24.May.2021

9 Curug di Geopark Ciletuh yang Wajib Dikunjungi


Siapa di sini yang belum pernah main ke Geopark Ciletuh?  Setelah diresmikan sebagai Geopark Dunia pada September 2017 oleh UNESCO. Berbagai tempat wisata di Ciletuh-Pelabuhanratu ini mengalami banyak perbaikan.  Ada banyak jenis wisata yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah air terjun. Kamu bisa menikmati beberapa air terjun yang ada di Ciletuh. Nah, berikut ini 9 curug di Geopark Ciletuh yang wajib kamu kunjungi.

0
0
0

 

Curug Puncak Manik

Sumber gambar: https://www.instagram.com/desti_anggriany/

Puncak Manik adalah curug di Geopark Ciletuh dengan posisi paling atas. Artinya, curug ini merupakan curug tertinggi yang ada di Ciletuh. Kalau kamu berada di atas curug, kamu bisa melihat curug lainnya. Seperti Curug Awang, dan Curug Tengah. Pesona curugnya sungguh luar biasa, apalagi debit airnya sangat deras.

Lokasinya berada di Desa Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Akses menuju lokasi sudah sangat mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun kamu harus berhati-hati saat berjalan menuju area curug.

 

Curug Tengah

Sumber gambar: https://www.instagram.com/asiahchinong/

Tak heran jika namanya Curug Tengah. Curug ini berada di antara Curug Puncak Manik dan Curug Awang. Air terjunnya tak begitu besar. Tingginya pun tak seberapa. Tapi pesona keindahan alamnya sungguh mempesona. Kamu akan disajikan pepohonan yang rimbun dengan bebatuan besar berwarna kecoklatan yang tersebar mengikuti aliran sungai.

Untuk sampai di Curug Tengah, kamu akan melewati Curug Awang terlebih dulu. Perjalanan menuju area curug pun tak semudah yang dibayangkan. Kamu akan melewati sawah berundak, menyusuri kebun tebu dan juga ilalang. Jadi, kamu harus hati-hati saat berjalan menuju curug.

 

Curug Awang

Sumber gambar: https://www.instagram.com/imam_bhr/

Berada di posisi paling bawah pada deretan curug di Geopark Ciletuh bukan berarti membuat curug ini tidak menarik. Curug Awang justru memiliki pesona yang luar biasa. Penampakannya mirip sekali dengan Niagara Waterfall yang ada di Amerika Serikat. Hanya saja, ukurannya lebih kecil. Kerennya Niagara Mini yang satu ini, kamu bisa menikmatinya dari bawah dan juga dari atas air terjun. Kamu bisa mendapatkan hasil foto yang dramatis jika berfoto di atas tebingnya.

Curug Awang ini berada di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Kalau kamu ke lokasi curug pada musim kemarau, kamu akan melihat dua aliran air terjun saja. Tapi kalau kamu datang saat mujim hujan. Kamu akan melihat betapa indahnya Curug Awang yang membentuk tirai berwarna putih.

 

Air Terjun Cimarinjung

Sumber gambar: https://www.instagram.com/r_spatucat/

Salah satu curug di Geopark Ciletuh yang memiliki debit air yang cukup deras. Apalagi jika kamu datang pada musim hujan, air yang jatuh dari atas tebing sangatlah menakjubkan. Panoramanya pun sangat serasi dengan hamparan sawah dan lebatnya hutan di sekitar air terjun.

Bebatuan besar yang ada di sekeliling kolam air terjun menambah eksotisnya area ini. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai objek atau background foto yang menakjubkan. Meski terlihat indah, kamu harus tetap berhati-hati jika berada di area air terjun, terlebih jika debit air sangat deras. Tertarik dengan keindahannya, Air Terjun Cimarinjung ini berada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kbupaten Sukabumi.

