23.Jul.2020

5 Transportasi Unik yang Ada di Berbagai Negara. Salah Satunya di Indonesia


Berkunjung ke suatu daerah pastinya kita akan mengeksplorasi berbagai sudut dari tempat itu, bukan? Mulai dari wisatanya, kulinernya dan yang nggak boleh ketinggalan adalah hal unik yang ada di tempat tersebut seperti transportasi umumnya. Nah kira-kira kalau kamu pergi liburan suka nyoba alat transportasinya yang khas nggak nih? Kalau nggak, mulai besok kamu harus coba ya. Berikut ini Mister kasih tahu transportasi yang unik yang ada di berbagai negara, salah satunya di Indonesia.

0
0
0

 

1. Barco de Totora, Peru

Barco de totora (Peru) -O barco de totora é um barco de madeira ...

Sumber gambar: https://www.pinterest.ca/pin/638033472185614265/

Negara yang terkenal karena memiliki jenis iklim paling banyak ini memang jadi negara yang cukup unik. Salah satu yang membuatnya unik adalah alat transportasinya. Barco de Totora merupakan alat transportasi khas negara ini. Barco de Totora adalah jenis perahu yang terbuat dari tumbuhan totora, yakni jenis rerumputan yang hanya hidup di sekitar Danau Titicaca.

Intrepid Travel Peru review: What I learnt at Lake Titicaca ...

Sumber gambar: https://www.escape.com.au/destinations/south-america/lake-titicaca-home-of-the-peru-souvenir-ill-treasure-forever/news-story/ff250facefa8002e4e65aef9b1de4a0e

Bentuknya yang seperti naga dan pelampung ini memiliki kursi penumpang yang berjajar rapi di dalamnya tanpa diberi atap dan ada juga yang dibuat bertingkat. Dikarenakan lajunya tidak menggunakan mesin, jadi kamu bisa santai menikmati pemandangan danau yang indah itu. Nah, kamu bisa coba naik Barco de Totora ini di Danau Titicaca yang ada di Pantai Tengah Peru dan di Pulau Paskah. Totora yang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan perahu ini juga ternyata digunakan masyarakat untuk membangun rumah-rumah apung yang ada di tepi danau.

 

2. Coco Taxi, Cuba

Taxi Coco In Cuba A - Free photo on Pixabay

Sumber gambar: https://pixabay.com/photos/taxi-coco-taxi-taxi-in-cuba-3940858/

Kalau kamu jalan-jalan ke wilayah Havana dan Varadero di Kuba, kamu akan menemukan transportasi yang super unik dengan warna yang begitu mencolok. Namanya Coco Taxi. Taxi unik yang sudah beroperasi sejak awal 1990-an ini sekarang bertugas untuk mengantar para wisatawan yang berkunjung ke Havana dan Varadero. Selain warnanya yang mencolok, yang membuat kendaraan ini unik adalah bentuknya yang seperti helm cakil yang mungil tanpa ada kaca. Jadi kamu bisa merasakan angin sepoy-sepoy yang masuk tanpa halangan kalau naik ini. Tapi hati-hati ya, kalau hujan bisa basah.

Coco Taxi, Havana | Coco Taxi, Havana, Cuba | yuyu418 | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/yuyu418/5174495882/

Secara operasional, taxi ini memang mirip dengan bajaj yang ada di Indonesia. Seorang supir akan duduk di depan mengendarai Coco Taxi dengan stang lurus seperti sepeda motor, sementara penumpang berada di bagian belakang.

