05.Oct.2022

11 Museum Terpopuler di Indonesia


 

0
0
0

Museum Terpopuler di Indonesia - Kamu bingung sama aktivitas liburan mau ke mana aja? Udah bosen juga sama suasana mall dan pengen nyari suasana liburan yang baru? Yuk, cobain jalan-jalan ke museum. Di Indoensia ada banyak sekali museum, mulai dari museum yang tertua sampai museum kekinian yang instagrammable. Yuk, explore aktivitas wisatamu bareng Mister lewat beberapa rekomendasi museum terpopuler di Indonesia.

11 Museum Terpopuler di Indonesia

  1. Musuem Fatahillah

Sumber gambar: shutterstock

Museum Fatahillah merupakan salah satu tempat bersejarah yang menyimpan benda-benda bersejarah ini diresmikan sejak tahun 1974. Saat masuk ke Museum Fatahillah pasti akan melihat berbagai peninggalan, termasuk dari Kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran. Selain itu, Museum Fatahillah memperlihatkan berbagai perabotan dari zaman penjajahan yang bisa menjadi memperkaya ilmu sejarah. Setiap ruangan memiliki banyak nilai sejarah, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Jayakarta, Ruang Tarumanegara hingga Ruang Fatahillah.

 

  1. Museum Bahari

Sumber gambar: shutterstock

Museum terpopuler satu ini mulanya dikenal sebagai gudang rempah yang telah dibangun pada tahun 1652. Pada tahun 1977, pemerintah DKI Jakarta melakukan renovasi dan meresmikannya menjadi museum bersejarah. Museum ini menyediakan barang-barang bersejarah yang berhubungan dengan sejarah kelautan Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Bisa dibilang koleksi di dalam Museum Bahari memang cukup lengkap, antara lain peta, perahu hingga alat navigasi pada zaman dahulu. Koleksi yang cukup terkenal di dalam museum bersejarah ini yakni perahu Jukung Karere dari Papua.

 

  1. Museum Wayang

Sumber gambar: shutterstock

Museum yang terletak di daerah Jakarta Barat ini sudah ada sejak tahun 1640. Hanya saja baru diresmikan sebagai museum pada tahun 1975 oleh Gubernur Jakarta, Ali Sadikin. Wisatawan di Museum Wayang akan diajak untuk mengenal berbagai karakter, sikap maupun perilaku lakon dari berbagai daerah melalui tampilan wayang yang mempunyai bobot yang luhur dan tinggi nilainya dalam budaya kita dengan menyaksikan sejumlah koleksi wayang, seperti wayang kulit, wayang golek, patung wayang, topeng wayang, wayang beber, wayang kaca, gamelan, serta lukisan-lukisan wayang. Museum Wayang menampilkan pula berbagai koleksi wayang dan boneka dari negara-negara sahabat diantaranya Malaysia, Thailand, Surinama, Cina, Vietnam, Perancis, Rusia, Polandia, India, dan Kamboja.

 

BACA JUGA: 10 Museum Terunik di Indonesia

 

  1. Museum Nasional Indonesia

Sumber gambar: shutterstock

Museum memiliki keunikan yaitu pada halaman depan museum, yaitu Patung Gajah berbahan perungu. Patung Gajah tersebut adalah penanda bagi museum yang menyimpan begitu banyak sejarah bangsa Indonesia. Museum Nasional Indonesia bisa disebut juga dengan Gedung Arca, karena di dalam museum terdapat banyak jenis dan bentuk arca yang berasal dari berbagai periode. Benda yang berada di dalam museum terdapat Arca Kuno, Prasasti, Alat Musik, Perhiasan, Baju, Topeng, Wayang, Kendi, Piring, Mangkuk, Botol, Guci (terbuat dari keramik porselin), Lukisan-Lukisan, dan Miniatur-miniatur yang dimana setiap benda-benda kuno berasal dari seluruh Nusantara.

 

  1.  Museum Angkut

Sumber gambar: shutterstock

Musuem terpopuler di Indonesia satu ini merupakan incaran wisatawan lokal maupun mancanegara. Sejak kehadirannya pada 9 Maret 2014, hingga kini Museum Angkut memiliki lebih dari 500 koleksi yang terdiri dari transportasi tradisional dan transportasi modern. Mulai dari mobil, motor, hingga pesawat. Selain memiliki beragam koleksi mobil, Museum Angkut juga menghadirkan lanskap perkotaan yang menarik. Lanskap perkotaan tersebut hadir dalam Zona Uni Eropa (Inggris, Jerman, Italia, dan Perancis), Zona Amerika yang meliputi Las Vegas dan Hollywood, hingga lanskap China Town, Sunda Kelapa, dan Batavia.

