20.Oct.2020

Siapa Sangka, Bogor Punya Gunung Kapur yang Begitu Menggoda di Klapanunggal


Mendengar nama Bogor pastinya kamu akan langsung mengarah ke daerah puncak yang banyak tempat wisata. Tapi jangan salah, Bogor tak sebatas daerah puncak aja. Masih banyak area lain yang juga memiliki potensi wisata yang begitu menggoda. Salah satunya di Klapanunggal.

0
0
0

Rasanya sungguh bosan kalau kita ke Bogor, yang selalu kita tuju adalah daerah puncak. Apalagi saat akhir pekan tiba. Kemacetan yang ada di ibukota rasanya pindah ke daerah puncak. Kalau sudah begitu, apakah liburan bisa semenyenangkan yang kita rencanakan. Kayaknya nggak deh.

Selusur Gunung Kapur Klapanunggal | Majalah Gloob!

Sumber gambar: https://gloob-online.com/gunung-kapur-klapanunggal/

Biar kamu terhindar dari padatnya orang yang menuju puncak, gimana kalau kali ini Mister kasih tahu salah satu potensi wisata yang masih di daerah Bogor tapi dengan kondisi yang masih jarang dikunjungi orang. Namanya Gunung Kapur Klapanunggal. Lokasinya ada di belakang Perumahan Coco Garden yang ada di daerah Klapanunggal. Meski bukan merupakan tempat wisata tapi tempat ini memiliki potensi yang besar untuk dijadikan objek wisata favorit kalian.

 

Keunikan Gunung Kapur Klapanunggal

Aktivitas Penambangan Di Gunung Kapur Klapanunggal » Bogor Today

Sumber gambar: bogor-today.com

Emangnya gimana sih tempatnya? Pertanyaan yang pasti ada di benak siapa saja yang belum pernah melihat. Jauh dari hiruk pikuk kemacetan di jalan raya, kamu akan menemukan satu tempat yang begitu menyegarkan. Gunung Kapur Klapanunggal ini sebenarnya berada di area pertambangan yang masih aktif beroperasi. Jadi kalau kamu ke tempat ini, kamu pasti akan melihat beberapa pekerja dan kendaraan yang berlalu lalang mengangkut hasil tambang.

Meski berada di area pertambangan, pemandangan yang begitu kontras sangat terlihat kalau kamu sudah berada di belakang perumahan Coco Garden. Area persawahan yang hijau sangat serasi dengan gundukan gunung kapur yang berjajar di sekelilingnya. Sangat cocok sebagai tempat relaksasi. Apalagi kalau kamu datang di pagi hari, udara yang lebih segar akan menyambut kamu dengan begitu tenang.

 

Gunung kapur klapanunggal, foto, rute, akses, biaya

Sumber gambar: https://gloob-online.com/gunung-kapur-klapanunggal/

Selain persawahan dan gunung kapurnya, kamu juga akan melihat sebuah gua besar di sebelah timur. Gua ini menjadi satu-satunya area yang tidak dimiliki perusahaan tambang setempat. Jadi kamu bisa bebas menelusuri gua ini sesuka hati. Gua dengan kontur dinding yang tingginya mencapai 15 meter ini tampak begitu megah dan menarik perhatian. Kamu juga akan melihat beberapa pasak di dinding gua yang biasa digunakan orang untuk melakukan panjat tebing. Meski ukuran kedalaman gua hanya 20 meter, gua ini jadi area wajib yang kamu kunjungi saat ke Gunung Kapur Klapanunggal.

 

Cara Menuju Gunung Kapur Klapanunggal

Gunung Kapur Klapanunggal ~ Wisata ~ Pesona Ka Bogor

Sumber gambar: pesonakabogor.com

Kalau kamu mulai penasaran dengan area ini, kamu bisa jadikan Gunung Kapur Klapanunggal sebagai alternatif liburan di akhir pekan nanti. Untuk sampai ke lokasi ini, kamu cukup mengarahkan maps menuju Perumahan Coco Garden. Kamu bisa menggunakan motor atau pun mobil. Kalau menggunakan motor, kamu bisa lanjut ke area persawahan dan memarkirkan motor di sana. Sementara kalau kamu naik mobil, kamu harus menitipkannya di perumahan tersebut lalu lanjut berjalan kaki menuju area Gunung Kapur Klapanunggal.

Sebagai catatan, karena tempat ini bukanlah objek wisata resmi yang sudah dikelola, kamu tidak dikenakan biaya masuk tapi kamu tetap harus menjaga kebersihan saat berkunjung ke tempat ini. Usahakan bawa perbekalan ya karena tidak ada pedagang minuman atau makanan di area Gunung Kapur Klapanunggal.

Komentar