04.Dec.2020

Asrinya Sungai Maron di Pacitan, Cocok untuk Relaksasi


Kota kecil tapi punya potensi wisata yang besar, itulah Pacitan. Meski Pacitan tak sepopuler Yogyakarta yang ada di sebelahnya tapi Pacitan punya potensi wisata yang luar biasa. Berada di daerah pesisir, Pacitan memang terkenal dengan pantainya yang keren. Tapi siapa sangka, keindahannya bukan hanya itu. Ada satu tempat yang luar biasa, namanya Sungai Maron.

0
0
0

 

Pesona Sungai Maron

Sumber gambar: https://www.instagram.com/pamrih_abu_khonsa/

Sungai Maron ini adalah sungai yang sangat indah. Siapa saja yang datang ke sungai ini akan dibuat terpesona dengan keasriannya. Saking asrinya, banyak orang menyebut kalau sungai ini adalah amazonnya Indonesia. Wajar saja banyak yang bilang seperti itu, soalnya sungai sepanjang 4.5 km dengan kedalaman mencapai 20 meter  ini dipagari hutan tropis yang sejuk.

Keindahan Sungai Maron begitu luar biasa. Kalau berkunjung ke sungai ini, kamu akan mendapatkan ketenangan dari hutan tropis yang ada di kanan dan kiri sungai. Kerennya lagi, kamu akan dimanjakan dengan air sungai yang jernih berwarna kebiruan. Pastinya, pemandangan seperti ini tak banyak kamu temui.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/liakerta/

Kalau kamu ingin menikmati indahnya Sungai Maron, kamu bisa menjelajahinya dengan menyusuri aliran sungai. Kamu bisa menyewa perahu-perahu milik warga setempat yang memang sengaja disewakan. Perahu-perahu itulah yang nantinya membawa kamu menyusuri sungai selama 45 menit.

Saat kamu menyusuri sungai dengan perahu, kamu nggak perlu khawatir ketinggalan momen-momen berharga. Soalnya, perahu yang kamu naiki tidak akan berjalan cepat. Mereka akan membawa kamu menyusuri sungai secara perlahan.

Menyusuri Sungai Maron bukan berarti kamu hanya menikmati aliran sungai dan pemandangan tepi sungai. Kamu juga bisa memanfaatkan beberapa spot foto yang sudah disediakan pengelola setempat, seperti bukit karang dan juga ayunan tepi sungai. Kedua spot ini selalu jadi tempat favorit para wisatawan untuk berfoto.

Lokasi dan Harga Tiket Sungai Maron

Sumber gambar: https://www.instagram.com/valitaclaudya/

Jika tertarik dengan Sungai Maron, kamu bisa menuju Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Pacitan. Sekitar 40 km dengan jarak tempuh hampir 1 jam. Meski begitu, kamu tidak akan menyesal jika sampai ke lokasi sungai. Sungai ini sangat cocok untuk merelaksasikan diri. Jadi walau pun jauh, pasti sangat memuaskan.

Sungai Maron ini beroperasi setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 5 sore. Untuk harga tiket masuk, kamu akan dikenakan tarif Rp5.000 per orang dan Rp100.000 untuk sewa kapal. Sebagai catatan, jika kamu ingin berkunjung, ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan, karena jalurnya tidak dilewati oleh angkutan umum.

Komentar