 

Air Terjun Cigangsa

Sumber gambar: https://www.instagram.com/hasymi_hamid/

Air terjun yang satu ini terbentung dari adanya gempa bumi yang begitu besar pada masa lampau. Gempa itu membuat adanya geseran permukaan tanah yang kini menjadi kolam di area Air Terjun Cigangsa. Kamu bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas atau dari bawah air terjun. Kalau kamu berada di atas, kamu bisa melihat betapa hijaunya hamparan persawahan dan pepohonan lebat di sekitar air terjun.

Untuk menikmati indahnya Air Terjun Cigangsa, ada baiknya kamu datang pada saat musim hujan karena debit air jauh lebih besar dan bisa memenuhi tebingnya. Lokasi air terjun ini berada di Dusun Batusuhunan, Kecamatan Suranade, Kabupaten Sukabumi.

 

Curug Cikaso

Sumber gambar: https://www.instagram.com/_rfika28/

Siapa yang tak kenal dengan Curug Cikaso. Curug di Geopark Ciletuh ini memiliki air yang jernih berwarna kebiruan sangat sejuk karena dikelilingi rimbunnya pepohonan. Pesonanya pun sangat memikat bagi siapa saja yang datang. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu alami. Sangat cocok untuk tempat meralaksasikan diri.

Curug Cikaso ini berada di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi.  Untuk sampai di lokasi air terjun, kamu harus melakukan treking sejauh 1 kilometer. Uniknya, kamu juga bisa menuju lokasi dengan menyusuri Sungai Cikaso. Kamu bisa menyewa perahu dengan kapasitas hingga 10 orang.

 

Curug Sodong

Sumber gambar: https://www.instagram.com/ehh_malla07/

Merasa nggak cukup kalau cuma 1 air terjun dalam 1 tempat? Kamu wajib datang ke Curug Sodong yang juga ada di kawasan Geopark Ciletuh. Air terjun ini sering kali disebut sebagai air terjun kembar. Pasalnya curug ini memiliki 2 aliran air terjun yang tingganya sama, hanya dipisahkan oleh sisi tebing di tengahnya. Meski secara ukuran curug ini tak begitu besar, tapi keindahannya tak bisa diragukan. Pemandangan pepohonan yang hijau dan lebat akan jadi teman setia untuk kamu menikmati air terjun.

Curug Sodong ini berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.  Untuk menikmati curug kembar yang satu ini kamu nggak perlu melakukan treking terlebih dulu. Kamu bisa memarkirkan kendaraan tepat di depan kolam air terjun.

 

Curug Cikanteh

Sumber gambar: https://www.instagram.com/jordaaans_/

Habis Curug Sodong maka ketemulah Curug Cikanteh. Curug Cikanteh ini berada di atas aliran air Curug Sodong. Untuk dapat menikmati indahnya Curug Cikanteh, kamu harus melakukan treking yang lumayan menguras tenaga. Meski jalurnya sudah tersedia tapi medannya tak bisa dibilang mudah. Kamu harus berhati-hati jika ingin sampai ke lokasi curug.

Sulitnya medan treking menuju Curug Cikanteh tak akan membuat kamu merasa lelah dan ingin putar balik. Justru keindahan selama treking akan terus menemani kamu sampai ke lokasi air terjun. Curug Cikanteh ini berada di Dusun Cikanteh, Kecamatan Ciemas. Curug ini memiliki ketinggian hingga 60 meter.

 

Curug Larangan

Sumber gambar: https://www.instagram.com/onitograph/

Meski namanya cukup menakutkan, tapi keindahannya tak bisa disembunyikan. Curug dengan tingga sekitar 50 meter ini mampu menghipnotis siapa saja yang datang dengan keindahannya yang luar biasa. Tebing kokoh yang sejajar dengan aliran air terjunnya mampu memberikan pesona yang menakjubkan.

Curug Larangan ini berada di Desa Girimukti, Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Lokasi curugnya cukup tersembunyi sehingga keindahan yang ada di area curug masih sangat alami. Masuk dalam kawasan Geopark Ciletuh membuat curug ini semakin mempesona.

Komentar