bendera negara-negara ASEAN
06.Sep.2023

5 Fakta Menarik Tentang KTT ASEAN 2023


 

0
0
0

KTT ASEAN 2023 kembali digelar di Jakarta dari 5 – 7 September 2023. Ini sudah kelima kalinya Indonesia menjadi ketua penyelenggara konferensi yang diadakan sejak tahun 1976. Selain menjalin kerjasama dan mendiskusikan isu-isu yang relevan, ternyata ada banyak fakta-fakta menarik dari KTT ASEAN yang layak untuk diketahui.

Aladiners, yuk kita lihat fakta-fakta menarik tentang KTT ASEAN 2023 yang akan membawa kita mengingat kembali tentang latar belakang berdirinya asosiasi yang berhasil menyatukan negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini!

KTT ASEAN 2023 Sumber gambar: Shutterstock

Tema KTT ASEAN 2023

KTT ASEAN 2023 mengusung tema ASEAN MATTERS: Epicentrum of Growth dengan harapan ASEAN bisa menjadi kawasan yang memiliki peran penting untuk pusat pertumbuhan ekonomi regional dan global.

KTT ASEAN Diawali dari 4 Negara 

Dulu, Indonesia, Malaysia dan Filipina sempat bersitegang terkait pengaruh ideologi, tapi Thailand akhirnya berperan sebagai penengah. 

Tiga negara itu akhirnya berekonsiliasi lalu terbentuklah Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967 yang berisikan tujuan didirikannya ASEAN, yakni sebagai hubungan kerja sama antarnegara untuk bisa saling membantu, mendukung, dan memperkuat kawasan ASEAN hingga mewujudkan perdamaian di negara-negara kawasan Asia Tenggara. Bentuk kerja sama dalam KTT ASEAN meliputi bidang ekonomi, pendidikan, budaya, politik dan lainnya.

Baca juga: Yuk, Seru-seruan di Taman Bermain Negara-Negara ASEAN!

 

KTT ASEAN ke-43 Tahun 2023 diselenggarakan hingga tanggal 7 September

Sumber gambar: YouTube Sekretariat Presiden melalui detik.com

Luas Kawasan ASEAN Mencapai 5 Juta Kilometer

Anggota ASEAN terdiri dari 10 negara yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, Myanmar, Vietnam, Laos DPR, dan Kamboja. Jika negara-negara ASEAN digabungkan menjadi satu, dengan masing-masing luas negara di kawasan ASEAN, maka total kawasan mencapai 5.060.100 km persegi untuk wilayah perairan. Sementara luas total daratan di kawasan ASEAN kurang lebih mencapai 4.817.000 km persegi.

Pesona Negara-Negara ASEAN yang Memikat Dunia

ASEAN memiliki sejuta pesona yang mampu memikat siapa saja untuk datang. Sektor pariwisata tidak kalah penting untuk diangkat dalam pertemuan KTT ASEAN mengingat sektor ini dapat memberikan multiplier effect ke sektor lain khususnya pertumbuhan ekonomi. Menariknya lagi, sektor pariwisata di negara-negara ASEAN menyumbang angka Produk Domestik Bruto (PDB) lebih banyak dibandingkan sektor lainnya. Bisa dibilang, sektor pariwisata adalah nadinya perekonomian negara-negara ASEAN.

Di Indonesia sendiri sektor pariwisata yang paling memikat mata dunia adalah Bali, khususnya di Ubud Uluwatu dan Ubud Gianyar.

KTT ASEAN 2023 Diadakan 2 Kali

KTT ASEAN ke-42 sudah terlaksana di Labuan Bajo pada 9 – 11 Mei 2023. Alasannya karena banyak isu dan wacana yang harus dibahas dengan negara mitra seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Pertemuan ini juga jadi salah satu upaya Indonesia mengajak negara-negara lain untuk memaksimalkan fungsi ASEAN serta mempererat hubungan dan komunikasi.

Alasan lain KTT ASEAN 2023 diadakan dua kali karena dinilai jadi momentum Indonesia untuk memperlihatkan kemajuan pembangunan ekonomi yang mampu jadi daya tarik investasi asing. 

 

Baca juga: 6 Pulau Super Seru di Labuan Bajo

 

Sunset di Labuan Bajo Sumber gambar: Shutterstock

Hasil KTT ASEAN Ke-42 2023 di Labuan Bajo

KTT ke-42 ASEAN membagi dua pertemuan khusus negara-negara anggota dan negara-negara mitra. Pertemuan dengan negara-negara anggota di Labuan Bajo menghasilkan tiga kesepakatan:

  • Melindungi pekerja imigran dan menindak tegas pelaku kejahatan perdagangan manusia
  • Tidak menoleransi pencederaan terhadap nilai kemanusiaan terkait konflik Myanmar serta mendorong kesatuan ASEAN agar tidak mudah dipecah belah
  • Menguatkan kerja sama ekonomi di antaranya membangun ekosistem mobil listrik, memperkuat implementasi mata uang lokal, dan meningkatkan konektivitas pembayaran digital antarnegara.

 

Wah, hebat banget ya dampak KTT ASEAN buat Indonesia! Jadi makin penasaran sama Labuan Bajo yang jadi lokasi KTT ASEAN 2023 yang ke-42. Eksotisme Labuan Bajo selalu bikin orang takjub dan penasaran untuk mengunjungi dan membuktikan sendiri keindahannya.

Nah, bagi kamu yang ingin mewujudkan impian berlibur ke Destinasi Seribu Sunset, yuk rencanakan dari sekarang bersama Mister Aladin. Ada banyak penawaran menarik yang bisa kamu manfaatkan, salah satunya adalah tur dan aktivitas. Cek di sini, ya! 

 

Komentar