Gunung Bromo
21.Sep.2023

5 Alternatif Tempat Wisata Sekitar Gunung Bromo


 

0
0
0

Bicara tentang tempat wisata sekitar Gunung Bromo pasti tidak akan terlepas dari kawasannya yang menakjubkan mulai dari kawah Bromo, pasir berbisik sampai ke Bukit Penanjakan. Akses dan fasilitas yang jauh lebih baik membuat tempat wisata sekitar Bromo juga layak dikunjungi. Selain karena keindahan alamnya, banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana. Berikut 5 alternatif tempat wisata dan aktivitas di sekitar Bromo.

Bukit Mentigen

Tempat wisata ini berlokasi tidak jauh dari pintu masuk Gunung Bromo. Kamu bisa berjalan kaki sejauh satu kilometer dari gapura. Bukit yang termasuk di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini bisa jadi alternatif tempat wisata untuk melihat matahari terbit di sekitar Gunung Bromo. 

Aladiners juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah, karena Bukit Mentigen jadi lokasi favorit para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga dan biaya, kamu tidak perlu menyewa jasa mobil jeep atau hardtop untuk menuju lokasi.

Bukit Mentigen Sumber: ihsantravel.com

Air Terjun Madakaripura

Ini salah satu alternatif tempat wisata sekitar Gunung Bromo yang tidak kalah menarik. Air terjun tertinggi di Pulau Jawa ini dikenal sebagai tempat Gadjah Mada bersemedi di era Kerajaan Majapahit. Aladiners harus melalui jalur trekking yang cukup rumit untuk bisa melihat langsung air terjun ini. Salah satu pemandangan yang menarik di sana adalah tebing-tebing berbentuk ceruk di ujung lembah yang sempit sehingga air yang menetes dari sana seperti melihat hujan sepanjang waktu.

Air Terjun Madakaripura Sumber: Shutterstock

 

Baca juga: Air Terjun Madakaripura, Tercantik di Indonesia

 

Pura Luhur Poten

Letaknya di bawah kaki Gunung Bromo, Pura Luhur Poten jadi tempat ibadah masyarakat Hindu Suku Tengger. Kalau Aladiners berkunjung di malam bulan purnama, kamu bisa menyaksikan upacara adat Yadnya Kasada, sebuah ritual sesembahan untuk Sang Hyang Widhi sebagai manifestasi Dewa Brahma.

Pura ini juga punya daya tarik tersendiri lantaran menjadi satu-satunya pura yang dibangun di tengah-tengah hamparan Pasir Berbisik. 

Pura Luhur Poten Sumber: Shutterstock

Wisata Seruni Point

Alternatif lain untuk menikmati pemandangan matahari terbit sekitar Gunung Bromo ada di Seruni Point. Ada 256 anak tangga yang harus kamu lewati sebelum mencapai ke puncak. Di sana, kamu akan disuguhkan dengan bangunan tegak Empat Pilar Tugu Brawijaya yang sering jadi rebutan para pengunjung untuk posisi berfoto. 

Walau pun sudah ada penerangan yang disediakan dari parkiran jeep menuju anak tangga, jangan lupa tetap gunakan senter ya, karena masih ada beberapa blank spot yang membutuhkan penerangan tambahan.

Seruni Point Sumber: Shutterstock

Alternatif 5: Berkemah di Ranu Kumbolo

Setelah menjelajahi setiap tempat wisata sekitar Gunung Bromo hingga ke Semeru, Aladiners bisa bersantai di dekat danau Kumbolo sambil mendirikan tenda kemah. Ranu Kumbolo terkenal dengan danaunya yang indah dengan mata air yang bersih dan bunga-bunga yang bermekaran di waktu tertentu.

Danau ini juga dikenal sebagai ‘Surga Gunung Semeru’ yang juga dijadikan tempat transit bagi para pendaki Gunung Semeru. Ranu Kumbolo juga jadi pilihan alternatif wisata sekitar Bromo untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam.

 

 

Baca juga: Sambangi Ranu Gumbolo Tulungagung yang Mirip Ranu Kumbolo

 

Masih banyak lagi alternatif tempat wisata sekitar Gunung Bromo yang bisa Aladiners kunjungi. Mulai rencanakan liburan ke Jawa Timur dengan mengambil paket open trip di Mister Aladin. Selain open trip, kamu juga bisa pesan tiket pesawat atau tiket kereta dengan harga terjangkau, lho. Update beragam promonya dengan download aplikasi Mister Aladin sekarang!

Komentar