09.Nov.2021

Tempat Wisata di Bali yang Hits Selain Pantai Kuta


Aladiners jangan ngaku #BaliBanget kalau belum kenal beberapa tempat wisata baru yang hits dan instagramable ini nih. Pulau Dewata Bali menjadi salah satu destinasi paling populer di Indonesia, bahkan di mata dunia. Bukan hanya pantai menawannya yang menjadi magnet yang untuk dunia, banyak wisata yang mungkin Aladiners belum ketahui Yuk, cari tahu lebih lanjut!

0
0
0

ocean photography

Source: unsplash.com

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

Secara administrasi obyek wisata Hidden Canyon Beji Guwang berada di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Perjalanan menuju lokasi wisata ini pun sangat berat dan terjal, sehingga membutuhkan tenaga fisik yang kuat. Ngarai di Canyon Behi Guwang Sukawati ini tersembunyi sehingga tak heran jika wisatawan asing menyebutnya hidden canyon alias ngarai yang tersembunyi.

sun ray passing through cave with green plants at daytime

Source: unsplash.com

Ngarai ini terbentuk dari kikisan air sungai, berupa lembah yang dalam dan sempit. Sebelum menjadi obyek wisata, ngarai ini sering dimanfaatkan oleh penduduk sebagai tempat untuk memancing. Di sekitar aliran sungai di ngarai Beji Guwang terdapat  Pura Beji mempunyai pancuran air yang biasa dimanfaatkan untuk kebutuhan minum warga sekitar. Namun, airnya yang suci ini kerap digunakan untuk kegiatan upacara keagamaan pura-pura di sekitarnya.

Untuk menuju ke tempat ini, rute paling cepat dari kota Denpasar adalah melalui bypass Ida Bagus Mantra hingga sampai di perempatan Desa Ketewel. Kemudian, pilih jalur yang mengarah ke Jalan Raya Ketewel lalu ambil arah ke Jalan Raya Guwang. Jika sudah sampai di Patung Garuda, sekitar 750 meter kemudian terdapat Pura Dalem. Area parkir Pura Dalem cukup luas dan menjadi tempat parkir kendaraan Aladiners.

Pura Luhur Lempuyang

Pura Lempuyang Luhur adalah pura yang terletak di bagian timur Pulau Bali, tepatnya berada di lereng timur dari Kabupaten Karangasem. Pura Lempuyang berada di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Waktu terbaik bagi Aladiners yang ingin mengunjungi pura ini adakah di pagi dan sore hari. Datanglah ketika cuaca sedang cerah supaya dapat mengambil view Gunung Agung dengan sempurna.

Foto stok gratis agama, anonim, Arsitektur

Source: pexels

Kata Lempuyang berasal dari kata “lempu” dan “hyang”. Lempu yang artinya sinar sedangkan hyang merupakan sebutan untuk Tuhan. Maka dari itu, Pura Lempuyang memiliki arti sinar Tuhan yang terang benderang. Fakta lain yang mendukung nama pura ini adalah karena Pura Lempuyang ini letaknya di sebelah timur Pulau Bali, dimana merupakan tempat awalnya matahari terbit. Tempat wisata ini populer karena terdapat sebuah gapura dengan latar Gunung Agung yang gagah. Gerbang tersebut berjuluk “The Gate Of Heaven” atau gerbang surga.

Pura Lempuyang berada di ketinggian 1.175 mdpl. Aladiners dapat mengunjungi Pura Lempuyang dengan rute akses mulai berangkat dari kota Denpasar dengan menuju kota Amlapura yang merupakan ibukota dari Kabupaten Karangasem.

Pura Besakih

Pura Agung Besakih adalah pura terbesar dan termegah di Bali. Pura ini terletak di Kawasan Desa Besakih, Kecamatan Rendang, berada di lereng sebelah barat daya Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Bali. Untuk mengunjungi Pura Besakih ini, Aladiners dapat mengakses rute dari Kota Denpasar yang berjarak sekitar 25 km ke arah utara dari Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung.

brown and gray concrete temple under blue sky during daytime

Source: unsplash.com

Untuk bisa memperoleh foto dengan kualitas yang bagus dan instagramable, Aladiners dapat mengusahakannya dengan mengambil waktu kunjungan ketika pura dalam kondisi yang sepi.

Air Terjun Tribumana

Air Terjun Tibumana berlokasi di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali. Air Terjun Tibumana ini mempunyai ketinggian sekitar 20 meter. Pesona Air Terjun ini ada pada kondisi airnya yang deras dan jernih.  Air Terjun Tibumana memiliki nama lain, yakni Air Terjun Kembar. Disebut Air Terjun Kembar karena  terdapat dua air terjun yang derdampingan di lokasi utama. Mungkin Aladiners bingung, kenapa bisa begitu? Saat kondisi aliran air di atasnya sedikit, maka air terjunnya hanya akan ada satu. Namun jika debit airnya cenderung deras, maka air terjun yang berada di sampingnya akan muncul.

long exposure photography of waterfalls

Source: unsplash.com

Rute atau akses jalan tercepat menuju Air Terjun Tibumana dari Denpasar melalui Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Jarak tempuhnya sekitar 31 kilometer, dan total waktu tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat ini terletak di ujung barat pulau Bali, sekitar 2 kilometer dari pelabuhan di Bali Gilimanuk. Wilayah Taman Nasional Bali Barat ini terletak diantara di 2 kawasan, yaitu kabupaten Buleleng dan kabupaten Jembrana, Bali.

Menjangan

Source: wonderfulbali.com

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) berada diatas sekitar 210-1.144 diatas permukaan laut. Taman Nasional ini juga terdapat banyak keindahan yang Aladiners bisa nikmati seperti gunung, pulau-pulau kecil yang mana cocok buat Aladiners yang ingin menyelam. Terdapat dua ekosistem di Taman Nasional ini yakni ekosistem darat itu seperti hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan hujan dataran rendah, evergreen, savanna hingga river rain forest. Kemudian ekosistem laut nya yang mempunyai berjuta keajaiban didalamnya seperti coral reef, padang lamun, pantai berpasir, perairan laut dangkal dan dalam.

Jika Aladiners memulai perjalanan dari kota Denpasar, maka Aladiners akan menempuh sekitar 60 kilometer untuk sampai ke Taman Nasional Bali Barat. Rute yang diambil salah satunya adalah  berangkat dari jalur utara lalu melalui Jalan Raya Gilimanuk menuju Singaraja sepanjang pantai utara pulau Batik. Atau Aladiners bisa mengambil Jalur selatan menuju jalan raya Gilimanuk lalu ke Denpasar.

Komentar