19.Oct.2022

Penuh Misteri! Lukisan ‘Alien’ Gua Kontilola di Tanah Papua


 

0
0
0

Gua Kontilola di Papua - Pesona tanah Papua tidak hanya tersimpan pada hamparan gradasi air laut magis Raja Ampat dan salju abadi pada Puncak Jayawijaya saja. Bagai dua sisi mata uang, tanah Papua juga menyimpan beragam misteri yang justru menjadi daya tarik tersendiri. Misteri Gua Kontilola misalnya. Gua Kontilola di Papua menyimpan lukisan misterius yang diyakini peninggalan orang-orang dulu. Herannya, bentuk yang dimiliki seperti bukan manusia, namun disebut mirip alien.

Sumber gambar: www.boombastis.com

Gua Kontilola sendiri berada di Lembah Baliem, sebelah barat daya Kota Wamena. Berjarak sekitar 25 km dari pusat kota. Perjalanan ke sana pun tidak mudah. Pengunjung harus mendaki perbukitan yang cukup terjal dan menaiki anak tangga untuk mencapai mulut gua. Sebenarnya, Gua Kontilola di Papua ini sama dengan gua-gua lainnya yang gelap, lembab, banyak kelelawar, serta memiliki stalaktit maupun stalakmit yang mempesona.

Hal yang dipercaya masih menjadi misteri adalah munculnya beragam teori konspirasi, salah satunya persoalan alien. Destinasi ini populer dan terkenal karena memiliki lukisan purba di dalamnya. Alih-alih hanya lukisan biasa tanpa makna, masyarakat setempat justru Yakini bahwa lukisan tersebut menjadi bukti bahwa populasi alien pernah tinggal di sana. Aneh bukan? Tapi, balik lagi ya Aladiners, kita harus tetap saling menghormati kepercayaan mereka : )

 

Baca juga: Tukad Cepung yang Terkepung Gua di Bali

 

Sumber gambar: U-Report/viva.co.id

Konspirasi Lukisan Alien Gua Kontilola di Papua

Dirangkum dari berbagai sumber, ternyata lukisannya pun bikin dahi mengerenyit. Setidaknya terdapat empat lukisan. Lukisan yang terlukis di gua tersebut menggambarkan sosok yang menyerupai manusia. Lah terus apa yang aneh Mister? Digambarkan sosok tersebut berkepala gundul dengan bentuk telinga yang bulat kecil (tidak meyerupai telinga manusia) dan hanya mempunyai empat jari saja. Dari dua lukisan guanya, tampak menggambarkan seperti pria dan wanita. Sebab, salah satunya memiliki lingkaran pada bagian dada, yang mungkin menggambarkan payudara.

Gak cuma itu aja, lukisan tersebut berada di dinding yang letaknya sangatlah tinggi bahkan mencapai belasan meter dan jauh dari pijakkan tanah. Hal inilah yang membuat masyarakat makin yakin dengan konspirasi alien tersebut.

 

Menurut Teknis Peneliti Balai Arkeologi Papua

Menurut salah satu peneliti yang berkunjung ke Gua Kontilola ini menyampaikan bahwa sebenarnya ini adalah lukisan yang menggambarkan manusia dan bukanlah alien. Hanya saja, lukisan ini dibuat oleh manusia prasejarah yang belum memahami bagaimana teknik menggambar yang benar sehingga gambar yang dihasilkan pun masih terlihat abstrak dan sederhana. Lukisannya juga dibuat tinggi karena pada masa pra-sejarah, tempat yang cenderung tinggi dianggap suci dan sebagai bentuk penghormatan kepada nenek moyang.

 

Baca juga: Intip Cahaya Dari Surga di Gua Jomblang

Komentar

Tinggalkan Komentar: