07.Jul.2023

Cerita Mistis di Bukit Soeharto, Kalimantan Timur


 

0
0
0

Cerita Mistis Bukit Soeharto - Hai Aladiners! Kalau lagi jalan-jalan ke Kalimantan, main-main ke Bukit Soeharto kayaknya asyik deh. Bukit Soeharto adalah kawasan konservasi hutan yang terletak di Kabupaten Kutai Kutanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Kenapa dinamakan Soeharto? Karena pada tahun 1991, Presiden Soeharto menetapkan lahan ini sebagai kawasan konservasi. Selain menjadi tempat penelitian dan pendidikan berbagai flora dan fauna yang dilindungi, ternyata bukit ini juga banyak menyimpan cerita mistis. Berikut 3 kisahnya: 

 

1. Tempat pembuangan mayat romusha zaman Jepang 

Sumber gambar: Shutterstock

Romusha, atau pekerja paksa pada saat Jepang berkuasa di Indonesia, kerap mengalami tindakan sewenang-wenang dan sangat kejam. Bahkan banyak yang dibiarkan tergeletak begitu saja saat romusha-romusha ini meninggal. Walhasil, arwah para romusha yang tidak tenang ini dipercaya masih menghantui Bukit Soeharto hingga hari ini. Sering diceritakan oleh warga setempat bahwa hantu romusha biasanya akan menampakkan diri sebagai rombongan pekerja yang sedang mengangkat peti, dan di bagian belakang mereka ada sosok tentara Jepang lengkap dengan seragam, topi, hingga senapan laras panjang. 

2. Tempat pembuangan mayat korban Penembak Misterius (Petrus)

Sumber gambar: Shutterstock

Penembakan Misterius, atau sering disingkat sebagai Petrus, adalah fenomena kekerasan yang marak pada awal tahun 1980-an. Korban-korban Petrus ini adalah orang-orang bertato yang disinyalir sebagai preman atau penjahat yang meresahkan masyarakat. Mayat-mayat mereka tidak dikubur dan kerap dipertontonkan kepada warga di pinggir jalan sebagai peringatan untuk para penjahat lainnya. Nah, Bukit Soeharto ini adalah salah satu tempat pembuangan mayat korban Petrus saat itu. Sebelum diresmikan sebagai Taman Hutan Raya pada tahun 1991, jalanan di Bukit Soeharto ini sangatlah gelap dan sepi; sedikit sekali kendaraan yang melintas. Waduh.. sudah daerahnya angker, ditambah angker lagi dengan jadi tempat buang mayat!

3. Marak pertambangan ilegal

Sumber gambar: Shutterstock

Tidak cuma cerita mistis saja yang beredar di kawasan Bukit Soeharto ini, tapi juga cerita kerusakan alam karena pertambangan batu bara ilegal. Dan karena aktivitas ilegal ini sudah sudah dilakukan selama bertahun-tahun, maka banyak lubang bekas tambang yang menganga di beberapa titik Bukit Soeharto. Bahkan ada lubang yang sebesar lapangan bola lho, Aladiners!

 

Baca jugaKisah Mistis di Pulau Kumala, Destinasi Wisata di Kalimantan Timur

Komentar

Tinggalkan Komentar: