05.Aug.2020

Main ke Sukabumi, Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Ini


Main-main ke Sukabumi, jangan sampai kelupaan untuk coba beragam kuliner khasnya yang nggak akan kamu temui di tempat lain. Kalau pun ada, rasanya tentu  akan berbeda kalau bukan dari asalnya. Dari sekian banyak kuliner khas dari Sukabumi, Mister akan kasih tahu 5 kuliner yang jadi favorit mister.

0
0
0

 

1. Mochi Lampion

Jalan Kaswari Pusat Oleh-oleh Mochi Khas Sukabumi | | EL JOHN News

Sumber gambar: https://eljohnnews.com/jalan-kaswari-pusat-oleh-oleh-mochi-khas-sukabumi/

Diproduksi sejak tahun 1983, Mochi Lampion atau Mochi Kaswari ini menjadi makanan legendaris masyarakat Sukabumi. Makanan yang berasal dari Jepang ini memang dulunya dibawa oleh tentara Jepang saat menjajah Indonesia, hingga kemudian banyak masyarakat Indonesia yang mulai memproduksinya. 

Liburan ke Sukabumi, Wajib Beli Oleh-oleh Mochi

Sumber gambar: https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3366123/liburan-ke-sukabumi-wajib-beli-oleh-oleh-mochi

Mochi ini rasanya cukup manis, lembut, dan sedikit lengket saat dimakan. Dulunya, kue mochi ini dijadikan santapan saat perayaan tahun baru di Jepang. Kalau kamu mau coba mochi ini, yang paling terkenal adalah Mochi Lampion yang dibungkus dengan anyaman bambu berbentuk kotak. Ada berbagai varian rasa, mulai dari rasa original,durian, kacang, blueberry, kacang hijau, hingga kombinasi rasa. Kalau kamu lagi ke Sukabumi, jangan ragu untuk mampir ke tokonya yang ada di Jalan Bhayangkara No.19, Kaswari 11, Selabatu, Cikole, Jawa Barat.

 

2. Bandros

Bandros ATA

Sumber gambar: https://www.infosmi.id/blogs/bandros-ata

Mirip seperti kue pukis atau kue pancong, Bandros ini merupakan kue yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut dan juga santan. Bandros yang paling legendaris dan terkenal di Sukabumi adalah Bandros Ata. Ata adalah penjual bandros pertama yang akhirnya membuat kuliner ini menjadi legenda di Sukabumi. Hingga saat ini resep yang digunakan pun masih dipakai turun temurun, dan sekarang sudah ada di generasi ketiga sejak tahun 1973.

 

Large nessiamegawati

Sumber gambar: https://www.infosmi.id/blogs/bandros-ata

Rasanya yang manis dan gurih karena campuran kelapa sangat nikmat disantap selagi hangat ditemani segelas teh atau kopi hangat. Jadi lebih baik kamu datang langsung ke tempatnya agar bisa mencicipi bandros yang baru saja matang. Lokasinya ada di Jalan Gudang No.4 Sukabumi, bisa kamu datangi dari jam 20.30 sampai 06.00 WIB.

 

3. Geco

BUMI FLONA on Twitter: "via @arieparikesit Geco - toge tauco ...

Sumber gambar: https://twitter.com/bumiflona/status/495999796943925248

Mendengar namanya, makanan ini memang sedikit nyeleneh di telinga. Geco adalah singkatan dari tauge dan tauco. Kalau di daerah lain dikenal dengan toge goreng, di Sukabumi Geco menjadi kuliner khas yang wajib kamu coba. Meski namanya diambil dari tauge dan tauco, bukan berarti yang disajikan hanya dua bahan itu saja. Selain tauge dan tauco sebagai bahan utama, seporsi Geco dilengkapi dengan potongan ketupat, mi sagu, dan irisan tahu kecil-kecil yang kemudian disiram dengan bumbu tauco.

Inilah Sukabumi: Geco

Sumber gambar: http://inilah-sukabumi.blogspot.com/2017/09/geco.html

Makanan ini paling enak dimakan untuk sarapan karena memang porsinya tidak terlalu banyak jadi sangat cocok dimakan pada pagi hari. Kalau kamu mau coba kuliner yang satu ini, kamu nggak akan kesulitan mencarinya karena banyak penjual Geco di Sukabumi. Tapi kalau kamu mau, kamu bisa berkunjung ke daerah Pasar Gang Arab di Kota Sukabumi. Di sana ada penjual Geco yang sudah turun temurun harganya Rp10.000. Selain itu di jalan Jend. Sudirman juga ada kedai Geco yang nggak kalah enak, namanya Geco Bu Yayat.

 

4. Roti Priangan

Roti Priangan Khas Sukabumi | Jelajah Geopark Indonesia

Sumber gambar: https://jelajahgeopark.id/ciletuh/isiberita.php?berita=896

“Yang legendaris, yang tetap eksis”, mungkin kalimat itu yang bisa menggambarkan Roti Priangan Oey Tjiang Lie yang ada di Sukabumi. Produksi Roti Priangan ini sudah ada sejak 1943 yang kemudian diteruskan oleh generasi selanjutnya hingga sekarang. Kerennya lagi, sampai saat ini proses produksinya masih menggunakan mesin dan oven tradisional.

 

Kuliner ala Kota Sukabumi | Info Pikiran Rakyat

Sumber gambar: http://info.pikiran-rakyat.com/?q=serial-konten/kuliner-ala-kota-sukabumi

Untuk mencicipi Roti Priangan langsung dari pabriknya, kamu bisa datang ke jalan Parigi Blok A2 No.31 Kota Sukabumi. Pabrik ini memproduksi berbagai pilihan rasa, diantaranya coklat, kismis, keju, nanas, pisang coklat dan juga gula susu. Perlu diingat kalau roti ini hanya bisa bertahan satu hari karena tidak menggunakan bahan pengawet.

 

5. Bubur Bunut 

Ada Yang Spesial dari Bubur Ayam Bunut Siliwangi di Sukabumi?

Sumber gambar: https://www.ikutilangkahkaki.com/2018/12/bubur-ayam-bunut-sukabumi.html

Nggak kalah legendaris dari kuliner lainnya, Bubur Ayam Bunut juga sudah sejak lama menjadi ciri khas kuliner Sukabumi. Berlokasi di jalan Siliwangi No.93, warung bubur ini sudah berdiri sejak 1981 dan masih dikelola oleh generasi pertama. Jadi nggak perlu diragukan lagi cita rasa keaslian buburnya.

 

Bubur Ayam Bunut Siliwangi, Legenda Bubur Khas Sukabumi - Reresepan

Sumber gambar: http://www.reresepan.com/bubur-ayam-bunut-siliwangi-legenda-bubur-khas-sukabumi/

Hampir tidak jauh beda dari bubur pada umumnya, tapi kalau kamu coba bubur ini kamu akan menemukan dua perbedaan yang sangat khas. Yakni dari toping yang diberikan. Bubur Ayam Bunut ini hanya memberi toping bawang goreng dengan suwiran ayam yang sangat gurih. Lalu yang kedua, kamu akan bubur bersama dengan kroket atau risol isi bihun. Risol itu disajikan sebagai pelengkap saat kamu makan bubur. Kalau penasaran, kamu bisa coba bubur ini dengan harga Rp20.000 per porsi.

Komentar