17.Oct.2016

Bukan Sulap Bukan Sihir: 7 Kota Kuno Ini Lokasinya Ada di Bawah Laut!


Seperti yang kita tau, ada banyak reruntuhan kota kuno yang sekarang lokasinya ada di bawah laut. Entah kena azab atau emang jadi korban global warming, kota-kota ini selalu punya sisi menarik buat dibahas. Dulu dihuni sama manusia, sekarang jadi tempat main lumba-lumba. Berikut 7 reruntuhan kota kuno di bawah laut yang bakal bikin kamu penasaran!

0
0
0

1. Shicheng, China

1

Sumber foto: dailymail.co.uk

Kota yang udah ada dari 1.300 tahun yang lalu ini dulunya pusat perpolitikan dan ekonomi di Zhejiang. Tapi, pada tahun 1959 pemerintah China mutusin buat nenggelemin Shicheng untuk jadi danau buatan. Nah, danau buatan ini dibuat jadi tempat sumber daya listrik tenaga air. Sekarang, kota ini jadi tempat wisata yang mulai dikenal para turis mancanegara. Beda sama kota-kota lain yang tinggal reruntuhan, Kota Shicheng yang baru ditenggelemin selama 50-an tahun ini bentuknya masih lumayan utuh. Cakep, ya?

2. Istana Cleopatra, Mesir

2

Sumber foto: hobbyearth.com

Di pinggiran laut Alexandria, ditemukan reruntuhan kota kuno yang dipercaya merupakan istana dari Cleopatra. Katanya, sih, kota bersama istananya ini tenggelam ke dasar laut karena gempa bumi dahsyat sekitar 1.500 tahun yang lalu. Selain reruntuhan istana, patung-patung, dan bangunan, di sini juga ada kuil Dewi Isis. Buat kamu yang belum tahu, dulu Cleopatra percaya kalau dirinya merupakan reinkarnasi dari Dewi Isis. Pede bener, ya? Hingga sekarang udah ada sekita 140 artifak yang ditemukan di situs kuno ini, termasuk bangunan yang dipercaya sebagai makam dari Cleopatra.

3. Port Royal, Jamaika

3

Sumber foto: National Geographic

Dulu banget, kota ini dikenal sebagai salah satu kota paling kacrut sedunia. Kenapa? Soalnya Port Royal dulu jadi pusat para maling, pelacur, dan pesta-pestaan. Tapi di tahun 1692, gempa bumi berkekuatan 7,5 skala richter meluluhlantakkan kota ini dan mengambil korban jiwa sebanyak 2.000 orang. Kena azab, sih, itu kayaknya. Walaupun Port Royal terus tenggelam hingga sekarang berada di kedalaman 12 meter, tapi ada banyak artifak dari kota ini yang bentuknya masih bener-bener utuh, lho. Tertarik buat ke sini? Siapa tau kamu bisa nemuin harta karun tersembunyi hehe.

4. Dwarka, India

4

Sumber foto: blog.abhinavagarwal.net

Kota kuno yang satu ini keren banget sejarahnya, Aladiners. Dwarka yang dalam Bahasa Sansekerta artinya Pintu Surga merupakan salah satu dari empat tempat suci yang wajib dikunjungi dalam kepercayaan Hindu. Sebelum ditemukan, Dwarka dulunya dianggap sebagai legenda dan cuma dikenal lewat kitab, buku, dan artifak sejarah. Ibu kota pertama Gujarat ini usianya diperkirakan seenggaknya 9.000 tahun, lho! Beberapa peneliti bahkan percaya kalau kota ini usianya udah sekitar 32.000 tahun. Mitosnya, Dwarka dibangun sendiri oleh Dewa Krisna. Faktanya? Siapa yang tau, deh, udah purba banget, sih, soalnya. Selain itu, kota ini juga luar biasa luas, Aladiners. Bukan cuma bangunan-bangunan dan kuil-kuil, di sini bahkan ditemukan jalan-jalan besar yang modern dan pelabuhan laut.

5. Baiae, Italia

5

Sumber foto: ibtimes.co.uk

Kota yang dulunya jadi tempat liburan orang-orang kaya Italia seperti Julius Caesar ini sejak tahun 1.500 yang lalu dikosongin para warganya karena kena serangan dari kaum Saracen. Sejak ditinggal inilah Baiae perlahan-lahan tenggelam ke bawah laut karena permukaan air yang terus naik. Kalau dibandingin dengan kota yang ada sekarang, Baiae ini mirip-mirip lah sama Las Vegas. Banyak tempat perjudian dan pesta-pestaan. Karena lokasinya yang ada di sekitar gunung berapi, makanya di kota ini ada banyak juga tempat buat mandi air panas dan spa-an. Sekarang, situs ini jadi salah satu tempat wisata favorit buat para turis yang suka diving dan snorkeling.

6. Atlit Yam, Israel

6

Sumber foto: www.zed.fr

Situs purbakala yang berada di kedalaman sekitar 8 - 12 meter di dalam laut ini diperkirakan usianya sekitar 7.500 - 8.500 tahun. Walaupun purba banget, tapi warganya udah berbudaya dan berilmu juga, lho. Buktinya, di sini ditemukan tempat-tempat ritual dan pemujaan, sumur batu, jalan-jalan berbatu, sampai struktur bangunan megalitikum. Nah, yang bikin heran adalah walapun situs ini udah ribuan tahun, tapi reruntuhannya terbilang utuh. Bahkan, di sini banyak ditemukan juga tulang-belulang manusia dan hewan ternak! Penyebab kota ini tenggelam, sih, katanya karena ada tsunami dahsyat yang melanda Atlit Yam karena letusan gunung berapi.

7. Pavlopetri, Yunani

Vintage Bridesmaid Dresses

Sumber foto: yesterday.uktv.co.uk

Kota kuno ini adalah situs bawah laut paling pertama yang pernah ditemukan. Walaupun Pavlopetri udah ada sejak 1.000 tahun sebelum masehi, tapi banyak bagian dari kota ini yang masih terlihat utuh kayak jalan-jalan, lapangan, bangunan, hingga taman pemakaman. Udah gitu kota ini luas banget, lho, sampai 30.000 meter persegi! Penyebab tenggelamnya diperkirakan karena gempa bumi. Mirip-mirip lah sama kota tenggelam lainnya. Karena keindahannya, sekarang Pavlopetri udah dijadikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Komentar