01.Mar.2017

Nongkrong Bak Warga Lokal di 8 Food Market Paling Asik di Eropa


Eropa punya pasar? Eits, jangan dikira cuma negara-negara berkembang kayak Indonesia aja yang punya pasar. Orang-orang di Eropa juga demen yang namanya belanja ke pasar. Bedanya mungkin, pasar-pasar di sana lebih bersih dan tertata. Barang yang diperjualbelikan juga lebih macem-macem. Dan kalau ngomongin soal food market, makanan di masing-masing negara juga berbeda tergantung dengan apa yang biasa dimakan sama warganya. Kalau kamu penasaran, nih, Mister kasih liat beberapa food market paling oke di Eropa yang bisa jadi opsi destinasi saat kamu liburan ke sana.

0
0
0

1. Marche Raspail, Paris, Prancis

Sumber foto: www.euromag.ru

Kalau pasar-pasar di Indonesia biasa didatengin sama ibu-ibu rumah tangga dan anak-anaknya yang "dipaksaa" ngikut buat bawa belanjaan, Marche Raspail biasa dikunjungi sama artis-artis kenamaan Prancis. Jadi jangan heran kalau pas ke sini kamu bisa tiba-tiba ketemu sama Marion Cotillard yang lagi belanja tomat atau semangka. Dibuka sejak tahun 1920, pasar yang cuma ngejual makanan-makanan organik ini juga merupakan salah satu tempat nongkrong beberapa food truck paling terkenal sejagat Paris. Salah satunya adalah Cantine Cali di mana kamu bisa nyobain makan burger yang diisi sama Bleu da'Auvergne. Wah, mevvah abis!

Buka: Senin - Kamis (09:00 - 18:00), Jumat (09:30 - 19:00), Sabtu (09:30 - 16:00)

2. Borough Market, London, UK

Sumber foto: traveldigg.com

Lokasinya yang cuma beberapa menit jalan kaki aja dari stasiun London Bridge Tube bikin pasar satu ini jadi salah satu destinasi wajib wisatawan yang dateng ke London. Isinya? Banyaaak! Kalau mau nyobain makanan Eropa, Borough Market punya hampir semuanya. Mulai dari pasta, roti-rotian, sampe seafood semuanya ada. Bahkan makanan Asia dan Afrika juga bisa kamu temuin di sini. Udah ada sejak abad ke-13, pasar ini diisi sama lebih dari 100 toko dan stall. Tapi inget, di sini ada yang namanya sistem Limited Market dan Full Market. Jadi di hari Senin dan Selasa, gak semua toko dan stall buka (Limited Market). Selain 2 hari tersebut, barulah toko-toko di Borough Market buka semuanya.

Buka: Senin - Kamis (10:00 - 17:00), Jumat (10:00 - 18:00), Sabtu (08:00 - 17:00)

3. Torvehallerne, Kopenhagen, Denmark

Sumber foto: topsy.one

Bisa dibilang Torvehallerne adalah salah satu dari sedikit pasar di Eropa yang tetep buka di hari Minggu. Jadi mau dateng hari apa pun, jangan khawatir karena kamu tetep bisa mampir dan nyobain beragam makanan dan camilan seru yang ada di sini. Ada lebih dari 60 toko dan stall yang ngejual banyak jenis makanan, mulai dari ikan dan daging segar, sampe bumbu-bumbuan, cokelat, dan keju. Mau nyobain pizza a la Denmark? Mampir ke Gorma's! Kalau kamu pengin nyicip bubur khas Copenhagen yang isinya melimpah sama sayur-sayuran, bisa juga dateng ke GRA?D. Ngidam sushi? Bisaaa! Atau mau minum kopi biar mata melek? Ada Coffee Collective juga di Torvehallerne. Duh, lengkap banget, sih, ini.

Buka: Senin - Kamis (10:00 - 19:00), Jumat (10:00 - 20:00), Sabtu (10:00 - 18:00), Minggu (110:00 - 17:00)

4. Ostermalms Saluhall, Stockholm, Swedia

Sumber foto: www.g-e-t.in

Kamu suka banget cokelat? Wajib mampir ke sini kalau lagi di Swedia! Salah satu toko yang gak pernah sepi didatengin pengunjung di Ostermalms Saluhall adalah Borgs Bageri. Nah, di sini kamu bisa beli chokladsnittar atau kue cokelat perkawinan brownies dan biskuit khas Swedia yang kebangetan enaknya. Selain cokelat, di sini kamu juga bisa nemuin banyaaak banget restoran dan kios yang jual beragam macam makanan enak. Lokasinya yang indoor bikin pasar ini cocok didatengin kapan aja. Gak panas saat musim panas, dan gak kedinginan pas musim dingin. Gedungnya juga keren abis, lho, mirip stasiun kereta. Makanya gak heran kalau di tahun 2007, Ostermalms Saluhall didaulat sebagai Food Hall Nomor 7 Terbaik di Dunia oleh majalah Bon Appetit!

