14.Jul.2023

Ada Apa di Bawah Tanah? Ada 9 Tempat Wisata yang Keren Banget Ini!


 

0
0
0

9 Wisata Bawah Tanah - Hai Aladiners! Menurut kamu, underground itu apa? Kalau selama ini kamu langsung kepikiran musik anti-mainstream, lahan parkir atau bunker bencana, berarti saatnya menambah pengetahuan kamu!

Rupanya, di bumi yang luas banget ini, ada banyak tempat wisata bawah tanah yang seru, lho. Dimulai dari yang bikin merinding girang, bernuansa spiritual, hingga punya nilai sejarah tinggi, semuanya ada! Jadi, kalau wisata ke pantai, gunung, dan tempat terbuka lainnya udah puas kamu cobain, di liburan selanjutnya kamu harus coba membenamkan diri di 9 tempat wisata bawah tanah berikut ini, ya.

 

1. Catacombs of Paris (Prancis)

Sumber gambar: Shutterstock

Ternyata bukan orang yang masih hidup aja yang kena gusur. Di Paris, ada ribuan tulang belulang manusia yang harus dipindahin sekitar tahun 1785 - 1860 akibat udah terlalu penuhnya pemakaman di kota.

Rumah baruanya orang-orang yang udah meninggal ini ini bernama Catacombs. Di sana, para tengkorak disusun dengan rapi nan cantik, menghiasi dinding jaringan terowongan dan gua sepanjang 322 kilometer. Saat Halloween tiba, tempat ini juga dibuka di malem hari. Bagi turis-turis yang punya nyali, mereka diizinin nginep di sini. Gratis!

2. Tambang Llechwedd (North Wales)

Sumber gambar: Wikipedia

Lagi pengin dibikin deg-degan? Nggak selalu harus ketemu orang cakep atau nonton film horror dulu, kok. Kalau kamu ke Tambang Llechwedd di North Wales, bisa-bisa jantung kamu bakal olahraga!

Di tempat wisata bawah tanah yang dulunya tambang ini, kamu bisa nyobain jalan di atas 3 trampolin raksasa yang terpasang di ketinggian 18 meter dari dasar tanah. Buat yang takut ketinggian, siap-siap lemas, ya!

3. Salina Turda (Rumania)

Sumber gambar: Facebook Salina Turda

Bukan, ini bukan markas alien atau organisasi rahasia ala film-film Hollywood, melainkan taman hiburan! Awalnya, tambang Salina Turda ini digali saat abad pertengahan untuk jadi sumber garam obat, tapi sekarang tempat ini diisi oleh bianglala, teater, tempat boling, lapangan golf mini, dan danau bawah tanah lengkap dengan perahu-perahunya.

 

Baca jugaUshguli: Desa Tertinggi di Benua Eropa yang Belum Tersentuh Modernisasi

 

4. Cu Chi Tunnels (Vietnam)

Sumber gambar: Shutterstock

Terletak 32 kilometer dari Ho Chi Minh Ibu Kota Vietnam, Terowongan Cu Chi bakal bikin kamu ngerasa trenyuh mikirin betapa beratnya perjuangan para prajurit di zaman perang. Terowongan ini dulunya digunakan tentara Viet Cong untuk bersembunyi dari tentara Amerika.

Fungsi terowongan ini banyak banget, mulai dari markas, rumah sakit, ruang penyimpanan, hingga jalur distribusi. Pintu masuknya yang cuma selebar badan satu orang dewasa dan ditutupin dedaunan bikin terowongan ini susah dideteksi musuh.

5. Churchill War Rooms (Inggris)

Sumber gambar: Facebook Churchill War Rooms

Mau tahu tempat persembunyian Winston Churchill saat Perang Dunia II? Churchill War Rooms jadi tempat tokoh penting Inggris ini bersembunyi saat rumahnya di 10 Downing Street udah terlalu bahaya untuk ditinggali.

Dari bunker ini, Churchill bisa tetep makan malem bareng istrinya sekaligus tetep ngasih arahan ke para anak buahnya. Hingga sekarang, ruangan seluas 1000 meter persegi ini masih dijaga keasliannya, termasuk letak peta dan kursi milik Churchill sendiri.

Baca jugaIntip Ruang Misterius di Gunung Rushmore Amerika Serikat

 

6. Coober Pedy (Australia)

Sumber gambar: Shutterstock

Gimana ya rasanya tinggal di bawah tanah? Kalau penasaran, kamu bisa nginep dan tanya-tanya sama penduduk di Coober Pedy, Australia Selatan. Semua bangunan yang biasa ada di sebuah kota juga tersedia di sini. Mau beribadah di gereja, wisata ke museum, makan-makan di restoran, atau nginep di hotel, semua bisa dilakukan.

Rumah para penduduk di sini juga sama seperti mereka yang tinggal di atas tanah; mereka juga punya lemari, perapian, dapur, dan televisi. Lucu, ya! Selain itu, mayoritas dari mereka bekerja sebagai penambang opal yang diekspor ke seluruh dunia.

7. Salt Cathedral (Kolombia)

Duh, bosen, deh bangun gereja di kota. Enaknya bangun di mana lagi, ya?

Yaudah, bikin di bawah tanah aja. Biar agak menantang pergi ke sananya!

Yuk!

Sumber gambar: Wikipedia

Mungkin ini percakapan para arsitek sebelum ngebangun Salt Cathedral atau Katedral Garam di Colombia. Berlokasi di kedalaman 180 meter di bawah tanah, katedral yang dulunya tambang garam ini udah ada sejak 500 tahun yang lalu.

Semua patung di sini, termasuk salib setinggi nyaris 5 meternya, adalah garam yang diukir. Setiap Minggu, tempat unik dikunjungi oleh lebih dari 3.000 orang, lho!

8. Tambang garam Wieliczka (Polandia)

Sumber gambar: Wikipedia

Tempat wisata yang satu ini juga nggak kalah asinnya dengan Salt Cathedral. Tambang garam Wieliczka adalah salah satu objek wisata terbesar di Polandia yang dilengkapi sanatorium bebas polusi dan pencetus alergi. Banyak, lho pengidap penyakit asma yang berkunjung ke sana untuk menyembuhkan diri.

Bukan cuma sanatorium, tempat wisata ini juga punya kapel, ruang serba guna, restoran, hingga toko. Awas, jangan iseng jilat-jilat dindingnya, ya!

9. The Vaults (Inggris)

Sumber gambar: thecitylane.com

The Vaults ini pastinya jadi salah satu tempat wisata bawah tanah tergaul di London. Soalnya, ada banyak pertunjukan teater, film, dan acara-acara seru yang dilangsungkan di sini.

Teater dengan 176 kursi di sini dijamin bakal ngasih kamu sensasi berbeda dibanding teater lainnya!

 

Baca juga5 Kapal Pesiar Termewah di Dunia. Nabung Yuk!

 

Komentar

Tinggalkan Komentar: