25.Oct.2018

Cantik Bukan Segalanya! Ini 8 Kontes Kecantikan Paling Aneh Sepanjang Sejarah


Kontes “Miss-miss-an” biasanya jadi ajang pemilihan cewek-cewek yang masuk kategori “cantik” dan berbakat. Yaaah, pokoknya cantik dulu, baru diikuti skill lainnya. Eh, tapi jangan salah. 8 konteks kecantikan paling aneh sepanjang sejarah ini justru punya standar “unik” buat milih pemenangnya, lho!

0
0
0

1. Miss Beautiful Ape

sumber foto: framework.latimes.com/2013/08/22/miss-beautiful-ape-contest/

Kontes yang satu ini diadain di tahun 1972, bertepatan sama masa penayangan Conquest of the Planet of the Apes. FYI, film ini emang laris banget dari jaman dulu, termasuk film terbaru yang berjudul War for the Planet of the Apes 2017 lalu. Nah, waktu itu, ada pembawa acara TV bernama Gary Owens yang ngadain kontes Miss Beautiful Apes. Para kontestan tetep pake bikini, sih, tapi muka mereka ditutupin topeng kera!

Pemenang kontes ini adalah Dominique Green yang akhirnya dapetin peran dalam film Battle for the Planet of the Apes. Hmmm… gimana cara nilai pemenangnya, ya?

 2. Miss Atomic Bomb

sumber foto: genius.com/The-killers-miss-atomic-bomb-lyrics

Salah satu kontes kecantikan paling aneh yang satu ini agak kontroversial, sih. Jadi, di tahun 1950an, Amerika lagi seru-serunya ngomongin peristiwa Bom Atom yang menimpa Hiroshima dan Nagasaki, sampai-sampai mereka ngadain kontes “Miss Atomic” di Las Vegas!

Dalam kontes ini, yang jadi pemenang adalah kontestan yang paling kreatif membuat kostum bertema bom atom. Akhirnya, yang keluar sebagai juara adalah Candyce King yang membuat gaya rambut atomic bomb dari tisu toilet dan hairspray. Selain itu, dia juga dapet hadiah sekarung jamur seberat 4,5 kilogram yang memrepresentasikan “awan jamur” yang muncul akibat ledakan bom atom. Duh, gimana perasaan rakyat Jepang, ya?

 3. Miss Perfect Ankle

sumber foto: pexels.com

Rupanya kecantikan gak hanya berpusat di wajah aja, tapi juga di ankle alias pergelangan kaki! Yap, di tahun 1930-1950an, Inggris dan Prancis lagi heboh-hebohnya bikin kontes Miss Perfect Ankle. Para kontestannya bersembunyi di balik tirai dan cuma bagian pergelangan kakinya aja yang dinilai. Nantinya, tim juri bakal mengamati dan mengukur tiap pergelangan kaki buat menentukan siapa juaranya. Lucunya lagi, pemenang kontes ini dikasih sekumpulan stoking gratis!

 4. Miss Subways

sumber foto: susieschnall.com/books/the-subway-girls/the-miss-subways-contest-history/

Info buat kamu cewek-cewek “anker” alias anak kereta, di tahun 1941 – 1976 dulu ada kontes Miss Subways, lho. Syaratnya cuma dua: tinggal di New York dan rutin naik subway tiap hari. Gampang, kan? Nah, semua kontestan bakal difoto sama agensi modeling John Robert Power dan poster foto plus biodatanya bakal dipajang di gerbong subway. Nanti, para penumpang kereta tinggal pilih jagoan mereka dengan ngirim lewat kartu pos. Terus, tahu gak kamu kenapa kontes ini diadain? Penyelenggaranya berpendapat, orang-orang yang naik kereta tiap hari sambil ngeliatin muka-muka yang cantik bakal ngerasa lebih happy dalam perjalanan mereka.

 5. Miss Perfect Posture

sumber foto: allthatsinteresting.com/miss-perfect-posture-1956

Orang cantik jadi berkurang ke-gorjess-annya kalau bungkuk, iya gak? Nah, makanya persatuan ahli chiropractic di Amerika ngadain kontes Miss Perfect Posture di tahun 1950an dan 1960an. Para kontestan bakal diukur kelurusan tulang punggungnya, bahkan sampai dirontgen. Selain itu, para kontestan bakal disuruh nimbang badan dengan dua timbangan. Kalau berat di timbangan kanan kiri sama, berarti postur mereka sempurna. Hmmm.. menarik juga, ya.

 6. Miss Landmine

sumber foto: greatpacifictv.com/show/miss-landmine/

Kontes Miss Landmine diadain sama negara-negara yang dipenuhi ranjau kayak Angola dan Kamboja. Penggagasnya adalah seniman asal Norwegia bernama Morten Traavik. Tujuan diadainnya kontes ini adalah mengembalikan rasa percaya diri para perempuan yang jadi korban ranjau darat. Yap, bisa ditebak, mereka yang ikutan rata-rata mengalami cacat fisik karena ranjau. Nanti, pemenangnya bakal dikasih kaki atau tangan palsu secara cuma-cuma.

7. Miss Jail

Sumber foto: dailymail.co.uk/news/article-3332972/Miss-Criminal-2015-Beauty-pageant-maximum-security-jail-women.html dari Getty Images

Semua perempuan pasti pengen cantik dan aktualisasi diri, termasuk para tahanan di penjara-penjara Brazil. Inilah yang jadi alasan penjara di Pernambuco mengadakan Miss Jail. Para kontestan yang juga merupakan tahan lapas wanita dinilai berdasarkan kecantikan, pengetahuan, dan perilakunya. Hadiahnya lumayan, lho! Juara kontes ini bakal dapet US$1.000 yang disetor ke akun si pemenang di penjara. Menariknya lagi, kontes ini bukan cuma diadain di Brazil, tapi juga di Rusia, Kolumbia, dan Lithuania. Indonesia kapan, ya?

8. Miss Mama Kilo

sumber foto: adiac-congo.com/content/7e-edition-miss-mama-kilo-nelly-josiane-okombi-remporte-la-couronne-30360

Kontes kecantikan bukan cuma punya mereka yang kurus tinggi langsing. Kalau ikutan kontes Miss Mama Kilo, kamu harus punya berat badan minimal 80 kilogram! Tujuan kontes ini memang menilai orang bukan dari kecantikan fisik, tapi dari pengetahuan dan kecantikan hatinya. Kalau kayak gini harusnya bukan kontes kecantikan teraneh, tapi terkeren! Setuju, gak?

Baca juga: 7 Festival Terbaik di Asia Ini Bisa Bikin Liburan Kamu Lebih Seru

Komentar