Buka: Senin - Jumat (09:30 - 19:00), Sabtu (09:30 - 17:00)

5. Great Market Hall, Budapest, Hungaria

Sumber foto: www.worldguide.eu

Dengan 3 lantai dan gaya arsitektur yang keren abis, Great Market Hall disebut-sebut sebagai pasar paling modern di dunia pada abad ke-19. Walaupun abad 19 udah lewat, bukan berarti pasar ini kurang layak buat didatengin wisatawan. Arsitektur bangunannya yang super unik, campuran masjid Turki dan stasiun kereta Prancis, dijamin bakal bikin kamu terpana pas masuk ke Great Market Hall. Didesain langsung sama arsitek legendaris Hungaria, Samu Pecz, pasar ini diadaptasi dari arsitektur Menara Eiffel di Prancis. Di lantai satu kamu bisa nemuin beragam bahan makanan dan buah-buahan segar. Sedangkan di lantai 2 dan 3 ada pertokoan suvenir dan restoran yang menawarkan banyak banget menu makanan Asia, Eropa, Amerika, sampe Afrika!

Buka: Senin - Jumat (06:00 - 18:00), Sabtu (06:00 - 15:00)

6. Kauppatori, Helsinki, Finlandia

Sumber foto: www.helsinkidesignweek.com

Saat kebanyakan food market lainnya ngejual makanan aja, di Kauppatori kamu juga bisa nemuin banyak barang suvenir dan hasil kerajinan warga Finlandia. Makanya pasar ini bukan cuma cocok buat tempat nyari makan, tapi juga buat beli oleh-oleh. Udah gitu lokasinya juga pas banget ada di pinggir pelabuhan, lho. Jadi sambil belanja, kamu juga bisa ngeliat pemandangan laut yang hampir beku pas musim dingin. Cantik banget, lah! Gak heran juga kalau Kauppatori jadi salah satu tempat terbaik di Finlandia buat kamu yang pengen nikmatin makan ikan segar yang bener-bener baru dipancing sama nelayan.

Buka: Senin - Jumat (06:30 - 18:00), Sabtu (06:30 - 16:00)

7. Markthal, Rotterdam, Belanda

Sumber foto: www.mixm.nl

Soal desain bangunan, pasar satu ini uniknya gak ada lawan! Bentuknya setengah lingkaran dengan dinding kaca yang dihias sama lukisan-lukisan karya Arno Coenen dan Iris Roskam. Tingginya aja sampe 40 meter, Aladiners! Ada lebih dari 100 toko dan kedai yang ada di sini dan seluruhnya nyediain makanan. Segala jenis makanan dan camilan bisa kamu temuin di sini, mulai dari frozen yoghurt, burger, keju-kejuan, dan masih banyak lagi. Ada juga pusat pendidikan makanan, lho. Mister baru tau kalau makanan butuh dididik juga hahaha. Abis keliling kota pengin nongkrong bareng anak-anak muda Rotterdam? Di Markthal juga ada banyak bar yang bisa kamu datengin.

Buka: Senin - Kamis & Sabtu (10:00 - 20:00), Jumat (10:00 - 21:00), Minggu (12:00 - 18:00)

8. Mercato Centrale, Florensia, Italia

Sumber foto: foodandtravel.mx

Kalau kamu suka sama makanan Italia, mampir ke Mercato Centrale gak akan bikin kamu nyesel, deh. Segala jenis makanan Italia, mulai dari pasta, gelato, pastries, sampai pizza yang betuknya unik-unik ada di sini. Beberapa restoran paling terkenal di Mercato Centrale adalah Pizzeria Sud dan Luciano Savini di mana kamu bisa nyobain pasta tagliolini asli Italia yang disajikan sama jamur truffle. Slurp! Suka masak? Pasar ini juga terkenal sebagai salah satu pusat minyak zaitun, wine, dan keju terbaik se-Italia. Selain itu, Mercato Centrale juga masih jarang dikenal sama wisatawan, jadi pasarnya masih tradisional Italia banget dan gak sumpek sama turis.

Buka: Senin - Jumat (07:00 - 14:00), Sabtu (07:00 - 14:00 & 16:00 - 19:00)

Komentar