07.Nov.2018

5 Jenis Kue Lapis Khas Indonesia yang Lezatnya Melegenda


Jika sedang bepergian, pasti cinderamata atau oleh-oleh menjadi satu hal yang nggak terlewatkan. Selain barang, makanan termasuk oleh-oleh yang jadi favorit. Di antara sekian banyak makanan, kue lapis menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang dimiliki oleh beberapa daerah.

0
0
0

Buat Aladiners pecinta kue lapis, simak di bawah ini yuk, daerah mana aja di Indonesia yang punya kue lapis lezat!

1. Lapis Kukus Surabaya

Sumber foto: dapurmenel.com/product/lapis-surabaya/

Kue satu ini menjadi kue lapis paling terkenal seantero Indonesia. Kue lapis ini dibuat menggunakan bubuk cokelat dan terdiri dari 3 lapis yang super lezat.

2. Balapis Manado

Sumber foto: pinterest.it/pin/266627240423584750/

Ibukota Sulawesi Utara ini emang lebih populer dengan makanan-makanan pedasnya. Tapi rasa manis yang lezat dari kue lapis ini pasti mengalihkan duniamu, deh! Kue ini memiliki tekstur lembut yang berlapis-lapis, karena terbuat dari tepung terigu, santan, pandan, gula pasir, dan cokelat. Rasa pandan dan cokelat begitu kental terasa di setiap gigitan.

3. Kue Lapis Bandung (Lapis Legit)

Sumber foto: kuelapissurabaya.com/lapis-surabaya/bedanya-lapis-surabaya-dan-lapis-legit/

Kue lapis satu ini mirip dengan kue lapis Surabaya. Cuma buat para penggemar kue, pasti tau perbedaan mendasarnya. Jika lapis Surabaya hanya memiliki 3 lapis, kue lapis legit ini memiliki 18 lapis kue. Selain itu, lapis Surabaya dibuat menggunakan bubuk cokelat, sedangkan lapis legit dibuat dari rempah seperti kayu manis, pala, kapulaga,

4. Lapis Sagu Betawi

Sumber foto: kuihmuihkakkiah.blogspot.com/2015/10/kuih-lapis-pelangi.html

Jika kue lapis yang dibahas di atas merupakan sponge cake atau termasuk ke dalam jenis bolu, lain halnya dengan kue lapis satu ini. Terbuat dari sagu, membuat kue satu ini bertekstur agak kenyal dan diberi warna-warni yang menarik. Buat Aladiners yang mau membeli kue ini, di pasar tradisional kue ini biasa dijual dengan nama kue pepe.

5. Lapis Talas Bogor

Sumber foto: bisnisukm.com/kue-lapis-talas-santapan-legit-khas-bogor.html

Kue lapis ini terbuat dari tanaman khas Bogor, yakni talas. Kue ini terdiri dari dua lapis, yakni kuning dan ungu khas talas. Kue ini diberi tambahan keju diatasnya, membuat rasanya menjadi semakin lezat! Psstt, kue lapis talas ini mengalami inovasi dengan dibuat dalam beberapa varian rasa, seperti teh hijau keju, strawberry keju, dan chocovilla keju.

Komentar