06.Nov.2020

Embung Batara Sriten, Telaga Tertinggi di Jogja


Apa yang akan kamu temukan kalau mendaki sebuah gunung? Tentunya kamu akan menemukan sebuah pemandangan yang begitu menakjubkan dari atas sana. Tapi kalau kamu mendaki Gunung Batur Agung,  kamu akan menemukan sebuah telaga yang begitu indah. Sama seperti sebuah oasis di gurun yang gersang. Embung Batara Sriten jadi telaga paling menyegarkan yang ada di puncak gunung.  

0
0
0

 

Indahnya Embung Batara Sriten

Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/BqZLjaYA08p/

Embung Batara Sriten adalah tempat yang luar biasa. Tempat ini merupakan kolam tertinggi yang ada di Jogja. Letaknya berada di ketinggian 859 mdpl. Kamu akan melihat tenangnya air bersatu padu dengan gumpalan awan yang disambut dengan indahnya matahari terbenam dari sebelah barat.

Embung Batara Sriten ini merupakan telaga buatan yang diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 2014. Tempat ini awalnya dibuat sebagai penampungan air untuk sumber irigasi di sekitar lokasi embung. Embung Batara Sriten ini sangat penting bagi masyarakat setempat, sebab kawasan tersebut cukup gersang dan butuh pengairan tambahan.

 

embung sriten di jogja

Sumber gambar: https://www.datawisata.com/embung-sriten-yogyakarta

Selain memiliki fungsi utama sebagai irigasi, Embung Batara Sriten ini memiliki potensi wisata yang luar biasa. Berada di puncak gunung, Embung Batara Sriten jadi tempat yang sangat indah untuk menikmati tenggelamnya matahari. Perpaduan gunung, awan, telaga, dan pantulan cahaya matahari senja jadi pemandangan yang luar biasa kalau kamu datang ke tempat ini. Banyak wisatawan datang hanya untuk menikmati indahnya matahari sore di tempat ini.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati pemandangan di Embung Batara Sriten. Mulai dari duduk santai di pinggir telaga, memasang hammock di antara dua pohon, hingga berkemah. Kamu bisa mendirikan tenda di kawasan ini. Aksesnya yang mudah membuat kamu tak perlu lelah trekking dengan membawa peralatan camping ke tempat ini.

 

Lokasi dan Harga Tiket

Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/B23Ezw5AM_6/

Kalau kamu mau penasaran dengan keindahan Embung Batara Sriten, kamu bisa berkunjung ke kawasan perbukitan Batur Agung Utara. Tepatnya di Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya hanya 25 kilometer dari pusat kota Jogja. Untuk menuju ke Embung Batara Sriten kamu nggak perlu bingung karena aksesnya sangat mudah dilalui. Apalagi tempat ini bisa kamu telusuri melalui GPS.

Harga tiket masuk Embung Batara Sriten sebesar Rp3.000 per orang. Sementara untuk biaya parkir Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Sedikit tips kalau kamu mau berkunjung ke tempat ini. Datanglah saat cuaca sedang cerah agar tidak tertutup kabut saat sampai di puncak. Periksa juga kondisi tubuh dan kendaraan kamu, pastikan dalam kondisi yang baik. Terakhir, tetap berhati-hati karena jika hujan kondisi jalan akan licin dan akan sangat sepi setelah magrib. Kalau kamu lelah setelah berkunjung, jangan lupa untuk istirahat sebelum lanjut ke destinasi selanjutnya.

Komentar