17.Mar.2022

Wisata Gunung Favorit di Indonesia


Tahukah kamu, Indonesia dijuluki sebagai Cincin Api Pasifik (Ring of Fire), deretan gunung berapi berbaris memanjang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik, membentang dan berujung di Samudra Atlantik. Keindahan wisata gunung di Indonesia inilah yang mengantarkan pendaki bahkan wisatawan untuk berkunjung. Wisata gunung di Tanah Air tentu menawarkan berbagai pesona pemandangan yang menakjubkan. Matahari terbit, tebing-tebing curam, padang rumput yang hijau, hingga pemandangan cantik dari puncak gunung adalah hal yang dicari para wisatawan atau pendaki. Sebab, bagi para pendaki pemandangan itulah yang sangat mahal sehingga bisa membayar lunas perjuangan mereka hingga sampai puncak. Dari sekian banyak gunung, ada beberapa di antaranya menjadi destinasi wisata gunung yang menadi favorit bagi para pendaki di Indonesia. Ada gunung apa aja ya? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.  

0
0
0

Gunung Bromo, Jawa Timur

brown mountain under white clouds during daytime

Source: unsplash.com/@shukaiz

Wisata Gunung Bromo tidak perlu diragukan lagi popularitasnya. Banyak sekali wisatawan lokal maupun mencanegara yang datang ke wisata gunung ini untuk menikmati keindahan pemandangan matahari terbit. Gunung Bromo berlokasi di empat wilayah berbeda, yaitu kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo.

 

Gunung Gede, Jawa Barat

group of person walking on road

Source: unsplash.com/@aafirm

Wisata gunung di Indonesia satu ini berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Bogor, Cianjur, Sukabumi, Jawa Barat. Di Gunung Gede ini terdapat beberapa tempat yang paling indah, seperti Alun-Alun Suryakencana, Telaga Bru, Air Terjun Cibeureum, Kandang Batu dan Kandang Bada, dan puncak Gunung Gede. Saat berada di Alun-alun Surya kencana, Aladiners bisa bertemu padang savana yang banyak ditumbuhi bunga Edelweiss.

 

Gunung Prau, Jawa Tengah

two men walking along field during daytime

Source: unsplash.com/@falaqkun

Gunung Prau berada di ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut ini dan terletak di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung Prau yang merupakan gunung tertinggi dalam barisan dataran tinggi Dieng. Kamu bisa melihat juga pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari puncak Gunung Dieng.

 

Gunung Semeru, Jawa Timur

red off-road vehicle on pathway surrounded by grass during daytime

Source: unsplash.com/@djakhfa

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dan merupakan wisata gunung di Indonesia yang paling populer dan sering dikunjungi sepanjang tahunnya. Di gunung ini, terdapat danau alami yang berada di ketinggian 2.400 mdpl dan dikenal dengan nama Ranu Kumbolo.

 

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

brown and green mountain surrounded by calm water at daytime

Source: unsplash.com/@wollio

Gunung dengan ketinggan 3.726 mdpl ini sering disebut sebagai wisata trekking terbaik di Asia Tenggara.  Salah satu spot yang paling diminati para pendaki adalah Danau Segara Anak. Keindahannya pasti bikin Aladiners tak kuasa menahan rasa takjub!

 

Gunung Ijen, Jawa Timur

Source: unsplash.com/@asvp_aang

Wisata gunung di Indonesia satu ini terletak di antara 3 kabupaten antara lain, Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Daya tarik dari wisata gunung di sini adalah pesona si api biru yang menyala terang saat dini hari. Fenomena ini berasal dari cairan belerang yang ditambang oleh masyarakat sekitar. Pemandangan api biru ini akan semakin terlihat saat malam dini hari karena cahayanya tidak akan terganggu dengan sumber cahaya lainnya. Aladiners bisa datang berkunjung pada pukul 02.00 hingga 04.00 dini hari.

 

Gunung Patuha, Jawa Barat

green trees on foggy weather

Source: unsplash.com

Gunung Patuha terletak di Ciwidey, Kawasan Bandung selatan. Wisata gunung di Indonesia satu ini menyimpan empat kawah sekaligus. Yang terkenal adalah Kawah Putih yang berada di bawah puncak dengan ketinggian sekitar 2.100 mdpl dan Kawah Saat yang berada tepat di puncaknya. Dua kawah lainnya yaitu Kawah Cibodas dan Kawah Tiis  atau Legoktiis.

 

Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Kelimutu Berubah Warna, Warga Prediksi Covid-19 Segera Berakhir

Pesona yang bisa Aladiners dapatkan di gunung ini adalah pemandangan Danau Kelimutu. Danau Kelimutu sering disebut dengan danau tiga warna, karena memiliki 3 warna berbeda. Nama ketiga danau tersebut adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dengan air berwarna biru, Tiwu Ata Polo dengan air berwarna merah, dan Tiwu Ata Mbupu dengan air berwarna putih.

 

Baca juga: 9 Gunung Ini Bisa Didaki Cuma Sehari!

 

Komentar