13.Apr.2023

7 Tips untuk Mudik yang Aman dan Nyaman


 

0
0
0

Mudik Nyaman dan Aman - Yes! Lebaran sebentar lagi! Aladiners udah punya rencana mudik ke mana nih? Jangan lupa siapin segala keperluan biar aman sampai kampung halaman, dan ketika kembali ke kota tempat kamu tinggal. Biar kamu nggak lupa, Mister kasih tahu ya apa aja yang perlu disiapin buat pulang kampung. 

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Sumber gambar: Shutterstock

Sebelum memulai perjalanan, tubuh kamu harus dalam kondisi segar dan sehat ya, Aladiners. Jangan terlalu lelah dan usahakan tidur cukup sehari sebelum mudik supaya bisa fokus di jalan. Bagi yang mudik saat sedang berpuasa, kamu bisa minum vitamin atau suplemen lainnya saat sahur supaya tetap kuat. Jika lelah, jangan ragu untuk beristirahat di rest area

2.  Bawa Uang Tunai Secukupnya

Sumber gambar: Shutterstock

Di era digital saat ini, memang kita tidak perlu bawa uang tunai banyak-banyak di dalam dompet. Tapi saat mudik Idulfitri, uang tunai harus dibawa secukupnya, ya. Karena kalau kamu pengin membeli sesuatu di jalanan dan tempatnya tidak menyediakan pembayaran digital atau debit/kredit, bisa repot tuh!

 

3. Rajin Update Informasi Arus Mudik

Sumber gambar: wlox.com

Selama mudik, usahakan selalu cari tahu informasi arus mudik dari media-media online atau radio. Dari situ kamu bisa cukup mendapat informasi soal jalur mana saja yang bisa dilewati kendaraan besar atau kecil, rute singkat atau jalan tikus yang bisa dilalui untuk mempersingkat waktu perjalanan, hingga titik-titik rest area. 

 

Baca jugaBentar Lagi Lebaran, Ini 4 Hal yang Dikangenin dari Kampung Halaman

4. Periksa Kondisi Mobil

Sumber gambar: Shutterstock

Kalau kamu mudik naik mobil, wajib hukumnya untuk memastikan mobil kamu dalam kondisi baik. Periksa mesin, oli, rem, roda, air bag, dan bagian-bagian lainnya, minimal seminggu sebelum mudik. 

 

5. Bawa Dokumen-Dokumen Penting

Sumber gambar: Shutterstock

Jangan sampai lupa bawa KTP, SIM, STNK, dan tiket untuk yang mudik naik pesawat, kereta, atau kapal. Pastikan juga SIM dan STNK kamu masih aktif, ya!

 

Baca jugaLebaran Sebentar Lagi! Ini 4 Persiapan Merayakan Lebaran di Rumah

6. Bawa Makanan dan Obat-Obatan

Sumber gambar: Shutterstock

Ketika mudik, apa pun bisa terjadi, misalnya kelaparan atau sakit. Karena kondisi jalan sangat ramai, kemungkinan restoran-restoran juga akan penuh, maka penting banget buat sedia stok makanan. Kalau sakit? Lebih gawat lagi. Wajib bawa obat-obat generik dan obat-obat khusus kalau kamu atau keluarga punya penyakit tertentu. 

7. Pastikan Keamanan Rumah

Sumber gambar: Shutterstock

Bukan cuma keselamatan di jalan saja yang perlu diperhatikan, tapi juga keamanan rumah kamu sendiri. Sebelum berangkat, kunci semua pintu dan jendela, matikan listrik yang tidak perlu dan lepas regulator gas. Jika ada tetangga yang tidak mudik, kamu bisa juga menanyakan keadaan rumah kamu kepada mereka selama mudik. 

 

Baca juga7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Kalo Nggak ke Mana-Mana Lebaran Ini

Komentar

Tinggalkan Komentar: