09.Jun.2023

10 Agama Terunik di Dunia. Aneh Tapi Nyata!


 

0
0
0

10 Agama Unik Dunia - Hai Aladiners! Secara nasional Indonesia mengakui 6 agama yaitu Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Tapi selain 6 itu ada banyak sekali aliran kepercayaan yang berakar dan diyakini oleh ragam suku di Indonesia. Tapi tahu nggak kamu kalau di dunia luar pun ada banyak agama unik selain yang diketahui di atas? Berikut 10 daftarnya:

1. Rastafarianisme

Sumber gambar: Wikipedia

Rastafarianisme, atau cukup disebut Rastafari adalah agama yang berkembang di Jamaika sejak tahun 1930-an. Unsur utama dalam agama mereka adalah monoteisme, atau kepercayaan kepada satu Tuhan yang disebut Yah. Kaum Rasta menganggap Haile Selassie (Kaisar Etiopia yang bertakhta dari 1930 hingga 1974) sebagai tokoh utama. Ada keyakinan bahwa Haile Selassie adalah Yesus yang datang untuk kedua kalinya di muka Bumi dan sebagai penjelmaan Yah. Salah satu penganut Rastafari yang terkenal adalah musisi reggae Bob Marley. 

2. Jediisme

Sumber gambar: starwars.com

Aladiners suka nonton film Star Wars? Di dalam film itu ada agama/aliran yang dianut oleh banyak tokoh utama Star Wars, yaitu Jedi. Dalam kehidupan nyata, agama Jedi ini benar-benar ada dan terinspirasi dari filosofi dan spiritualisme para Jedi yang ada di film Star Wars. Walaupun tidak menjadi agama resmi, tapi hingga saat ini ada 2 'tempat ibadah' Jedi di dunia, yaitu Temple of the Jedi Order di Texas, Amerika Serikat; dan Church of Jediism di Inggris. 

 

3. Aghori

Sumber gambar: Shutterstock

Aghori adalah salah satu aliran dalam agama Hindu India yang sangat ekstrim. Bagaimana nggak ekstrim, karena para penganut Aghori ini terkenal dengan praktik kanibalismenya! Mereka akan memakan apa saja mulai dari makanan busuk hingga kotoran hewan. Untuk mencapai benteng pencerahan tertinggi, mereka akan melakukan ritual yang sangat kasar. Finalitas ritual mereka diperoleh dari memakan daging manusia yang membusuk. Maka tidak heran kalau mereka sering dikutuk oleh umat Hindu India. 

4. Pana Wave

Sumber gambar: tilda.ws

Pana Wave adalah kelompok agama yang berbasis di Tokyo, Jepang, dan didirikan oleh seorang wanita bernama Yuko Chino pada 1977. Sekte ini menggabungkan unsur-unsur agama Kristen, Buddhisme dan ajaran baru. Yang melandasi ajaran Pana Wave adalah ketakutan terhadap gelombang elektromagnetik (pana wave). Karena menurut mereka, gelombang elektromagnetik membuat perubahan iklim, merusak lingkungan, dan menimbulkan penyakit.

 

Baca jugaIni Dia 5 Bangunan Ikonik Dunia yang Terbuka untuk Semua Pemeluk Agama

5. Nuwaubian Nation

Sumber gambar: althistory.fandom.com

Nuwaubian Nation didirikan pada tahun 1967 di New York oleh Malachi Z. York atau Dwight York. Menurut mitos agama ini, orang kulit putih ditakdirkan untuk memperbudak orang kulit hitam, namun takdir ini akhirnya meleset. Pada tahun 1994, Dwight York ditangkap karena tuduhan pencucian uang dan melecehkan anak-anak di bawah umur. Skandal ini terbukti tidak melunturkan kepopuleran agama ini, karena masih bertahan sampai sekarang. 

 

6. Church of all Worlds

Sumber gambar: Facebook Church of All Worlds

Didirikan pada tahun 1962 oleh Oberon Zell-Ravenheart dan istrinya Glory Zell-Ravenheart. Misi agama ini adalah untuk mengembangkan jaringan informasi, mitologi dan pengalaman membangkitkan kembali Gaia (Ibu Bumi) dan menyatukan kembali anak-anak-Nya melalui komunitas. Sebagian besar ajaran agama ini terinspirasi oleh novel fiksi ilmiah Robert A. Heinlein berjudul Stranger in a Strange Land.

 

7. Church of Ed Wood

Sumber gambar: moriareviews.com

Church of Ed Wood adalah agama yang didirikan untuk mengultuskan Ed Wood, seorang sutradara Hollywood yang terkenal karena keburukan film-filmnya. Para pengikutnya sering melakukan ritual aneh dengan cara berpakaian yang berlawanan dengan gender mereka sendiri. 

 

Baca juga10 Suku Asli di Indonesia yang Jarang Diketahui, Ada Suku Kanibal!

 

8. Bullet Baba

Sumber gambar: Shutterstock

Jika di kuil atau bangunan-bangunan keagamaan lainnya ada patung dewa-dewi, maka di agama satu ini terdapat.. motor! Ya, motor. Untuk dijadikan sesembahan. Ritual pemujaan ini bermula ketika penduduk Desa Chotila di Rajasthan, India, membuat sebuah kuil untuk sepeda motor dan pemiliknya yang tewas. Pada awalnya, motor Royal Enfield 350 CC yang ditumpangi oleh Om Banna atau disapa dengan ‘Bullet Baba’ diamankan oleh polisi setempat. Namun, berdasarkan penuturan masyarakat sekitar, motor tersebut kembali ke lokasi kecelakaan. Setelah itu, beberapa orang sering mengunjungi lokasi sambil membawa bunga dan benang suci. Masyarakat juga sering menyembah pohon yang terletak di tempat kecelakaan.

9. Aetherius Society

Sumber gambar: drgeorgeking.org

Agama ini adalah kombinasi dari sedikit dogma Kristen dengan kepercayaan Hindu, Buddha, dan Yahudi. Semuanya digabungkan dengan studi tentang UFO dan kehidupan di luar bumi. Penganut Aetherius berusaha untuk mencegah pemusnahan total Bumi. Mereka mengklaim beberapa bencana telah dicegah melalui penggunaan doa dan 'Baterai Energi Spiritual', yang menyimpan di dalamnya energi penyembuhan yang dihasilkan oleh kemampuan psikis.  Mereka masih menunggu 'Guru Berikutnya' atau Mega Yesus yang turun dari surga dalam piring terbang dan memiliki kekuatan magis yang besar.

10. Cao Dai Temple

Sumber gambar: Shutterstock

Cao Dai Temple berada di Tay Ninh, Vietnam. Bangunan yang berwarna-warni ini memiliki arti yang melambangkan masing-masing kepercayaan di dalamnya. Agama ini sebenarnya adalah bentuk lain dari ajaran kaum Pagan Kabbalah Yahudi, yang dipraktekkan oleh kelompok rahasia secret societies seperti Illuminati, Freemasonry, Rosikrusian dan lain sebagainya. Tujuan mereka adalah menyatukan semua agama dalam panji yang sesuai dengan ajaran Yahudi, agar nantinya kaum Yahudi mudah memperbudak orang-orang di luar agama mereka, yang mereka anggap lebih hina dari seekor anjing. Agama ini sekarang kita kenal dengan sebutan agama New Age.

 

Baca jugaKeunikan 5 Gereja di Indonesia Ini Bakal Bikin Kalian Terpesona

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar: