08.Aug.2022

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Enak di Bandung


 

0
0
0

Bandung terkenal sebagai salah satu daerah yang kerap menjadi destinasi bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu libur. Bukan hanya seblak saja yang bisa kamu temui di Bandung, tapi Bandung juga punya banyak tempat makan enak yang wajib kamu kunjungi. Sate contohnya. Dari sekian banyak tempat makan sate di Bandung, ada beberapa tempat makan yang bisa dibilang legendaris karena sudah bertahan puluhan tahun lamanya. Apa aja tuh Mister? Berikut, rekomendasi pilihan tempat makan sate enak di Bandung.

 

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Enak di Bandung

  1. Sate Hadori

Sumber gambar: KSMTour.com

Rumah makan sate kambing ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1940. Presiden Joko Widodo pernah bersantap di sini. Keistimewaan sate kambing di sini adalah satenya dijamin empuk. Potongan daging dan lemaknya juga besar-besar. keempukan daging sate di sini karena mereka memakai kambing betina usia 1-1,5 tahun. Potongan daging yang dipakai adalah daging paha belakang yang memang lebih empuk dibanding paha depan. Sate kambing di sajikan dengan pelengkap sambal kecap dengan irisan bawang merah, cabe dan bumbu kacang.

 

  1. Sate Kardjan

Sumber gambar: restaurantguru.com

Sate Kardjan sendiri sudah berdiri sejak tahun1925.  Berawal dari Klaten, Jawa Tengah, di tahun 1960, Sate Kardjan memutuskan untuk hijrah ke Bandung. Sate Kardjan merupakan destinasi makan sate enak yang masuk dalam jajaran warung sate paling legendaris di Bandung. Lokasi tepatnya di Jalan Pasir Kaliki Nomor 32. Sate ini dibuat dari cincangan daging kambing segar ini dibungkus lemak tipis kemudian dibakar sampai matang. Sate ini dicocol dengan sambal kecap dengan potongan tomat dan kol segar. Tidak hanya sate buntelnya yang populer, Sate Kardjan ini juga menyediakan menu sate kambing, sate ayam, aneka gule, tongseng, dan tengkleng.

 

  1. Sate Jando Gasibu

Sumber gambar: headtopics.com

Istilah sate jando dikarenakan sate ini menggunakan lemak atau gajih sebagai bahan utamanya. Lemak tersebut dibakar hingga matang, tapi kemudian disajikan bersama dengan saus kacang yang lezat. Kamu dapat mengunjungi warung sate yang satu ini di Jalan Hayam Wuruk, Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat. Harga menunya untuk per 10 tusuk Rp 23.000 - Rp 30.000 saja! Yuk, buruan Cobain!

 

BACA JUGA: Sate Jando Khas Bandung Paling Legendaris

 

 

  1. Sate Maulana Yusuf

Sumber gambar: pergikuliner.com

Warung sate yang satu ini berada di Jalan Maulana Yusuf Nomor 19, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Sate Maulana Yusuf menyajikan sate dengan tekstur daging yang empuk dan cita rasa bumbu yang meresap hingga ke dalam daging. Adanya guyuran saus kacang juga menambah kelezatan yang ditawarkan. Sudah berdiri sejak tahun 1980an, Anda bisa memilih berbagai macam jenis sate, seperti sate kambing, sate sapi atau sate ayam.

 

  1. Sate Sidareja Pak Gino

Sumber gambar: detik.food.com

Tempat makan sate ini Warung sate yang satu ini terletak di Jalan Sunda Nomor 76, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Sosok pendirinya adalah Pak Gino sendiri yang sudah berjualan sejak 1978. Di sini, tersedia beberapa menu yang menarik untuk dicoba seperti sate kambing, tongseng kambing, sop kambing, dan masih banyak lagi. Sate yang satu ini dikenal menyajikan daging selap gajih yang empuk dan cita rasa bumbu kacangnya yang lezat.

 

  1. Sate HM Harris

Sumber gambar: perguikuliner.com

Lokasi Sate HM Harris ini berada di Jalan Asia Afrika Nomor 155. Menempati bangunan cagar budaya, tempat makan sate ini menjadi keharusan lho untuk dicoba. Presiden Joko Widodo pun pernah memesan sampai 700 tusuk sate. Rumah makan yang berdiri sejak 1974 ini menyajikan sate di hot plate sehingga kehangatannya tetap terjaga sampai di meja pengunjung. Tekstur daging kambingnya empuk, tanpa aroma dan rasa prengus. Untuk pendampingnya ada dua jenis sambal yaitu sambal kacang dan sambal kecap dengan irisan tomat dan bawang merah segar. Beragam pilihan menu di sini adalah sate kambing campur lemak, sate kambing polos, sate ati, sate ginjal, dan sate ayam. Ada juga gule kambing yang jadi favorit pengunjung.

 

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Sate Maranggi di Purwakarta

 

  1. Sate Anggrek H. Ahmad Nawawi

Sumber gambar: pergikuliner.com

Sate Anggrek ini sudah berdiri sejak tahun 1945 yang lalu. Tempat makan di Bandung satu ini terkenal enak karena menjajakan sate dengan potongan daging yang tebal dan bumbu kacang yang nikmat. Terdapat juga beberapa pilihan daging yakni daging ayam, daging kambing, dan juga daging sapi sebagai bahan utama pembuatan sate.

 

  1. Sate Jando Mandiri

Sumber gambar: myeatandtravelstory.wordpress.com

Sate Jando Cimandiri ini memiliki keunikan tersendiri yaitu pilihan isian lemak susu sapi. Bumbu satenya juga terasa sangat spesial karena menggunakan kacang yang tidak dihancurkan halus. Kuliner kaki lima di Bandung ini terbukti memiliki banyak penggemar, lho. Warung ini sudah ada sejak tahun 1980-an, mulai dari menjajakannya secara pikulan alias berkeliling. Tokoh politik, Ridwan Kamil pernah berkunjung ke warung ini, lho. Jika mau berkunjung mencoba sate ini, lokasinya ada di Jl. Hayam Wuruk No.30, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

 

  1. Sate Tegal Marem

Sumber gambar: restaurantguru.com

Warung sate ini berada di Jalan Doktor Setiabudi nomor 136, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Gak cuma sate, kamu juga dapat mencoba berbagai menu lainnya seperti gule dan tongseng. Kambing guling juga menjadi salah satu menu andalan yang wajib kamu coba. Potongan steak kambing yang dibakar medium-well dengan tambahan bumbu sate dijamin akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

 

  1. Sate Leman’s

Sumber gambar: restaurantguru.com

Sate yang terakhir adalah Sate Leman's yang sudah ada sejak 1985. Lokasinya berada kawasan Buah Batu dan Lodaya. Meski terlihat sederhana, namun peminatnya tak pernah sepi dan selalu ramai pembeli. Sate di sini disukai karena empuk dan bebas bau prengus. Sate dihidangkan di hot plate untuk menjaga kehangatannya. Di sini kamu juga akan diberi pelengkap acar yang terdiri dari irisan cabai rawit, cabai merah, dan bawang merah segar. Selain sate kambing, di sini juga tersedia gulai kambing, tongseng kambing, sate sapi, sate ayam, dan sop buntut.

 

BACA JUGA: 10 Destinasi Wisata Pangalengan Bandung Paling Hits dan Terbaru

Komentar