07.Apr.2022

Minuman Buka Puasa Rendah Kalori untuk Diet


Sudahkah Aladiners berbuka puasa dengan minuman rendah kalori dan memberi asupan tubu dengan menu diet sehat? Momentum berbuka puasa memang menjadi momen yang paling ditunggu untuk melepas dahaga. Namun, yang menjadi masalah adalah kebiasaan makan dan minut secara berlebihan saat berbuka puasa. Hal ini justru berpengaruh pada peningkatan berat badan selama berpuasa. Minuman berbuka rendah kalori ini untuk menghindari lonjakan berat badan selama bulan puasa. Meskipun rendah kalori, tetapi minumannya harus tetap tinggi nutrisi. Minum yang segar memang akan mengembalikan energi tubuh serta memberikan rasa kenyang. Berikut beberapa minuman cocok yang rendah kalori dan cocok untuk berbuka puasa  

0
0
0

 

Air kelapa

green coconut on human hand

Source: unsplash.com/@meimeiismail

Pertama, air kelapa merupakan minuman alami yang sangat rendah gula, namun sangat kaya akan natrium, kalium, kalsium, dan magnesium, serta hanya mengandung 46 kalori tiap 237 ml. Air kelapa cocok untuk berbuka puasa, khususnya bagi orang yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, air kelapa merupakan salah satu minuman berbuka rendah kalori dapat mengembalikan elektrolit dan energi secara cepat tanpa menyebabkan lonjakan gula darah. Air kelapa juga bisa menjadi salah satu menu diet sehat.

Air putih

clear drinking glass filled with water

Source: unsplash.com/@manuschwendener

Mineral water atau yang akrab disapa air put merupakan minuman berbuka rendah kalori ternetral dan terbaik yang bisa Aladiners minum ketika berbuka puasa.  Air putih sendiri mengandung nol kalori, sehingga cocok dijadikan minuman untuk diet . Tidak hanya itu, air putih juga mengandung magnesium, kalsium, natrium, dan mineral dalam jumlah besar yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

glass pitcher and apples on table

Source: unsplash.com/@jacekdylag

Alternatif lain untuk air putih adalah infused water. Infused water adalah minuman yang dibuat dengan cara merendam potongan buah, sayuran, atau rempah-rempah ke dalam air selama beberapa waktu. Buah yang digunakan hanya direndam di dalam air, maka kalori pada infused water jauh lebih kecil daripada jus atau smoothie.

https: img.okezone.com content 2015 06 17 298 1166916 es-timun-suri-minuman-buka-puasa-favorit-tika-t2-TZnlhyTy0Y.jpg

Minuman Timun Suri

Source: okezone.com/twicsy

Timun suri merupakan buah yang banyak mengandung nutrisi dan baik untuk dikonsumsi ketika diet. Timun suri mengandung karbohidrat, protein, serat, dan vitamin C. Sajian es timun ini tentunya bisa menjadi ide minuman berbuka puasa. Namun, sajian es timun suri ada baiknya tidak dibarengi dengan sirup, supaya lebih sehat dan rendah kalori.

 

Baca juga: Makanan Sahur Penambah Stamina dan Energi saat Berpuasa

pink smoothie

Smoothie

Source: unsplash.com/@dtuksar

Minuman yang cocok untuk berbuka adalah minuman yang banyak mengandung air dan kalori tanpa gula tambahan. Untuk itu, smoothies bisa jadi pilihan minuman yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa. Smoothie mendapatkan rasa segar dan manis dari buah asli. Smoothie dapat mengembalikan hidrasi dan energi segera setelah berbuka.

 

Susu

two white glass bottles on brown wooden table

Source: unsplash.com/@geek_freelance

Susu mengandung karbohidrat dan protein sehat sebagai sumber energi. Manfaat susu selanjutnya, untuk perbaikan jaringan otot bagi Aladiners yang tetap melakukan aktivitas fisik selama berpuasa. Susu juga menyimpan banyak mineral, seperti kalsium, natrium, dan kalsium yang dapat menggantikan elektrolit yang hilang selama puasa.

Teh Hijau

clear glass mug with green leaves

Source: unsplash.com/@laarkstudio

Yang terakhir, teh hijau hangat dan tanpa gula bisa dijadikan minuman untuk diet karena bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, teh hijau tinggi antioksidan untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas serta peradangan.

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Ramadan untuk Buka Puasa 

Komentar