27.Jun.2023

Yummy! Ini 10 Makanan Khas saat Iduladha


 

0
0
0

Makanan Spesial Iduladha - Hai Aladiners! Kalau membahas Iduladha, kira-kira apa yang ada di top of mind kamu? Lebaran haji? Potong kambing/sapi? Sate? Gulai? Yap, betul semua! Karena selain makna spiritual dan relijiusnya, baik Idulfitri maupun Iduladha, juga identik dengan makanan-makanan khas yang bikin lidah bergoyang. Berikut 10 makanan khas yang biasa disajikan saat Iduladha: 

1. Rendang

Sumber gambar: Shutterstock

Makanan asal Sumatra Barat ini memang jadi favorit se-Indonesia. Bahkan dunia internasional pun mengakui kelezatannya dengan memasukkannya dalam daftar World's 50 Most Delicious Food oleh CNN pada tahun 2011. Tidak heran jika rendang selalu disajikan saat hari raya umat muslim seperti Idulfitri atau Iduladha. 

2. Sate

Sumber gambar: Shutterstock

Sayang-sayang daging kurban kalau nggak diolah jadi makanan! Biasanya hewan kurban saat Iduladha itu kambing atau sapi, dan dua-duanya enak dibuat sate. Cara membuatnya juga cukup mudah: bakar daging kambing/sapi yang sebelumnya sudah direndam bumbu hingga matang, kemudian sajikan dengan bumbu kecap atau bumbu kacang. Siap disantap, deh!

3. Soto Daging

Sumber gambar: Shutterstock

Kalau mau makanan yang berkuah tapi tidak mengandung santan, kamu bisa coba masak soto daging. Biar lebih sedap, tambahin irisan kentang, wortel, buncis, kubis, tomat, daun seledri, dan bahan-bahan lainnya sesuai selera. Kalau dirasa kurang gurih, kamu bisa tambahin tulang sumsum atau tetelan. Dijamin lebih mantap rasanya!

4. Kambing Oven

Sumber gambar: Shutterstock

Mau cari alternatif olahan daging kambing selain sate? Coba kambing oven, deh. Tapi harus ada oven dulu ya di rumah, he he. Cara membuat olahan kambing dari negeri piramid ini cukup mudah: oleskan bumbu pada permukaan daging kambing hingga rata, lalu panggang kambing dalam suhu 200 derajat celcius hingga matang selama 45 menit. Setelah matang, kamu harus pastikan dengan menusuk-nusuk dagingnya pakai garpu. Kalau sudah empuk berarti memang sudah matang dan siap disajikan. 

 

Baca juga8 Tradisi Iduladha di Indonesia, Ada Manten Sapi Juga!

5. Tengkleng

Sumber gambar: Shutterstock

Masakan khas Solo ini agak mirip sama gulai, tapi bedanya kuah tengkleng lebih encer. Bahan-bahan tengkleng terdiri dari daging dan jeroan kambing dengan kuah santan beraroma rempah. Hmm.. kurang menggoda apa tuh? Eh, tunggu dulu, biar lebih sedap, makan tengkleng biasanya ditemenin nasi panas dan sate. Wuuih, lezatnya juara!

6. Tongseng

Sumber gambar: Shutterstock

Mirip juga sama gulai, tapi bumbunya pakai bumbu rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, pala, daun jeruk, batang serai, dan lain-lain. Biar tambah bervariasi kamu bisa nambahin sayuran seperti kubis, kol, tomat, daun bawang, serta bawang goreng biar rasanya gurih. 

 

7. Semur

Sumber gambar: Shutterstock

Yang suka manis dan berkuah, ngacung! Nah, jangan sampai kamu belum pernah cobain semur, ya. Masakan olahan daging khas Betawi ini warna khasnya hitam pekat, karena menggunakan kecap pada kuahnya. Selain kecap, semur juga menggunakan bumbu rempah dan bahan utamanya bisa bukan berupa daging, tapi bisa tahu, tempe, telur, dan lain-lain. 

 

8. Rawon

Sumber gambar: Shutterstock

Makanan yang satu ini juga warna dagingnya hitam pekat, tapi tidak manis karena bukan berasal dari kecap, melainkan dari buah kluwek. Dan masakan khas Jawa Timur ini juga berbumbu rempah-rempah seperti bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, daun jeruk, dan daun salam. Biasanya, untuk melengkapi kelezatan rawon, kamu bisa menambahkannya dengan tauge, telur asin, kerupuk. 

 

Baca jugaRekomendasi Olahan Daging Kurban, Bukan Cuma Jadi Sate!

9. Nasi Kebuli

Sumber gambar: Shutterstock

Seperti kambing oven, nasi kebuli adalah makanan yang berasal dari kawasan Timur Tengah. Untuk membuat makanan ini, kamu harus menanak nasi beserta kaldu dan susu kambing hingga setengah matang. Setelah itu, tumis daging kambing dan campurkan dalam nasi beserta racikan bumbu rempah yang telah dihaluskan, sampai nasi menjadi matang. Bumbu yang digunakan dalam memasak nasi kebuli adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, pala, kapulaga, kayu manis, dan lain-lain. Kalau kamu suka kismis, bisa juga taburin kismis di atas nasinya!

10. Gulai 

Sumber gambar: Shutterstock

Gulai=gule. Bener nggak? Eh, ternyata beda lho! Gulai itu asalnya dari Sumatra, sedangkan gule lebih dikenal di masyarakat Jawa. Dan bumbu masing-masing masakan ini juga berbeda. Ciri khas gulai adalah warna kuahnya yang kuning dan kental, karena berasal dari berbagai macam bumbu seperti kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, adas, pala, serai, jintan, serta kayu manis.

 

Baca jugaDemi Merayakan Iduladha, Negara-negara Ini Libur Panjang, Lho!

Komentar

Tinggalkan Komentar: