17.Oct.2023

Seremmm!!! 11 Tempat Wisata Angker di Banyuwangi


 

0
0
0

Wisata angker di Banyuwangi menjadi tujuan wisata bagi sebagian orang yang menyukai tempat bersejarah yang terkenal dengan hawa mistisnya dan cerita horornya. Bahkan, Banyuwangi atau The Sunrise of Java ini dulunya dijuluki Kota Santet. Penasaran sama tempat wisata angker di Banyuwangi? Simak rekomendasinya dibawah ini, ya!

11 Wisata Angker di Banyuwangi

  1. Pulau Merah

Sumber gambar: wikipedia

Pulau ini memiliki daya tarik magis tersendiri seperti yang dikisahkan misteri bergesernya Pulau Merah ini. Para warga mempercayai bahwa tempat wisata horor Banyuwangi ini bisa bergeser. Fenomena kejadian ini berlangsung pada saat tsunami yang terjadi di kabupaten ini pada 1994. Sampai saat ini, kejadian itulah yang membuat pantai dari pulau ini sering digunakan untuk sesaji laut.

 

  1. Keraton Macan Putih

Sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Wisata mistis satu ini Bernama Keraton Macan Putih? Hah, kenapa namanya Macan Putih tuh Mister? Jadi, keraton ini didirikan oleh Prabu Tawan Alun dan dianggap sakral oleh warga sekitar. Para warga mempunyai kepercayaan bahwa Keraton Macan Putih merupakan tempat di mana Prabu Tawang Alun menghilang jasadnya dan kembali ke Tuhan atau biasa juga disebut dengan muksa. 

Menurut cerita setempat, katanya keraton ini ada penjaganya, lho. Penjaganya merupakan makhluk astral berupa macan putih yang berasal dari hutan Gunung Raung dan bertugas sebagai pengawal gaib Raja Tawang Alun. Ya ampun, Mister jadi merinding deh.

 

  1. Goa Istana

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Goa istana bukan seperti yang pada umumnya digambarkan yaitu tempat berbentuk istana megah yang seperti di dongeng-dongeng ya. Tapi, goa ini dipercaya menjadi pusat dari Alas Purwo. Goa Istana ini dianggap sebagai keraton dari sebuah kerajaan Alas Purwo.

Tempat ini dipercaya banyak orang bahwa dijaga oleh makhluk dari bangsa jin. Oh iya, katanya juga Bung Karno pernah bersemedi untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul di tempat ini, lho. Coba aja bayangin semenegangkan apa suasana di sana!

 

BACA JUGA: Pertunjukan Tari Seblang Asal Banyuwangi Ini Mengandung Unsur Mistis. Awas Merinding!

 

  1. Pantai Boom

Sumber gambar: Native Indonesia

Dulunya, Pantai Boom merupakan pelabuhan utama di Banyuwangi. Tapi oh tapi, di tempat ini juga pernah terjadi tragedi yang mengerikan yaitu tragedi INKAI. Tragedi ini memakan banyak korban, penyebabnya, adalah air laut tiba-tiba memunculkan gelombang besar. Gak cuma itu, kejadian ini juga menyeret karateka yang sedang latihan di laut.

Rumor yang beredar dulunya Pantai Boom merupakan dapur dari kerajaan besar dan pusat dari kerajaan jin yang berada di Alas Purwo Banyuwangi. Sehingga, tidak salah Pantai Boom dulunya menjadi salah satu tempat wisata angker dan mistis di Kabupaten Banyuwangi.

 

  1. Pantai Watu Dodol

Sumber gambar: Indonesia Kaya

Cerita mengenai misteri Watu Dodol sudah sangat melegenda di Bumi Blambangan. Nama Watu Dodol sendiri diambil dari sebongkah batu yang ada di tengah jalur darat yang menghubungkan dua kabupaten ini. Batu ini menjulang setinggi kurang lebih 10 meter, dengan permukaan batuan keras.

Watu Dodol juga mempunyai daya mistis tersendiri, karena disana juga terdapat patung gandrung yang menjadi ikon Kabupaten Banyuwangi. Konon katanya, patung gandrung ini mampu menari dengan sendirinya sembari merubah-rubah mimik wajahnya.