 

3. Duck Tours, Inggris

Boston Duck Tours | Boston's Best Sightseeing Tour

Sumber gambar: https://bostonducktours.com/

Kalau hewan amphibi emang ada tapi kalau kendaraan amphibi gimana ya? Jawabannya ada di Inggris. Ada kendaraan seperti bus yang mampu berjalan di darat dan juga bisa melaju di danau. Namanya Duck Tours. Kamu bisa naik duck boat PD 2 yang sudah diperbarui ini di wilayah Boston. Nantinya kamu akan diajak keliling melihat cantiknya kota Boston dari darat maupun air. Kamu nggak perlu takut kebasahan karena di tiap sisinya sudah disediakan kaca mika yang bisa dilepas-pasang. Karena difungsikan sebagai transportasi wisata,  kamu bakal diajak melihat 30 lokasi bersejarah di Kota Boston. Namun seiring perkembangan zaman, ternyata di negara lain juga ada duck tours seperti ini. Kamu bisa ke Singapura dan coba Singapore Duck Tours.

Duck Boat Tour Boston - Book Online at Civitatis.com

Sumber gambar: https://www.civitatis.com/en/boston/duck-boat-tour/

Durasi untuk berkeliling kota Boston dengan duck tours ini adalah 80 menit dengan harga tiket untuk orang dewasa sebesar $45,99 USD. Kamu juga bisa memilih keberangkatan, yakni ada 3 lokasi keberangkatan yang dijadwalkan yakni Prudential Center Departure, Museum of Science Departure, dan New England Aquarium Departure.

 

4. Habal-habal, Filipina

IT'S MORE FUN IN THE PHILIPPINES | allabouttravelfoodpeopleculture

Sumber gambar: https://allabouttravelfoodpeopleculture.wordpress.com/2012/09/24/its-more-fun-in-the-philippines/

Mau coba kendaraan yang lebih menantang? Kamu bisa coba skylab alias Habal-habal yang ada di Filipina. Ini adalah jenis sepeda motor yang dimodifikasi sedemikian rupa. Meski awalnya sepeda motor hanya untuk dua orang tapi setelah dimodifikasi, habal-habal ini mampu mengangkut hingga 10 penumpang. Aman nggak ya? 

Habal-habal still reigns in Mindanao | Photos | GMA News Online

Sumber gambar: https://www.gmanetwork.com/news/news/photo/172400/habal-habal-still-reigns-in-mindanao/photo/

Habal-habal umumnya terdapat di desa terpencil di Filipina jadi kendaraan ini kecil kemungkinan untuk terkena tilang. Meski berbahaya pengemudi habal-habal sudah sangat ahli, masyarakat sekitar sering menggunakannya. Awalnya kendaraan ini digunakan untuk mengangkut hasil panen, namun sekarang ini banyak turis-turis yang penasaran dengan sensasi naik habal-habal.

 

5. Bajaj, Indonesia

Three Reasons to Take a Bajaj in Jakarta - Martin and Julie Johnson

Sumber gambar: http://martinandjuliejohnson.com/2013/02/04/three-reasons-to-take-a-bajaj-in-jakarta/

Kendaraan unik terakhir adalah Bajaj dari Indonesia. Kendaraan roda tiga yang mirip Coco Taxi di Kuba ini masih menjadi transportasi andalan masyarakat Jakarta. Bajaj di Jakarta ini sudah ada sejak tahun 1070-an, lho. Jadi nggak salah kalau masuk ke daftar 5 transportasi yang unik karena cukup legendaris. Selain sebagai angkutan penumpang, bajaj ini juga kerap jadi kurir dengan barang-barang yang cukup besar, seperti perlengkapan bangunan hingga belanjaan pasar yang jumlahnya banyak.

Berkas:Bajaj RE (front), Jakarta.jpg - Wikipedia bahasa Indonesia ...

Sumber gambar: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Bajaj_RE_(front),_Jakarta.jpg

Awalnya Bajaj di Jakarta ini memiliki warna orange dengan suara yang begitu nyaring dan getaran yang heboh namun karena ada permasalahan polusi yang disebabkan oleh Bajaj, sekarang ini Bajaj sudah berganti baju berwarna biru dengan bahan bakar gas. Kalau kamu mau merasakan sensasinya naik bajaj, kamu bisa dengan mudah menemukannya terparkir di dekat pusat keramaian seperti stasiun, pasar, dan juga pusat perbelanjaan. Tarifnya bisa ditawar, lho.

Komentar