08.Sep.2022

7 Destinasi Wisata di Siborong-borong, Ada Kolam Soda!


 

0
0
0

Destinasi Wisata di Siborong-borong - Siapa yang tau lirik lagu ini; “Waktu abang pergi ke Siborong-borong”? Lirik tersebut merupakan salah satu lirik dari lagu yang pernah hits pada masanya dan populer di kebanyakan orang. Yaps, betul sekali, judul lagunya adalah sayur kol. Lagu Sayur Kol yang dinyanyikan oleh seorang anak kecil tengah populer di media sosial. Lagu ini bercerita tentang si Abang yang pergi ke Siborong-borong. Tapi, sebenarnya Siborong-borong itu ada di mana sih?

Siborong-borong ternyata benar-benar ada dalam dunia nyata. Kecamatan yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara itu terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan udaranya yang sejuk. Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi dari Bandara Kualanamu karena Siborong-borong punya bandara terdekat, yaitu Bandara Silangit. Di tempat ini kamu bisa menemui berbagai destinasi wisata yang sangat indah dan memanjakan mata. Berikut merupakan destinasi wisata di Siborong-borong yang wajib kamu kunjungi.

 

BACA JUGA: Tempat Wisata Terkenal di Pulau Sumatra

 

7 Destinasi Wisata di Siborong-borong

  1. Pulau Sibandang

Sumber gambar: shutterstock

Saat datang berkunjung ke Pulau Sibandang ini, para wisatawan dapat menyaksikan proses pembuatan Ulos Harungguan di Desa Papande. Ulos di desa tersebut masih dibuat dengan alat tenun tradisional, lho. Konon, ulos dari Desa Papande ini hanya kepada para raja Batak. Wow, keren banget ya pasti! Makanya, Ulos Harungguan ini terkenal sebagai ulos yang sangat mewah. Proses pembuatannya pun dikerjakan oleh masyarakat lokal dari generasi muda hingga tua. Di Pulau Sibandang wisatawan juga dapat menikmati Hoda-Hoda. Hoda-hoda ini merupakan salah satu ritual kuno masayrakat Desa Sampuran yang dipadukan dengan tarian Mossak sebagai seni budaya. Tarian ini sejenis ilmu bela diri silat dari tanah Batak. Jika di Pulau Jawa pola tariannya mirip kuda lumping.

 

  1. Monumen atau Tugu Opsus Terpadu Maduma

Sumber gambar: pasangmata.detik.com

Destinasi wisata satu ini berada di pusat Kota Siborongborong. Sebuah tugu yang merupakan bentuk seorang pria penjual ombus-ombus dengan sepeda tua yang melambangkan makanan tradisional khas Batak yang cukup terkenal. Dan tidak sedikit wisatawan yang datang ke landmark Siborongborong ini untuk berfoto. Kalau ke sini, jangan lupa cobain kuliner khas Ombus-ombus ya!

 

  1. Ambar Onanrunggu

Sumber gambar: Batamnews.co.id

Merupakan salah satu objek wisata yang berbentuk kolam. Wisata Ambar Onanrunggu menyediakan kolam kecil dengan pemandangan pegunungan Bukit Barisan di sekitar lokasi. Ambar Onanrunggu ini diceritakan salah satu tempat penting bagi para pemilik nama marga Nababan. Objek wisata ini menyediakan kolam kecil dengan pemandangan Bukit Barisan yang eksotis dan indah. Saat musim kemara, air di tempat pun tidak akan surut. Destinasi wisata ini berjarak 10 km dari Siborong-borong.

 

BACA JUGA: Kalau Kamu ke Medan, Jauh-Jauh dari 8 Tempat Angker Ini, ya!

 

  1. Tugu Toga Aritonang

Sumber gambar: shutterstock

Tugu Toga Aritonang atau disebut juga Monumen Aritonang terletak di Desa Aritonang (Desa Dolok Ambar), tepatnya di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Tugu ini disebut sebagai ikon baru Kabupaten Tapanuli Utara. Tugu ini pun berdekatan dengan bibir Danau Toba yaitu sekitar 1000 meter. Dengan jarak yang dekat ini, Anda dapat menikmati keindahan Danau Toba dari Tugu Toga Aritonang. Dari atas Tugu Anda akan melihat pesona landskap Danau Toba. Tidak hanya itu, kamu bisa memandangi pemandangan bukit-bukit yang indah menakjubkan.

 

  1. Air terjun Aek Nadua

Air terju ini berada di Lumban Tonga-tonga, debit air terjun ini cukup deras. Ada juga bendungan besar yang sedang dibangun di sana. Sayangnya, tempat wisata ini hanya bisa dikunjungi pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Siborong-borong untuk mencapai air terjun ini.

 

  1. Kolam Air Soda Parbubu

Sumber gambar: travelingyuk

Pemandian air panas dan air belerang mungkin sudah sering kamu dengar. Tapi, bagaimana dengan pemandian air soda?  Nah, pas kamu lagi datang mengunjungi Tapanuli Utara, Sumatera Utara, coba deh luangkan waktu untuk berwisata ke Pemandian Air Soda di Tarutung, Desa Parbubu. Seperti namanya, air di pemandian tersebut berasa seperti buih minuman berkarbonasi. Uniknya lagi, kolam ini muncul secara alami dari perut bumi. Air dari pemandian ini mengeluarkan gelembung-gelembung kecil seperti soda. Pemandian air soda hanya memiliki kedalaman 1,5 meter. Bagian dasar dari pemandian ini masih bebatuan dan airnya terus mengalir tak henti. Selain sebagai sarana hiburan, pemandian air soda ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, lho.

 

  1. Pemandian Air Panas Sipoholon

Sumber gambar: shutterstock

Pemandian air panas yang terletak di Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara ini memiliki banyak persamaan dengan Pamukkale di Turki. Di setiap sudutnya, ada pegunungan pasir yang memancarkan warna putih bak kapas. Selain itu, aliran air panas dengan suhu 40 hingga 70 derajat celcius menjadikan tempat ini serasa surga lain di tanah Indonesia. Objek wisata alam ini terbentuk akibat letusan Gunung Martimbang mengandung belerang.

 

BACA JUGA: Sederet Event Unggulan Danau Toba Sepanjang Tahun 2022

Komentar