26.May.2020

Bukit Batu Idung di Lombok yang Menawan Hati


Berlibur ke Lombok, harus ke? Gili! Iya bener, Pulau Gili emang populer banget sebagai destinasi wisata. Tapi, Lombok masih punya gem yang lain. Perkenalkan, Bukit Batu Idung. Memang bukit ini belum sepopuler Pulau Gili, tapi nggak ada salahnya kalian coba datang ke sana. Soalnya, bukitnya cantik banget. Dijamin nggak nyesel, deh. Secantik apa, sih? Yuk, simak ulasan Bukit Batu Idung di Lombok berikut ini.

0
0
0

 

Pemandangan Bukit Batu

Sumber gambar: https://gambarpemandanganpictur.blogspot.com/2019/11/pemandangan-bukit-batu_29.html

Kalian suka naik gunung? Suka kegiatan ala-ala petualang? Kalau iya, kalian berarti harus coba datang ke Bukit Batu Idung di Lombok. Mungkin, ada teman-teman di Lombok yang pernah datang ke bukit itu? Kalian boleh, lho, berbagi cerita di kolom komentar.

Kalau kalian udah sering naik gunung, mendaki Bukit Batu Idung nggak ada apa-apanya, deh. Tapi, kalau kalian adalah new bee dalam hal daki-mendaki, siap-siap ngos-ngosan. Itung-itung, mendaki bukit ini adalah langkah awal sebelum mendaki gunung yang lebih ekstrem.

Bukit Batu Idung berada di Desa Jembatan Kembar, Kabupaten Lombok Barat. Dari ibu kota Nusa Tenggara Barat, Mataram, jaraknya sekitar 30 menit berkendara. Untuk patokan paling mudah, dari Mataram kota, kalian menuju puskesmas Jembatan Kembar.

 

Batu seorang pengembalaSumber gambar: https://travelingyuk.com/bukit-batu-idung/149107

Setelah melewati puskesmas, kalian akan melewati jalan menanjak yang cukup terjal. Jalanan ini HANYA bisa dilalui kendaraan bermotor beroda dua. Jadi, pastikan kalian membawa sepeda motor saat mengunjungi Bukit Batu Idung di Lombok.

Setelah melewati jalan terjal itu, apakah langsung sampai di bukit? Ohoo, tentu aja nggak. Setelah melewati jalan terjal, kalian mesti memarkirkan sepeda motor kalian di rumah penduduk setempat. Dari sini, petualangan menuju bukit dimulai.

Untuk sampai di Bukit Batu Idung, kalian “ditantang” untuk berjalan di jalanan yang menanjak. Sebenarnya, medan jalanannya nggak terlalu curam. Durasi perjalanannya pun termasuk singkat, 15 – 20 menit.

 

Sumber gambar: https://travelingyuk.com/bukit-batu-idung/149107

Makanya, tadi Mister bilang, bagi yang terbiasa naik gunung, mendaki Bukit Batu Idung di Lombok, mah, nggak terlalu berat. Tapi, kalau kalian pemula, ya, lumayan menguras tenaga, sih. Soft trekking gitu, lah. Pokoknya, jangan lupa bawa bekal air mineral yang cukup, ya.

Begitu sampai di bukit, jeng jeng jeng, indahnya pemandangan alam Lombok Barat, termasuk Gunung Rinjani terbentang di depan kalian! Lega banget, deh, rasanya, setelah selama sekian menit berjalan, akhirnya bisa melihat pemandangan cantik. Dijamin betah, deh, berlama-lama diam di bukit ini.

 

Image

Sumber gambar: https://authentic-indonesia.com/blog/8-best-spots-to-enjoy-sunrise-in-lombok/

Bukit Batu Idung juga bisa memuaskan hasrat para penghamba foto kece di Instagram, lho. Soalnya, di sini, ada sebuah ayunan yang oke banget untuk berfoto-foto. Duduk di ayunan di atas bukit, di belakangnya ada pemandangan langit dan sawah yang menghijau. Cekrek! Dijamin tjakeup fotonya!

Selain untuk menikmati pemandangan alam, banyak orang datang ke Bukit Batu Idung di Lombok untuk menikmati matahari terbit dan tenggelam. Bagi yang mau melihat matahari terbit, mereka biasanya mendaki bukit pada sore hari, lalu bermalam di dalam tenda yang sudah mereka dirikan sebelumnya.

Melihat foto-foto di atas, apakah kalian tertarik datang ke Bukit Batu Idung?

Komentar