03.Aug.2022

9 Rekomendasi Wisata Pantai di Banyuwangi yang Eksotis


 

0
0
0

The Sunrise of Java atau yang biasa dikenal Banyuwangi ini merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang menawarkan pemandangan alam dengan kekayaan dan budaya yang sangat mempesona. Banyuwangi juga menyimpan sederet wisata pantai yang eksotis dengan keunikannya masing-masing. Ada apa aja sih emang, Mister? Berikut penejelasan lengkapnya.

9 Wisata Pantai di Banyuwangi

  1. Pantai Sukamade

Sumber gambar: shutterstock

Salah satu pantai di Banyuwangi ini merupakan sebuah pantai yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Di sini, terdapat perkebunan seluas 1.200 hektare (Ha) yang merupakan perkebunan karet, kopi, dan kakao. Selain itu, pantai ini merupakan tempat Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur yang mengurusi pelestarian penyu. Sukamade Meru Betiri adalah habitat alami tempat bertelur bagi 4 jenis penyu, dari 7 jenis penyu yang ada di dunia, dan 6 jenis yang ada di Indonesia, yaitu penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang, dan penyu belimbing. Penyu hijau adalah salah satu penyu yang terbanyak yang bisa kita temui di Sukamade Banyuwangi.

 

  1. Pantai Pulau Merah

Sumber gambar: shutterstock

Pantai Pulau Merah ini menjadi kawasan pantai selatan Banyuwangi yang memang menjadi incaran wisatawan. Panorama matahari terbenam (sunset) dengan cahaya kemerahan sudah tidak perlu diragukan lagi kecantikannya. Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini juga mirip dengan Pantai Kuta di Bali, potensi ombaknya sangat cocok untuk tempat berselancar. Kondisi ombak di sini yang mencapai 4 - 5 meter sangat cocok bagi para peselancar dari berbagai tingkatan. Sambil berselancar di atas gulungan ombak, kamu bisa menikimati indahnya pemandangan pegunungan hijau dan angin yang sejuk. Tanah yang berwarna merah, bentuknya menyerupai sebuah bukit kecil, terletak tak jauh dari bibir pantai yang memiliki pasir putih sepanjang 3 km.

 

BACA JUGA: Blue Bay, Teluk Biru Eksotis di Banyuwangi

 

  1. Pantai Bama

Sumber gambar: shutterstock

Pantai Bama masuk ke dalam wilayah Situbondo. Keunikan Pantai Bama yang lain adalah lokasinya yang dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Berjalan ke barat menyusuri jalan setapak, pengunjung bisa menyaksikan eksotika tumbuhan mangrove dari dekat dengan menyusuri jembatan pandang. Ujung jembatan pandang yang teduh kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai yang ingin melakukan aktivitas memancing. Sederhananya, pantai pasir putih ini cocok untuk aktivitas berenang dan snorkeling.

 

  1. Pantai Lampon Pesanggaran

Sumber gambar: pantainesia

Pantai Lampon ini terletak di sebelah selatan Banyuwangi. Lampon sendiri adalah kawasan militer karena di sana terdapat markas militer TNI. Pantai ini banyak menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Pemandangan di salah satu wisata pantai di Banyuwangi ini ditumbuhi banyak sekali jenis tumbuhan pantai. Dilengkapi dengan ombak halus dan saturasi pantai yang cenderung landau, bisa dijadikan opsi menarik untuk memancing karena ikannya banyak dan lokasinya aman. Yang menjadi daya tarik tambahan bagi pantai ini adalah Naga Sasra yang merupakan semburan dari cekungan yang menyebabkan pelangi Naga Sasra keluar saat ada ombak besar datang.

 

  1. Pantai Wedi Ireng

Sumber gambar: shutterstock

Pantai Wedi Ireng letaknya di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Jarak wisata pantai di Banyuwangi ini hanya sekitar 5 km dari Pantai Pula Merah. Keindahan teluk berpasir putih diapit bukit-bukit hijau serta ombaknya yang landai akan menyambut kedatangan kamu nantinya kalau kamu datang ke sini. Teluk yang sunyi, pasir yang bersih, pepohonan besar nan rindang, hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi dan birunya lautan adalah perpaduan sempurna yang member kedamaian dihati.

 

  1. Pantai Teluk Hijau

Sumber gambar: shutterstock

Teluk Hijau adalah objek wisata teluk yang berada dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi. Pantai ini didominasi oleh komposisi alam dengan warna hijau serta mempunyai perairan dangkal yang kaya akan alga. Alga inilah yang menyebabkan pantulan kehijauan di permukaan airnya. Pantai di Teluk Hijau disempurnakan dengan hamparan pasir putihnya. Pasir pada pantai pun juga lebih lembut dibandingkan dengan pasir-pasir pada pantai lainnya. Hal ini tentu membuatnya nyaman untuk diinjak atau dijadikan tempat istirahat. Selain itu, terdapat hutan yang rimbun yang menyelimuti bebukitan karang yang menambah keindahan dari pantai ini.

 

BACA JUGA: Jelajahi Waduk Bajulmati di Banyuwangi, Si Miniatur Raja Ampat

 

  1. Pantai Mustika

Sumber gambar: shutterstock

Pantai ini terletak di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Berada tidak jauh dari lokasi Pantai Pulau Merah, masih satu kawasan wilayah. Pantai Mustika Pancer ini memiliki pemandangan indah disertai dengan panorama pantainya menyatu dengan keelokan landscape pegunungan. Tidak ketinggalan, ada juga kapal nelayan lalu lalang berlayar menghiasi lautan, itu menambah panorama lautnya semakin elok.

 

  1. Pantai Syariah

Sumber gambar: banyuwangibagus

Pantai ini berada di Desa karangrejo, kecamatan Banyuwangi, kabupaten Banyuwagi. Nama "Syariah" muncul, karena Banyuwangi ingin mengenalkan wisata halal. Mulai dari adanya pemisahan area antara perempuan dan laki-laki, makanan halal, dan lain-lain. Di tepi pantai, disediakan payung dan bean bag warna-warni buat bersantai.

 

  1. Pantai Cemara

Sumber gambar: shutterstock

Saat datang ke pantai ini wisatawan spontan akan merasakan kesejukan alami yang kaya akan oksigen. Tak heran, karena kesejukan itu memang berasal dari rindangnya pohon cemara yang ada. Begitu juga hutan mangrove yang menghijau di pinggiran sungai. Pemandangan ini menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat. Tidak hanya keindahan alamnya saja yang menjadi daya tarik  destinasi wisata alam yang berada di wilayah Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi ini. Ada fauna laut langka yang suka bersarang di kawasan pantai wisata seluas 10,2 hektar ini.  Sepanjang pantainya menjadi tempat favorit penyu jenis lekang untuk bersarang dan bertelur.

 

BACA JUGA: Bosan ke Bali? Yuk, Liburan ke 8 Tempat Wisata Tersembunyi di Banyuwangi

Komentar