08.Jun.2022

Gak Perlu Jauh-Jauh ke Meksiko, di Indonesia Juga Ada


Makanan Meksiko Terkenal di Indonesia – Pasti Aladiners familiar dengan serial telenovela seperti Marimar. Di serial tersebut, tidak hanya unsur ceritanya yang menyenangkan, kita juga dimanjakan dengan tampilan hidangan makanan khas Amerika Latin yang terkenal enak.  Variasi rasa makanan Amerika Latin ini sangat memanjakan lidah, mulai dari rasa pedas, manis, dan asin.  

0
0
0

Cita rasanya makanan Meksiko mirip dengan cita rasa makanan di Indonesia yang kaya rempah dan pedas. Berikut beberapa dari banyaknya makanan Meksiko terkenal di Indonesia dan bisa ditemui dengan mudah di restoran yang ada di Indonesia.

BEBERAPA MAKANAN MEKSIKO YANG TERKENAL DI INDONESIA

Burrito - Wikiwand

Source: unsplash.com/@wikiwand

Burrito

Bentuk burrito sendiri mirip dengan kebab Turki. Namun, yang membedakan burrtito dengan kebab, adalah pada isiannya. Kebab Turki memiliki isian beragam tapi tidak dengan burrito. Biar ga bingung, perbedaan pada kedua makanan ini terletak pada isinya. Burrito lebih banyak berisikan daging dan pasta kacang yang digulung menjadi satu bersama roti tortilla. Isian burrito sendiri cukup sederhana yaitu hanya berisikan daging sapi dan pasta kacang saja, kadang ditambahkan guacamole.

person holding white ceramic mug

Source: unsplash.com/@jarretlopez

Taco

Makanan Meksiko ini bisa dibilang yang paling cocok dengan lidahnya orang Indonesia. Taco adalah tortilla yang diisi dengan berbagai bahan seperti daging sapi, daging ayam. Taco juga dilengkapi juga dengan tomat, bawang bombay, serta selada. Bahkan tak jarang seafood juga bisa dijadikan isian taco. Supaya lebih nikmat, taco dicampur dengan saus keju atau guacamole (salad alpukat).

Seriously Good Chicken Enchiladas

Source: unsplash.com/@inspiredtaste

Enchilada

Jika diperhatikan sekilas, enchilada mirip dengan burrito, karena ada tortilla yang digulung dengan isiannya. Namun, yang membuatnya beda adalah isi dan penyajiannya. Isi dari enchilada itu sendiri terdiri dari daging, kacang, kentang, sayuran dan bisa juga dengan aneka seafood. Oleh karena penyajiannya yang dilumuri berbagai macam saus, siraman saus cabai, saus keju, saus kacang, ataupun saus salsa.

black ceramic bowl with dish

Source: unsplash.com/@coffeefyworkafe

Nacho

Nacho merupakan hidangan ringan yang terbuat dari tortilla jagung yang berbentuk keripik. Makanan khas Meksiko satu ini disiram dengan saus keju atau saus salsa. Lalu, ditambah dengan taburan daging cincang, sayuran dan kacang. Sementara itu, saus kejunya yang disiram dibuat dari taburan irisan keju. Setelah itu, nacho bertabur keju dipanaskan dalam beberapa menit hingga keju meleleh. Di Indonesia, biasa nacho biasa disantap sebagai hidangan pembuka (appetizer).

sliced pizza on brown wooden table

Source: unsplash.com/@lottiegriffiths

Quesadilla

Makanan Bernama quesadilla ini terbuat dari dua lembar tortilla diisi keju. Kemudian dipanggang sampai keju meleleh. Bahan lainnya juga kerap ditambah dalam camilan sederhana ini. Misalnya sayuran hingga ayam. Restoran Meksiko ataupun resto yang mengusung tema Barat umumnya punya sajian ini. Secara harfiah, ‘quesadilla’ berarti suatu benda kecil yang mengandung keju. Untuk itu, sesuai dengan namanya, makanan khas Meksiko ini menggunakan keju jenis mozzarella.

blue and yellow labeled bottle beside brown wicker basket

Source: unsplash.com/@jarritos

Taquito

Taquito terdiri dari roti tortilla dengan isian kentang, daging sapi atau daging ayam dan keju. Bahan tersebut digulung serta digoreng hingga memiliki tekstur renyah. Akan lebih enk jika dihidangkan dan dimakan dengan saus salsa, krim keju, saus asam khas meksiko atau guacamole.

Baca juga: Berbagai Street Food Dunia yang Populer di Indonesia

 

Komentar