14.Sep.2021

Mengenal Lebih Dekat 5 Jenis Kue Tradisional Khas Indonesia


Indonesia terkenal akan sejuta keberagaman. Keberagaman ini berpadu menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga membentuk harmoni bagi setiap warga negaranya. Salah satu keberagaman ini dapat kita lihat dari jajanan tradisional yang sering kita jumpai disetiap lapisan masyarakat. Kue tradisional khas Indonesia ini beragam jenisnya, baik dari segi rasa, tekstur, bentuk, dan warnanya. Berikut 5 jenis kue jajanan tradisional khas Indonesia, sudah pernah coba?

0
0
0

Ilustrasi kue cucur
Sumber: Shutterstock

Kue Cucur
Kue cucur merupakan salah satu jenis kue jajanan pasar khas daerah Betawi. Kue ini terbuat dari gula jawa dan tepung beras yang kemudian digoreng. Tekstur kue ini berongga dan tebal karena menggembung di bagian tengah  dengan bagian pinggir tipis. Seiring berkembangnya waktu, kue cucur dimodifikasi dengan campuran ekstrak pandan sehingga cucur yang dihasilkan berwarna hijau muda. Kue cucur biasa dimakan pada saat pagi hari ditemani teh atau kopi.

https: img.okezone.com content 2020 07 22 298 2250134 ramai-klepon-tidak-islami-intip-resep-membuat-klepon-yang-enak-yuk-3fJsVoukJO.jpg

Sumber: @kenyangmakan/Instagram

Klepon
Klepon adalah makanan khas Jawa yang biasa dimakan sebagai makanan penutup. Makanan unik berwarna hijau ini terbuat dari tepung beras ketan, sari daun pandan, dan diberi isian gula jawa. Makanan ini bertekstur kenyal dan berbentuk bulat dengan baluran taburan kelapa parut, yang ketika digigit Anda akan merasakan kejutan dari gula jawa yang mencair.

Resep Nagasari Pisang Tepung Beras yang Lembut Legit

Sumber:  Shutterstock

Nagasari
Nagasari biasa disebut nogosari dalam bahasa Jawa. Makanan ini terbuat dari campuran tepung beras, tepung sagu, santan dan gula. Setelah dicampur, lalu dibuat menjadi adonan yang legket dan kental kemudian diisi pisang. Biasanya, nagasari dibungkus dalam bungkusan daun pisang untuk mendapatkan aroma yang lebih khas dan otentik.

ilustrasi dadar gulung pandan.

Sumber: Shutterstock

Dadar Gulung
Dadar gulung merupakan jajanan khas Indonesia yang terbuat dari terigu yang dilarutkan oleh sari pandan kemudian di dadar tipis-tipis dan digulung dengan isian kelapa. Kelapa tersebut diparut dan dicampur dengan gula merah.

 Cara Membuat Bika Ambon khas Medan Lembut di Mulut : Okezone Lifestyle

Sumber: @namaku.cyn/Instagram

Bika Ambon
Makanan ini sering salah pengertian, orang-orang mengira makanan ini berasal dari Ambon. Padahal, makanan berwarna kuning bertekstur legit ini berasal dari kota Medan. Cita rasa yang khas dari bika ambon paling pas menemani Aladiners saat ngopi atau ngeteh di pagi dan sore hari.

 

Komentar