27.Sep.2018

Hiiii! Ini 7 Mumi Paling Fenomenal di Seluruh Dunia


Tradisi bikin mumi kayaknya bisa ditemuin di belahan Bumi mana pun, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain. Dari sekian banyak mumi, ada 7 mumi paling fenomenal yang menggemparkan dunia. Siapa mereka dan kenapa mereka fenomenal? Yuk, kita “kenalan” sama mereka satu-satu!

0
0
0

1. Rosalia Lombardo

sumber foto: allthatsinteresting.com/rosalia-lombardo

Mumi anak cewek ini gak ada serem-seremnya, malah lebih mirip boneka yang lagi tidur. Sekarang disimpen di Catacombs of the Capuchin Monks di Sisilia, dulu Rosalia meninggal di tahun 1920 karena pneumonia. Ayahnya sedih banget sampai-sampai dia minta jasadnya diawetin. Setelah dikasih formalin, seng, glycerin, dan lainnya, jasad Rosalia terawetkan dengan sempurna. Saking sempurnanya, bahkan organ-organ dalam dan otaknya pun tetep utuh meskipun mengalami penyusutan.

2. Evita Perón

sumber foto: www.bbc.com/news/magazine-18616380

Evita Perón, istri Presiden Argentina Juan Perón, termasuk salah satu perempuan yang paling dikagumi di dunia. Gak heran setelah dia meninggal karena kanker di tahun 1952, jenazahnya dibalsem supaya bisa terus dikagumi. Saking bagusnya hasil pembalsemannya, dokter Pedro Ana yang menjalankan prosedurnya dapet pujian “Seni Kematian”. Sayangnya, nasib jasad Evita kurang beruntung. Badannya sempet dicuri dan disembunyiin di Italia. Gilanya lagi, orang yang nyimpen jasadnya malah terangsang dan jatuh cinta sama jenazah Evita! Beruntung akhirnya dia ditemuin lagi dan dimakamin secara terhormat di Argentina.

3. Lady Xin Zhui

sumber foto: nypost.com/2016/12/01/nobody-knows-why-this-ancient-mummy-
is-so-well-preserved/

Diperkirakan hidup di tahun 206 Sebelum Masehi, Lady Xin Zhui atau dikenal sebagai Lady Dai, jadi terkenal setelah makamnya di Hunan, China, ditemuin. Kenapa dia termasuk mumi paling fenomenal? Soalnya, dia dinobatin jadi mumi yang paling awet. Penampilan fisiknya sih emang gak mulus, tapi semuanya masih lengkap. Kalau mumi lainnya kaku karena lilin, kulit Lady Dai masih empuk dan anggota badannya masih bisa ditekuk! Golongan darahnya pun masih bisa diketahui dan rambutnya masih utuh, padahal usianya udah 2000 tahun lebih. Hasil otopsi pun bisa menunjukkan dulu dia punya masalah sakit pinggang, penyumbatan pembuluh darah, dan jadi mumi tertua yang didiagnosis sakit jantung.

4. St. Bernadette

sumber foto: www.catholicdadsonline.org/wp-content/uploads/2013/04/St-
bernadette.jpg

Beranjak ke Prancis, ada mumi biarawati yang cantik banget bernama St. Bernadette. Semasa hidupnya, dia ngaku sering ngeliat penampakan Perawan Maria sampai akhirnya dia berhasil nemuin mata air yang dipercaya bisa nyembuhin penyakit. Sayangnya, umur St. Bernadette gak panjang. Ia meninggal di umur 35 tahun karena TBC. 150 tahun setelah dikubur, makamnya digali lagi buat kanonisasi. Ajaibnya, jasadnya masih utuh! Makamnya digali lagi di tahun 1919 dan 1925. Dua tulang rusuknya diambil buat disimpen di Roma. Sebelum akhirnya diabadikan dalam peti berukir emas, muka dan tangannya dicetak dengan lilin supaya tetep utuh.

5. Vladimir Lenin

sumber foto: www.emlii.com/840424dc/18-Unbelievably-Alive-Dead-People-
Who-Will-Scare-You-Silly

Bapak Komunisme Rusia, Vladimir Lenin, diawetin dengan proses mumifikasi yang lumayan rumit. Pertama-tama badannya harus dimandiin, disuntik, dan diuji dengan beragam unsur kimiawi. Organ-organ dalemnya diangkat dan diganti alat pemompa dan pelembap supaya suhu dan cairan tubuhnya tetep terjaga. Makanya, gak heran muminya keliatan “hidup” banget. Selain diawetin, baju Lenin juga rutin diganti 5 tahun sekali.

6. La Doncella

sumber foto: www.trendspotters.tv/wp-content/uploads/2016/09/doncella-
1775774.jpg

La Doncella gak perlu dokter anatomi, bedah, dan balsem buat keliatan tetep “hidup”. 500 tahun yang lalu dia dan dua anak lainnya dikorbanin dengan cara dibiarin mati membeku sama masyarakat Inca. Sebelum meninggal, dia dibius pakai daun coca dan chica supaya tidur nyenyak. Pas ditemuin di tahun 1999, baju dan rambut La Doncella utuh hampir 100 persen! Bahkan ubannya pun masih bisa keliatan juga. Wow!

7. John Torrington

sumber foto: www.tumblr.com/search/john%20hartnell

Sama kayak La Doncella, cowok bernama John Torrington juga dimumifikasi oleh alam. Dulu ia meninggal gara-gara keracunan timbal di umur 22 tahun dan dikubur di daerah tundra yang dingin. Di tahun 1980an, 150 tahun setelah meninggal, makamnya digali lagi buat diteliti dan para ilmuwan pun kaget karena John masih bisa “menatap” mereka dari balik kepungan balok es! Bajunya masih utuh, hidungnya utuh, cuma mata dan bibirnya aja yang agak mengkerut. Gak heran dia termasuk mumi paling fenomenal.

Baca juga: Kid Mai Death Cafe, Tempat Makan Berkonsep Kematian di Bangkok

Komentar