 

  1. Asrama Inggrisan

Sumber gambar: hello-ujus.blogspot.com

Wisata mistis ini merupakan bekas rumah sakit yang letaknya ada di depan gazebo Blambangan. Katanya, tempat ini menyimoan masa lalu sejarah yang kelam. Tempat wisata mistis asrama Inggrisan ini pernah dijadikan lokasi pembantaian pada zaman Belanda. Jika malam telah tiba sering terdengar suara jeritan-jeritan minta tolong dan katanya sering terjadi penampakan seorang noni Belanda yang berlalu lalang di sekitar Asrama Inggrisan ini.

 

  1. Rowo Bayu

7 Fakta Wisata Rowo Bayu yang Dikaitkan KKN Desa Penari Sumber gambar: Instagram @iloverowobayu yang diambil dari popbela.com

Rowo Bayu merupakan lokasi yang sunyi yang kaya akan cerita misteri. Di tempat inilah awal mula Kabupaten Banyuwangi lahir pada 18 Desember 1771. Kawasan ini dulunya menjadi saksi sejarah dimana terjadi pertempuran antara kerajaan Blambangan dan Belanda. Dengan kesaktian para patih-patih raja dan rakyat Blambangan, perang ini kemudian dimenangkan kerajaan Blambangan.

Banyak korban yang berjatuhan, membuat rowo ini dipercaya menjadi hunian makhluk halus. Salah satu sosok yang menjaga Rowo Bayu dinamakan Nyai Resek. Wujud Bu Nyai Resek sendiri mempunyai wajah yang cantik dan juga bijaksana. Di sekelilingnya dijaga oleh prajurit-prajurit dan sosok perempuan-perempuan yang lain.Tak heran jika Rowo Bayu pernah memakan tumbal seorang anak yang mandi di sekitar rawa.

 

BACA JUGA: Mitos Dibalik Tenangnya Rawa Bayu di Banyuwangi

 

  1. Alas Gumitir

Sumber gambar: jatim.liputan6.com

Di wisata ini, ada patung penari Gandrung yang letaknya di pelataran taman. Kejadian mistis nan seram yang sering terjadi adalah patung tersebut bisa bergerak dengan sendirinya. Banyak yang percaya bahwa patung ini juga dijaga oleh makhluk tak kasat mata.

 

  1. Alas Purwo

Sumber gambar: Hipwee

Tempat wisata angker di Banyuwangi ini merupakan tempat yang dikenal dengan hutan terangker dan menjadi misteri yang tak terpecahkan hingga saat ini. Namun, sesepuh warga setempat percaya bahwa Alas Purwo adalah tempat berkumpulnya jin seantero nusantara.

 

  1. Pabrik Saranite

Tempat wisata angker di Banyuwangi ini sudah dinyatakan tidak beroperasi lagi. Hal ini dikarenakan sering terjadi hal-hal aneh, seperti kejadian baru-bari ini yang mana ada kapal baru yang tiba-tiba berada di dermaga, padahal tidak ada yang memindahkan. Kapal tersebut pindah sendiri karena belum diadakan acara syukuran. Di pabrik ini juga terdapat sebuah cerobong asap yang katanya menjadi sangkarnya seekor naga besar. Takut banget sih ini, seremm!!

 

  1. Rumah Sakit Inggris Banyuwangi

[caption id="" align="alignnone" width="1265"]KSAD Beri Lampu Hijau, Kawasan Inggrisan Banyuwangi Disulap Jadi Wisata Sejarah Sumber gambar: tvonenews.com [/caption]

Rumah Sakit ini menjadi saksi bisu di mana Belanda melakukan pembantaian saat itu.  Warga sekitar pun menganggap tempat ini angker mereka sering mendengar suara jeritan minta tolong dan melihat penampakan noni Belanda di tempat tersebut.

Nah itu dia destinasi wisata yang terkenal angker di Banyuwangi. Kalau Aladiners ada yang pemberani dan ingin menjajal pengalaman baru dengan wisata ke sana mending rencanain dari sekarang. Pesan segala kebutuhan perjalananmu bersama Mister Aladin, mulai dari tiket pesawat, kereta, hotel, maupun tur dan aktivitas pilihan terbaik.

 

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Wisata Pantai di Banyuwangi yang Eksotis

Komentar