27.Jul.2018

Suka Ketinggian? Naik Kereta Gantung di 7 Negara Ini Pasti Bikin Kamu Takjub


Buat kamu yang tinggal di Jakarta, mungkin kamu pernah naik kereta gantung di Taman Mini Indonesia Indah. Dari ketinggian, kamu bisa ngeliat jalanan, hutan, dan anjungan-anjungan di tempat wisata sejuta umat ini. Apa sensasi yang kamu rasain? Kegirangan, kah? Atau jangan-jangan histeris minta pulang?

0
0
0

Nah, beda sama Indonesia, ada negara-negara yang ngejadiin kereta gantung atau atau cable car jadi bagian dari pariwisata, bahkan transportasi harian. Peran kereta gantung di negara-negara itu penting banget dan efeknya gak disangka-sangka.

Negara mana aja dan sebesar apa, sih, pengaruh keberadaan kereta gantung di negara itu? Nih, Mister jelasin satu-satu kenapa naik kereta gantung di 7 negara ini pasti bikin kamu takjub!

1. Medellin, Kolombia

sumber foto: commons.wikimedia.org

Kamu pasti takjub begitu tahu kalau kereta gantung ternyata bisa ngurangin kasus kriminal di Medellin, Kolombia. Yap, mulai beroperasi di tahun 2004, kereta gantung yang disebut Metrocable jadi bagian penting dari transportasi umum kota ini yang berhasil mengatasi halangan jarak akibat bentuk wilayah yang berbukit-bukit. Begitu area-area di kota ini jadi gak terlalu terisolasi satu sama lain, jumlah geng narkoba pun ikutan menurun. Waw, ajaib, ya!

2. Caracas, Venezuela

sumber foto: gondolaproject.com

Buat pemerintah kota Caracas, kereta gantung bisa menghubungkan distrik miskin ke pusat-pusat kota yang cenderung lebih makmur warganya. Berkat kereta gantung, warga bisa lebih gampang dan aman berangkat dari permukiman mereka yang ada di daerah pegunungan San Agustin ke pusat kota di lembah. Kereta gantung juga jadi solusi yang lebih murah ketimbang harus bangun jalan-jalan baru yang menghubungkan antar area.

3. Sarajevo, Bosnia

sumber foto: sarajevo.travel

Sebelom perang yang menghancurkan Bosnia, penduduk Sarajevo biasa naik kereta gantung ke puncak Gunung Trebevic. Saking pentingnya peran kereta gantung, transportasi ini bahkan sempet dipake pas Olimpiade Musim Dingin tahun 1984 buat ngangkut orang-orang yang mau nonton pertandingan kereta luncur. Sayangnya, pas jaman perang, gunung Trebevic dipenuhi pasukan, jadi kereta gantung akhirnya baru bisa hidup lagi 26 tahun kemudian. Jadi, kalau sekarang kamu ke sana, kamu bisa naik kereta gantung buat ngeliat betapa indahnya pemandangan kota dan perdesaan sekitar.

4. La Paz, Bolivia

sumber foto: curbed.com/2017/9/21/16340394/urban-gondolas-cable-cars-cities

Perlu diketahui kalau La Paz adalah ibu kota paling tinggi di dunia. Gak heran kalau transportasi kereta gantung (dikasih nama Mi Teleferico) kepake banget di sini. Trayeknya paling panjang sedunia juga, cuy, 10 km! Berasa gak sampe-sampe kali, ya, kalau naik beginian. Kalau ke Bolivia, rajin-rajin, deh, naik kereta gantung. Selain bisa ngeliat pemandangan yang menakjubkan, kamu juga otomatis ikut ngurangin polusi kota ini.

Baca juga: 7 Bandara Paling Keren di Dunia Kalau Dilihat dari Ketinggian 

5. Grenoble, Prancis

sumber foto: commons.wikimedia.org

Sebagai salah satu negara yang katanya paling modis di dunia, pantes aja kalau kereta gantung di Grenoble, Prancis, bentuknya unik. Disebut Les Bulles yang berarti “Gelembung”, kereta gantung di sana berbentuk bola kaca yang lucu. Ke mana trayek kereta gantung ini? Ternyata ke puncak benteng Bastille yang termahsyur itu! Dari sini kamu bisa ngeliat pemandangan kota Grenoble yang dikelilingi pegunungan Préalpes, termasuk Chartreuse dan Vercors. Kalau cuaca lagi cerah, kamu bahkan bisa ngeliat Mont Blanc dari jauh!

6. Hong Kong

sumber foto: flickr.com

Salah satu tempat wisata terpopuler di Hong Kong, Lantau Island, punya pemandangan yang menakjubkan banget kalau dilihat dari ketinggian. Kalau kamu mau ngeliat keindahan laut, perbukitan, Biara Po Lin, dan Tian Tan Buddha yang super gede, naik kereta gantung dengan lantai kaca adalah pilihan yang the best banget. Dibanding naik bus yang butuh waktu dua jam dan jalan kaki dua hari, naik kereta gantung jelas paling cepet dan pastinya paling bikin deg-degan! Hihihi…

7. Singapura

sumber foto: hippopass.com

Punya luas negara yang gak jauh lebih besar dari Taman Mini Indonesia Indah (lebay!), Singapura juga punya kereta gantung sejak 1974. Transportasi ini dibangun buat menghubungkan Gunung Faber ke Pulau Sentosa lewat Pelabuhan Keppel. Tebak apa yang bisa kamu lihat kalau lagi naik kereta gantung? Yap, pegunungan dan pelabuhan super cantik! Oh ya, kereta gantung berlantai kaca pertama di dunia asalnya ya dari Singapura ini!

Komentar