07.Jun.2022

Berbagai Street Food Dunia yang Populer di Indonesia


Berbagai Street Food Dunia – Street food merupakan makanan dan minuman siap saji yang disiapkan dan dijual oleh para pedagang terutama di pinggir jalanan, pasar dan tempat-tempat umum lainnya. Tidak hanya luar negeri yang memiliki sederet street food, Indonesia juga banyak ditemui street food yang beragam. Tahukah Aladiners kalau berbagai street food dunia juga ternyata banyak dijual di Indoensia, lho. Street food Indonesia pun banyak merupakan bawaan dari luar negeri. Apa sajakah street food yang dimaksud? Yuk, kita bahas.  

0
0
0

 

Korean Corn Dogs Recipe

Source: unsplash.com/@finedininglovers

Corndog

Corndog adalah salah satu kuliner yang berasal dari Korea Selatan yang mengombinasikan sosis dengan adonan tepung tebal. Supaya lebih krispi, corndog juga dilapisi tepung jagung kasar lalu digoreng. Tidak hanya itu, variasi street food satu ini adalah corndog yang dilapisi dengan kentang goreng.

Isian corndog juga beragam, tidak cuma sosis namun juga keju mozzarella, dan baluran luarnya bisa juga gunakan kentang, mie yang dihancurkan, dan tepung roti. Di Korea sendiri, biasa corndog ditaburi dengan gula halus dan diberikan saus.

3 Cara Membuat Odeng, Makanan Khas Korea Berbahan Dasar Ikan yang Lezat - Hot Liputan6.com

Source: unsplash.com/@pexels

Odeng

Dalam bahasa Inggris, Odeng dikenal sebagai fishcake. Street food Korea satu ini merupakan perpaduan daging ikan yang dicampur dengan tepung beras dan memiliki tekstur kenyal, empuk dan gurih. Bentuk odeng tipis dan pipih, lalu ditusuk bambu panjang.

Kemudian adonan itu dibentuk seperti gelombang dan disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Kuah kaldu biasanya terbuat dari lobak, daun bawang, kepiting atau rumput laut kering yang menambah cita rasa.

cooked food

Source: unsplash.com/@amysuraya

Takoyaki

Takoyaki adalah camilan berbentuk bulat yang sangat populer di Jepang. Adonan takoyaki terbuat dari telur dan tepung berisi potongan kecil gurita. Takoyaki yang sudah matang akan berwarna coklat keemasan di bagian luar dan memiliki tekstur meleleh di bagian dalamnya. Sebagai pelengkap, pada bagian atas takoyaki akan diberikan taburan serpihan katsuobushi, serpihan rumput laut, mayones, dan saus takoyaki.

Source: unsplash.com/@animavisual

Kebab

Kebab merupakan street food khas Turki yang terbuat dari tortilla yang dibalut dengan isian daging sapi atau domba yang di panggang dengan ukuran kecil kecil atau pipih. Awalnya kebab hanyalah makanan yang hanya berasal dari daging sapi atau domba yang penyajiannya cukup dengan di tusuk dan di panggang dan kini cara penyajiaanya sudah berbeda beda dan telah disesuaikan dengan masing-masing daerah.

8 Tteokbokki di Jakarta yang Rasanya Paling Nikmat - PergiKuliner.com

Source: unsplash.com/@pergikuliner.com

Tteokbokki

Tteokbokki adalah camilan khas Korea berupa tteok yang berbahan dasar tepung beras lalu dimasak dengan bumbu gochujang yang pedas manis. Tteok yang dipakai pada camilan ini berbentu panjang atau silinder.

person holding Think Thali disposable cup with beverage spilling out

Source: unsplash.com/@joniastin

Thai Tea

Teh yang digunakan untuk membuat thai tea haruslah memiliki aroma tajam dan rasa teh hitam yang sangat kuat. Rasa thai tea yang legit dan kaya citarasa tidak hanya berasal dari kandungan rempahnya, tetapi juga dari tuangan susu kental manis dan krimer. Teh yang sudah diseduh di campur dengan menggunakan susu kental manis karena rasa dari susu kental manis lebih nikmat ketika dicampurkan ke racikan thai tea.

two clear glass jars with straws

Source: unsplash.com/@rosalindjchang

Boba/Bubble Tea

Minuman street food yang sempat viral yang ini berasal dari Taiwan. Bubble tea adalah minuman perpaduan antara milk tea dan boba. Sensasi minuman dengan boba yang kenyal membuat bubble tea banyak diminati masyarakat. Saat ini, bubble tea menjadi minuman favorit di Indonesia. Di sepanjang jalan Aladiners bisa menemukan bubble tea yang dijual.

Baca juga: Simak! Perbedaan Makanan yang Sekilas Tampak Mirip

Komentar