 

  1. Museum Blanco Renaissance

Sumber gambar: shutterstock

Museum populer di Indonesia yang berlokasi di Bali ini didirikan oleh Antonio Blanco. Blanco merupakan seorang pelukis yang keturunan Amerika dan Spanyol ini lahir di Manilla, Filipina. Di Museum ini kamu bisa menemukan sejarah perjalanan seni Antonio Blanco, serta studio, galeri, toko souvenir, perpustakaan, kafe, dan kuil keluarga Blanco. Museum ini berada di atas bukit dengan udara yang sangat sejuk khas daerah Ubud sehingga kamu bisa menyegarkan diri sambil melihat karya seni. Dilihat dari bangunannya merupakan perpaduan antara Bali dan juga Spanyol. Pada bangunan utama, kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam lukisan Blanco yang memperlihatkan lekukan tubuh wanita. Sementara di luar terdapat kolase lukisan sekitar tahun 60an.

 

  1. Museum Siwalima

Sumber gambar: beritabeta.com

Di tempat ini tersimpan segala hal yang berkaitan erat dengan kebudayaan Maluku. Mulai dari bangunan asli Maluku, pakaian adat, alat-alat pertanian, senjata, perlengkapan upacara adat, uang lama, hingga berbagai guci pada masa penjajahan Jepang. Semua benda-benda tersebut terawat baik di Museum Siwalima.

 

  1. Museum Geologi

Sumber gambar: shutterstock

Museum ini memperlihatkan secara langsung fosil-fosil sejarah pada zaman purba serta semua hal yang berkaitan dengan geologi (ilmu yang mempelajari tentang bumi). Di museum ini kamu dapat menemu ruang geologi Indonesia, ruang sejarah kehidupan, ruang sumber daya geologi, ruang manfaat dan bencana geologi, ruang dokumentasi koleksi. Terdapat juga ragam wisata seru yang bisa kamu coba, mulai dari night at the museum, 3d museum, dan penggalian fosil. Keren kan? Yuk, main ke sini.

 

BACA JUGA: Wisata Sejarah Museum Tsunami Aceh

 

  1. MojA Museum

Sumber gambar: photo.sindonews.com

MojA museum merupakan salah satu meseum art di Jakarta yang mampu menarik daya pikat masyarakat yang cukup besar.  Bagaimana tidak, museum ini menyajikan berbagai spot foto yang eye catching dan cocok bagi kamu para pemburu konten. MojA museum terdapat spot foto dengan tema cinema art atau perpaduan antara seni dan movie dengan konsep ruangan yang unik dan sangat instagrammable tentunya.

 

  1. Musuem Macan

Sumber gambar: shutterstock

Museum Macan merupakan salah satu museum art di Jakarta yang sangat hits. Museum pertama di Indonesia ini memiliki koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia serta Internasional.  Karya seni yang berada di dalam museum dikumpulkan oleh kolektor seni terkenal Indonesia, Haryanto Adikoesoemo. Bagi pengunjung yang gemar swafoto, tidak direkomendasikan untuk membawa kamera digital, kamera analog ataupun tripod. Dan lebih baik menggunakan kamera gawai dengan resolusi kamera yang baik, untuk menghasilkan gambar yang jernih.

 

  1. Galeri Nasional Indonesia

Sumber gambar: shutterstock

Galeri ini dijadikan sebagai museum seni rupa modern dan kontemporer.  Di sini terdapat banyak gedung yang memiliki fungsi untuk tempat mengadakan pameran dan perhelatan seni rupa Indonesia dan mancanegara. Banyak sekali karya seni seperti patung ataupun lukisan estetik di sini, yang bisa digunakan sebagai salah satu latar foto instagrammable di sosial media.

 

Kamu bisa memenuhi segala keperluan liburanmu di Mister Aladin. Mulai dari tiket pesawat domestik, tiket pesawat internasional, tiket kereta, hotel, sampai dengan tur dan aktivitas. Kamu bisa download aplikasi Mister Aladin di Google Play atau App Store maupun di website resminya di https://www.misteraladin.com/.

 

BACA JUGA: Museum dan Artspace Instagrammable di Jakarta

Komentar

Tinggalkan Komentar: