04.Apr.2022

5 Menu Makanan Sahur Sehat Penambah Stamina dan Energi


 Menu makanan sahur sehat menjadi salah satu komponen penning dalam men jalan ibadah puasa. Kita wajib mengerti makanan apa saja yang cocok dimakan pada saat sahur. Pasalnya, pada saat sahurlah kita perlu memakan makanan bernutrisi untuk meningkatkan energi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh  agar tetap kuat menahan lapar dan haus selama puasa yang memakan waktu kurang lebih 13 jam. Ngomong-ngomong sahur, Aladiners pasti terkadang bingung untuk menghidangkan menu makanan sahur sehat apa yang cocok buat keluarga, kan? Biar ga bingung lagi, nih Mister kasih rekomendasi menu makanan sahur khas Indonesia yang cocok dijadikan inspirasi Aladiners di Ramadan ini!  

0
0
0

rice in bowl

Source: unsplash.com/@pillepriske

Menu makanan mengandung karbohidrat

Nasi, kentang, ubi, roti dan makanan berkarbohidrat lainnya dapat dijadikan menu sahur yang tepat. Saat sahur, tubuh Aladiners perlu mengonsumsi makanan yang berserat. Serat diperlukan tubuh untuk memberikan energi dan stamina pada tubuh.

Makanan karbohidrat berserat tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga energi dalam tubuh dapat bertahan lebih lama. Nasi merupakan salah satu opsi menu makanan sahur sehat.

tray of brown eggs beside two spoons

Source: unsplash.com/@estudiogourmet

Makanan berprotein

Daging, ayam, ikan, telur, dan produk susu rendah lemak merupakan jenis makanan yang mengandung protein. Jenis makanan itu sangat baik untuk meningkatkan energi. Sebaiknya, protein ini dimasak dengan tidak digoreng, supaya lebih sehat.

Kemudian, dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi saat sahur, akan membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Jika dibandingkan dengan mengonsumsi makanan tinggi lemak, lebih baik makan makanan tinggi protein.

Baca juga: 5 Tips Agar Tetap Bugar saat Berpuasa

green and pink plastic container

Source: unsplash.com/@elloproducts

Makanan berserat seperti buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayuran saat sahur akan membantu tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, dapat menjaga tubuh agar tidak sering merasa haus saat puasa. Beberapa buah dan sayur yang memiliki kadar air tinggi adalah semangka, jeruk, selada, bayam, timun, stroberi, dan persik, apel.

shallow focus photography of almonds in white ceramic bowl

Source: unsplash.com/@juanjosevalenciaanita

Kacang-kacangan

Selain itu, kacang seperti almond dapat membuat Aladiners yang menjalani puasa kenyang lebih lama. Kacang almond merupakan satu makanan tinggi protein. Tahukah Aladiners, kalau dalam 10 kacang almond terdapat +/- 2.5 gram protein.

Mengonsumsi 20 butir kacang almond setiap hari, tubuh akan mendapat 5 gram protein yang penting untuk kesehatan tubuh manusia. Almond ini sehat untuk dijadikan camilan saat sahur setelah mengonsumsi makanan utama. 

water filled cup

Source: unsplash.com/@paradox21

Air Putih

Selanjutnya, adalah air put. Air putih merupakan salah satu menu wajib yang ada di atas meja makan ketika sahur. Air putih bebas kalori dan gula. Sehingga menjadi pilihan minuman paling sehat yang dikonsumsi pada saat sahur. Air putih penting untuk menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup saat berpuasa.

Minum air putih juga mampu mengatasi rasa haus pada waktu berpuasa. Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh selama puasa, Aladiners bisa menggunakan rumus “2-4-2”.

Formula 2-4-2 artinya 1 gelas pada saat jam berbuka puasa, 1 gelas setelah ibadah salat Magrib atau sebelum Anda salat Tarawih. Kemudian, 4 gelas air dapat Anda sesuaikan waktunya dari setelah ibadah Tarawih sampai malam hari. Lalu, 2 gelas lainnya saat jam sahur.

Baca juga: Olahraga saat Puasa? Gak Ada Salahnya Coba Ini

Komentar