20.Jul.2020

5 Bandara Unik dan Ekstrim di Dunia. Berani Coba?


Melakukan perjalanan jauh emang paling enak kalau naik pesawat. Jarak tempuh yang singkat membuat traveler jadi lebih efisien melakukan perjalanannya. Kebayang dong kalau kita harus pergi ke pulau yang berbeda tapi lewat perjalanan darat. Pasti akan sangat merepotkan. Tapi gimana ya kalau bandara tempat kita naik dan turun dari pesawat berada di tempat-tempat yang nggak biasa? Nah berikut ini 5 bandara yang menurut Mister adalah bandara terunik di dunia.

0
0
0

 

1. Bandara Funchal di Pulau Madeira, Portugal

Cristiano Ronaldo gets airport named in his honour

Sumber gambar: https://www.theweek.in/content/archival/news/sports/cristiano-ronaldo-gets-airport-named-in-his-honour.html

Dibangun sejak 1964, bandara yang telah berganti nama menjadi Bandara Cristiano Ronaldo ini menjadi bandara terseram di dunia. Soalnya bandara ini memiliki landasan yang cukup pendek. Selain itu lokasinya yang berada di dekat tebing menjadi tantangan sendiri bagi pilot-pilot yang melakukan penerbangan di bandara ini. 

Aeroporto da Madeira considerado um dos “mais assustadores” do ...

Sumber gambar: https://espalhafactos.com/2014/05/23/aeroporto-da-madeira-como-um-dos-mais-assustadores-do-mundo/

Meski landasan pacu bandara ini cukup pendek, tapi bandara ini menjadi bandara tersibuk di Portugal. Bayangkan saja, rata-rata setiap tahunnya ada sekitar 2.5 juta penumpang mendarat di bandara ini, baik domestik maupun internasional. Tapi setelah terjadi kecelakaan pada 1980, bandara ini memperpanjang landasan pacunya di area pantai dengan ditopang pilar-pilar setinggi 50 meter. Uniknya, di bawah landasan pacu adalah jalan raya yang ramai oleh kendaraan.

 

2. Bandara Kansai di Pulau Reklamasi, Jepang

Japan's Floating Airports

Sumber gambar: https://www.tripsavvy.com/japans-floating-airports-3961623

Kalau bandara Funchal hanya menambah landasan pacu ke arah laut, Bandara Kansai di Jepang justru dibangun di atas laut. Tepatnya dibangun di atas tanah reklamasi, sehingga jika dilihat dari atas, maka bandara ini akan terlihat seperti mengapung.

Bandara Kansai menjadi bandara pertama yang dibangun di atas pulau reklamasi dengan panjang pulau 4 km dan lebarnya sekitar 2.4 km, dan menjadi salah satu bandara tersibuk di Jepang setelah melayani 25.2 juta penumpang pada 2016. Meski begitu, bukan berarti bandara ini tidak bermasalah.

Japan's Kansai Airport to Reopen Partially After Typhoon Damage ...

Sumber gambar: https://www.bloomberg.com/news/articles/2018-09-06/japan-s-kansai-airport-to-reopen-partially-after-typhoon-damage

Dibangun di atas tanah reklamasi membuat bandara ini rawan mengalami masalah, salah satunya adalah tenggelam dalam waktu yang tidak lama lagi. Bahkan pada 200, terminal 1 di bandara ini harus kebanjiran air laut setinggi 12 meter. Ngeri juga kan kalau kita mau mendarat tiba-tiba banjir setinggi itu.

 

3. Bandara Gibraltar

Cross the runway of Gibraltar airport - AmazingPlaces.com

Sumber gambar: https://www.amazingplaces.com/gibraltar/gibraltar-airport/

Bukan cuma kereta yang kalau mau lewat kendaraan lain harus berhenti dulu. Nah di bandara Gibraltar, kamu harus menghentikan kendaraan kamu dulu karena pesawat akan melintas di landasan pacu yang memotong jalan raya. Gimana? Ekstrim atau seru?

 

WAIS - World Association for International Studies

Sumber gambar: https://waisworld.org/go.jsp?id=02a&o=83637

Pembangunan landasan pacu yang memotong jalan raya ini karena keterbatasan lahan yang dimiliki wilayah Gibraltar. Maklum, luas wilayahnya hanya 6.8 km persegi. Ini membuat Gibraltar sebagai wilayah otonom Inggris harus memutar otak untuk bisa membuat bandara. Bandara yang dulunya digunakan sebagai bandara darurat kini menjadi bandara umum, dan kamu harus menunggu 10 menit jika ada pesawat yang akan melintas. Namun sejak saat ini jalan raya itu akan dialihkan ke terowongan di bawah landasan pacu yang masih dalam pembangunan

 

4. Bandara Congonhas di Sao Paulo, Brazil

Congonhas Airport, in Sao Paulo - Airway

Sumber gambar: https://www.airway1.com/if-survives-avianca-brasil-will-become-a-small-airline/congonhas-airport/

Kalau stasiun kereta adanya di tengah-tengah kota, itu biasa. Tapi kalau ada bandara di tengah kota? Ya cuma Brazil yang punya. Bandara Congonhas ini terletak di Sao Paulo yang lokasinya hanya 8 km dari pusat kota. Gedung-gedung pencakar langit pun berjajar rapi dan terlihat jelas dari bandara. Buruknya lagi, bandara yang hanya memiliki dua landasan pacu ini sangat berbahaya kalau musim hujan karena landasan pacu akan jadi licin. 

The Congonhas Airport is another one amazing airport in the world ...

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/405253666446212881/

Lokasinya yang dekat dengat pusat kota dan pemukiman warga juga menjadi satu masalah tersendiri. Kita tahu kalau pesawat lepas landas pasti mengeluarkan suara yang cukup keras. Jadi kalau kamu ada di kota ini, siap-siap aja denger suara pesawat terus ya.

 

5. Bandara Courchevel, Prancis

TBM on Twitter: "Daher TBM at Courchevel Airport on the ski resort ...

Sumber gambar: https://twitter.com/flytbm/status/937426396590338048

Kalau kamu penggemar film James Bond pasti tahu sama bandara ekstrim satu ini. Bandara yang terletak di ketinggian 2.000 meter ini adalah Bandara Courchevel. Bandara ini menjadi bandara paling ekstrim karena hanya memiliki landasan pacu dengan panjang 537 meter. Sangat pendek dibandingkan bandara pada umumnya.

The glamorous options of Courchevel -The Hotel Specialist

Sumber gambar: https://www.thehotelspecialist.it/the-glamorous-options-of-courchevel/

Selain berada di ketinggian, bandara ini juga sangat curam dengan tingkat kecuraman mencapai 18.66 persen. Bukan hanya itu, landasan pacu di bandara ini juga sangat licin karena tertutup salju, ditambah dengan pencahayaan yang kurang akibat tertutup embun. Pilot harus ekstra hati-hati kalau ingin mendarat atau lepas landas. Tapi kerennya, sampai saat ini belum ada laporan kecelakaan fatal yang memakan banyak korban di bandara ini.

Komentar