19.May.2023

Hiii… Ngeri Banget! Inilah 5 Ilmu Hitam Asli Indonesia


 

0
0
0

Ilmu Hitam Asli Indonesia - Hai Aladiners! Udah pernah nonton film Ratu Ilmu Hitam belum? Kalau belum, film produksi tahun 2019 ini adalah remake dari film berjudul sama yang dibintangi Suzanna tahun 1981. Ceritanya, antagonis utama di kedua film tersebut menggunakan kekuatan gaib atau sihir untuk memenuhi tujuannya yang jahat. Itulah yang dimaksud dengan ilmu hitam. Pada kenyataannya, ilmu hitam sudah dipraktikkan di Indonesia sejak zaman kerajaan, Hindia Belanda, pasca kemerdekaan, hingga saat ini. Di era modern sekarang, dengan digitalisasi yang masif, ternyata ilmu hitam di Indonesia tidak punah. Bahkan ikut menyesuaikan arus zaman. Misalnya seperti kasus santet yang kini bisa dilakukan hanya dengan melihat foto seseorang dari HP, dll. Ada banyak jenis ilmu hitam di Indonesia, berikut 5 yang sering dipraktikkan di Indonesia. 

1. Santet

Sumber gambar: Shutterstock

Santet adalah cara seseorang untuk melukai orang lain dari jarak jauh. Santet ini dilakukan oleh seseorang yang mempunyai dendam, biasanya dengan bantuan dukun. Santet dipercaya berasal dari bahasa suku Osing (suku asli Banyuwangi, Jawa Timur) yang merupakan kependekan dari kata mesisan kanthet (biar terikut) atau mesisan benthet (biar retak). Orang yang terkena santet bisa mengalami sakit berat, lumpuh, gangguan jiwa, mati secara tragis, dll. 

2. Pesugihan

Sumber gambar: Shutterstock

Setiap orang pasti membutuhkan uang untuk bertahan hidup. Tapi ada saja orang yang terobsesi memiliki banyak uang untuk memenuhi nafsu duniawinya. Orang-orang seperti itulah yang rentan tergoda oleh praktik pesugihan. Pesugihan adalah ritual yang dilakukan untuk mendapatkan uang secara instan, dan sudah pasti melibatkan makhluk gaib. Ritual ini tidak gratis, butuh tumbal atau mahar tertentu yang disyaratkan oleh makhluk gaib untuk si pelaku. Ketika mati, para pelaku pesugihan dipercaya akan menjadi budak bagi makhluk gaib yang 'membantunya' mendapatkan kekayaan instan. 

 

Baca juga6 Suku di Indonesia yang Dipercaya Punya Ilmu Hitam Paling Mengerikan

3. Pelet

Sumber gambar: Shutterstock

"Beginilah cinta.. deritanya tiada habisnya.." Begitu ratapan yang sering dilontarkan oleh Cu Pat Kai, salah satu tokoh dalam serial Kera Sakti, yang pengalaman asmaranya sering gagal. Benar bahwa cinta itu bisa mengubah sikap seseorang 180 derajat, bahkan sampai mengarah ke tindakan-tindakan yang ekstrem jika cintanya tidak berbalas. Orang yang sudah dibutakan oleh cinta itu bisa menyalahgunakan banyak hal hanya demi mendapatkan cinta semu, salah satunya adalah pelet. Pelet atau pemikat adalah  jenis ilmu gaib yang berfungsi untuk memengaruhi alam bawah sadar seseorang agar jatuh cinta kepada orang yang mengirim pelet tersebut. Biasanya orang yang terkena pelet akan linglung atau tidak sadar, dan sangat berhasrat untuk menemui orang yang mengirim pelet itu. 

 

4. Leak

Sumber gambar: Shutterstock

Leak adalah ilmu gaib yang berasal dari Bali. Selama ini leak digambarkan sebagai makhluk bermuka menyeramkan, dengan gigi taring yang panjang dan mata melotot, padahal sebenarnya leak adalah manusia yang mempraktikkan ilmu hitam. Manusia yang mempraktikkan ilmu leak dapat berubah menjadi makhluk hidup lain selain manusia dan benda mati, bahkan dapat juga berubah menjadi bola api. Konon apabila seseorang menusuk leher leak dari bawah ke arah kepala, jika kepalanya terpisah dari tubuhnya dalam jangka waktu tertentu, leak akan mati.

 

Baca juga11 Kasus Pengusiran Setan Paling Terkenal di Dunia

5. Kuyang

Sumber gambar: kanalkalimantan.com

Kuyang adalah hantu yang berasal dari Kalimantan. Sama seperti leak, kuyang juga sebenarnya adalah manusia (wanita) yang memraktikkan ilmu hitam. Praktisi ilmu ini bisa memisahkan kepala dari badannya saat malam hari untuk mencari mangsa. Kepala yang terpisah itu akan melayang-layang bersama dengan organ-organ tubuh bagian dalam seperti jantung, paru-paru, lambung, dll. Jika sudah mendapatkan mangsa, yang biasanya bayi atau darah wanita sehabis melahirkan, maka akan dihisapnya darah mangsa itu sampai habis dan kuyang tersebut akan menghilang. Kuyang juga bisa berubah hewan seperti burung atau kucing. 

 

Baca jugaKalau Kamu ke Medan, Jauh-Jauh dari 8 Tempat Angker Ini, ya!

Komentar

Tinggalkan Komentar: