14.Apr.2023

8 Jajanan yang Cuma Ada Saat Ramadan, Udah Pernah Coba Belum?


 

0
0
0

Jajanan Khas Bulan Ramadan - Salah satu kegiatan favorit saat Bulan Ramadan adalah mencari makanan untuk berbuka puasa. Tapi kalau pilihan jajanannya cuma itu-itu aja, bisa bikin bosen. Nah, kalau pengin cari yang spesial, berikut 6 jajanan asli Indonesia yang cuma ada saat Ramadan. Cobain, yuk!

1. Kicak

Sumber gambar: Shutterstock

Jajanan ini hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadan di Pasar Sore Kauman, Yogyakarta. Kicak terbuat dari singkong yang dikukus dan ditaburi dengan parutan kelapa di atasnya. 

2. Sate Susu

Sumber gambar: sayurbox

Hah? Susu bisa dibikin sate? Bukan, bukan. Sate ini terbuat dari puting susu sapi yang dipotong berbentuk dadu kemudian direbus dan dibumbui. Jajanan ini berasal dari komunitas muslim yang tinggal di Dusun Wanasari, Denpasar Barat, Bali. Unik banget, ya!

3. Ketan Bintul

Sumber gambar: Shutterstock

Ketan Bintul adalah jajanan dari Banten yang terbuat dari ketan dan ditaburi dengan serundeng. Ketan Bintul biasanya disajikan dengan cara dipotong persegi atau dibentuk bulat, ditaburi serundeng, dan dibungkus dengan daun pisang. Menurut sejarah, jajanan ini sudah ada sejak abad ke-16 dan menjadi menu buka puasa favorit Sultan Maulana Hasanudin, lho. 

Baca juga15 Jenis Kue Kering Lebaran yang Unik dan Ikonik

4. Bongko Kopyor

Sumber gambar: Shutterstock

Bongko berarti bubur nangka dan kopyor adalah kelapa kopyor. Jajanan yang berasal dari Gresik, Jawa Timur, ini terbuat dari potongan roti tawar, serutan kelapa muda, pisang, nangka, bubur mutiara dan siraman santan yang dikukus.

 

       Baca jugaWaktu Maghrib Udah Dekat? Datengin aja 9 Tempat Jual Takjil di Jakarta Ini

5. Gulai Siput

Sumber gambar: utusantv.com

Gulai Siput adalah jajanan khas dari Riau. Bahan dasarnya (siput) sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional Riau. Yang perlu dipersiapkan adalah bumbu gulainya yang dibuat dari campuran daun ubi jalar, pakis, daun talas, dan terong asam. Cara makannya tidak perlu memakai sendok dan garpu, tapi siputnya, yang sudah bercampur dengan bumbu, langsung disedot dari cangkangnya. 

6. Es Timun Serut

Sumber gambar: Shutterstock

Minuman ini berasal dari Aceh, dan masyarakat sana menyebutnya sebagai 'ie boh timon'. Rasanya sangat segar, apalagi ditambah dengan campuran selasih atau perasan air jeruk nipis. Hmm, mantap! 

7. Jongkong

Sumber gambar: Shutterstock

Jajanan ini paling dicari selama Bulan Ramadan di Medan, Sumatra Utara. Terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka yang dicampur dengan air, lalu dimasak sampai kental. Setelah sudah kental, kemudian ditambahkan dengan daun pandan untuk memberikan aroma dan warna. Jongkong juga memiliki perpaduan rasa berbagai bahan seperti kelapa muda, garam dan gula merah. Jongkong juga memiliki banyak variasi seperti, bubur sum-sum, jongkong lapis, dan jongkong ketan hitam.

6. Bingka

Sumber gambar: Shutterstock

Jajanan yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ini memiliki rasa yang manis, legit, dan lembut. Bahan-bahan untuk membuat Bingka adalah tepung terigu, telur, santan, gula pasir, dan garam. Untuk membuat tampilannya lebih menarik, Bingka biasanya dipanggang dengan cetakan berbentuk bunga. Oh ya, dalam tradisi Suku Banjar untuk memperingati acara-acara istimewa seperti pernikahan atau selamatan, Bingka adalah salah satu dari 41 jenis kue yang disajikan.

 

Baca jugaJangan Cuma Ketupat! Cobain Juga 7 Hidangan Unik se-Indonesia Ini saat Lebaran

Komentar

Tinggalkan Komentar: