baik untuk memulihkan tenaga setelah berpuasa.

Salah satu alasan manfaat buah kurma baik bagi kesehatan adalah karena terdapat kandungan vitamin, zat besi, hingga kalsium yang dibutuhkan tubuh saat menjalankan puasa Ramadhan. Karena buah kurma mengandung banyak nutrisi yang cepat dicerna tubuh dan hal tersebut akan sangat baik jika dikonsumsi saat buka puasa.

Kolak

Kolak Pisang Singkong foto resep utama

Source: cookpad.com/puteri_jasmine91

Kedua, menu makanan berbuka puasa yang umum disajikan sebagai hidangan berbuka adalah kolak pisang. Semangkuk kolak pisang biasanya terdiri dari bahan utama yaitu pisang yang dikupas dan dipotong-potong, dan diberi kuah santan.

Satu buah pisang juga mampu memenuhi 16% dari total kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, pisang baik untuk melancarkan pencernaan selama menjalani puasa.

Es Buah

bowl of sliced fruits on white textile

Source: unsplash.com/cravethebenefits

Buah tentu dibutuhkan tubuh karena tubuh kita mengalami perubahan fungsi enzim saat berpuasa. Mengonsumsi buah ketika buka puasa dapat membantu mengembalikan cairan, energi, serta elektrolit tubuh yang hilang.

Buah-buahan merupakan sumber yang baik dari air, glukosa, vitamin, dan mineral. Jika dijadikan es buah, maka dapat menjadikan sesuatu yang segar bagi tubuh. 

Kacang Hijau

Source: shutterstock

Bubur kacang hijau mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kacang hijau mengandung sumber protein dan kaya akan serat maupun antioksidan. Selain itu, mengonsumsi bubur kacang hijau bermanfaat untuk menambah stamina tubuh.

Gorengan dan Lontong

brown bread on white ceramic plate

Source: unsplash.com

Yang terakhir, Berbuka puasa tak ada gorengan pasti serasa makan sayur tanpa garam. Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan gorengan sebagai menu makanan berbuka puasa yang wajib  ada.

Sebagian merasa gorengan cukup menggantikan rasa lapar seharian, dibandingkan harus langsung makan berat. Misalnya seperti pisang goreng, tahu isi, tempe goreng, roti goreng, bakwan, dan sebagainya.

Biasanya, gorengan juga dimakan dengan teman lontong isi. Disebut lontong isi karena memang pada bagian dalamnya terdapat isian seperti daging ayam, sambal goreng kentang ati, dan lain sebagainya. Biasanya dimakan dengan sambal kacang atau cabai rawit.

Baca juga: 5 Menu Makanan Sahur Sehat Penambah Stamina dan Energi

Komentar