22.Jan.2020

Yu Sheng, Makanan Unik Khas Imlek yang Lezat dan Membawa Hoki


Makanan unik khas Imlek apa yang paling kamu tunggu? Ayam kodok, moon cake, kue keranjang, atau jiao zi? Eits, udah tahu belum ada makanan khas imlek yang tentunya nggak boleh luput dari perayaan Imlek, Apa itu? Namanya, Yu Sheng.

0
0
0

Yup, Yu Sheng berasal dari kata “Yu” yang berarti ikan dan “Sheng” berarti mentah. Yu Sheng bisa dibilang saladnya masyarakat Tionghoa, biasanya disantap dalam perayaan Imlek. Seperti namanya, Yu Sheng terdiri dari ikan segar dengan campuran berbagai sayuran yang diiris tipis, seperti wortel, lobak putih, lobak hijau, kacang tanah. Selain itu tambahan lainnya ada jeruk bali atau jus lemon . Daging ikan yang dipakai adalah ikan tuna atau ikan salmon yang sudah direndam bumbu merica, minyak wijen, dan minyak goreng.

Sumber foto: https://www.nyonyacooking.com/recipes/yu-sheng-prosperity-raw-fish-salad~rk-AwvoDf5ZQ

Dalam pengertian aksara Tionghoa, Yu Sheng bisa diartikan sebagai peningkatan dan kelimpahan harta atau keberuntungan. Jika menyantap Yu Sheng di tahun baru, orang keturunan Tionghoa percaya bahwa hidup mereka akan selalu diberi kemakmuran dan keberuntungan di tahun baru nanti.

Makanan Unik Khas Imlek yang Penuh Makna

Sumber foto: https://gninethree.com/2015/02/10/cny-15-toss-prosperity-din-tai-fungs-chinese-new-year-delights/

Uniknya, sebelum menikmati Yu Sheng, ada tradisi atau ritual yang harus dilakukan. Pertama-tama seluruh anggota keluarga berkumpul mengelilingi piring. Saat mencampur Yu Sheng ada urutannya, lho. Seperti jeruk diperas di atas ikan, kemudian ikan ditata di atas wortel. Kemudian saus dituangkan dengan cara diputar agar seluruh keluarga terpenuhi keberkahannya.

Setelah itu, dimulai deh Lo Hei, yaitu tradisi mengaduk dan mengangkat Yu Sheng tinggi-tinggi menggunakan sumpit. Semua anggota duduk di depan meja dan bersiap memegang sumpit masing-masing. Lalu mengambil sayuran di piring dan mengaduk juga mengangkat setinggi-tingginya dengan sumpit. Semua anggota keluarga melakukan ini sambil mengucapkan “Lo hei.. Lo hei..”.

Sumber foto: https://www.silverkris.com/things-to-know-yu-sheng/

Semakin tinggi sayuran yang diangkat, maka dipercaya akan semakin banyak rezeki dan harapan yang terkabul di tahun  baru kali ini. Tradisi ini akan menambah tawa hangat ketika menikmati Yu Sheng bareng keluarga. Oh, ya, biasanya Yu Sheng ini disajikan sebagai makanan pembuka pada saat makan malam keluarga dan sahabat berkumpul.  Hidangan yang satu ini dilakukan pada saat hari ke-7 perayaan tahun baru China.

Sumber foto: https://giant.sg/8-things-you-need-to-know-to-make-your-chinese-new-year-2020-extra-huat

Jadi, udah siap menyambut tahun baru Imlek dengan lebih meriah dan hangat, kan? Jangan lupa sajikan makanan unik khas Imlek yang satu ini, ya!

Komentar