17.Apr.2023

5 Tips Mengelola THR Supaya Bisa Libur Lebaran


 

0
0
0

Tips Jitu Mengelola THR - Hai Aladiners! Lebaran sebentar lagi, udah pada dapet Tunjangan Hari Raya (THR) belum nih? Kalau udah dapet, jangan sampai cepat habis, ya! Karena THR bisa digunakan untuk bermacam keperluan menjelang, saat, dan pasca Lebaran. Udah punya rencana libur Lebaran tapi takut budget nggak cukup? Sini, Mister kasih tahu 5 cara mengelola THR biar kamu tetap bisa liburan dengan aman dan nyaman. 

 

Pisahkan Penggunaan THR dan Gaji

Sumber gambar: Shutterstock

Biasanya THR itu turun sebelum tanggal gajian, jadi kamu bisa memakai uang THR untuk keperluan menjelang dan saat Lebaran, serta merencanakan liburan pasca Lebaran. Nah, baru ketika gajian, kamu bisa memakainya untuk pengeluaran rutin bulanan atau sebagai tambahan. Kalau pintar-pintar mengelolanya, kamu bisa punya budget lebih, lho!

Persiapkan Dana Darurat

Sumber gambar: Shutterstock

Dana darurat sangat penting untuk kebutuhan mendadak yang mendesak. Jadi, jangan lupa sisihkan THR kamu untuk anggaran dana darurat, ya. Karena kita pasti nggak pengin dong kekurangan atau kehabisan budget saat lagi butuh-butuhnya. Apalagi kalau itu terjadi saat liburan, wah, jangan sampai, deh!

 

Baca juga7 Tips untuk Mudik yang Aman dan Nyaman

Jangan Terlalu Boros Saat Belanja 

Sumber gambar: Shutterstock

Habis terima uang THR, pasti kita gatel pengin belanja, kan? Nah, lebih baik kontrol keinginan itu karena takutnya nanti budget kamu cepat habis. Karena selain untuk liburan, tentunya kamu juga akan banyak pengeluaran selama Lebaran. Maka itu, kamu bisa buat daftar prioritas kebutuhan supaya lebih jelas pengeluaran budgetnya.

Berzakat dan Sedekah 

Sumber gambar: Shutterstock

Dapat THR menjelang Lebaran jangan hanya digunakan untuk bersenang-senang. Sebagai umat Muslim, kamu juga harus menyisihkan dana untuk berzakat atau bersedekah. Kamu dapat membayar zakat fitrah dalam bentuk uang tunai, beras, atau makanan pokok sebesar 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. 

 

Baca jugaTips Puasa Lancar Meski Sedang Perjalanan Jauh

Menabung

Sumber gambar: Shutterstock

Menabung pangkal untung! Sudah pernah dengar tentang metode 50-30-20? Menurut pakar keuangan, metode ini membagi 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk menabung. Wah, kalau kamu bisa disiplin menerapkan metode ini, pastinya bisa saving banyak budget!

 

Baca jugaBentar Lagi Lebaran, Ini 4 Hal yang Dikangenin dari Kampung Halaman

 

Komentar

Tinggalkan Komentar: