12.Jan.2021

Waduk Sermo di Kulon Progo Jadi Primadona Baru


JOGJA! Dengar nama kota yang satu ini emang nggak ada habisnya buat diobrolin. Apalagi soal destinasi wisatanya. Pasti ada aja tempat-tempat seru yang ternyata masih banyak yang belum kita temuin. Nah, salah satunya adalah Waduk Sermo yang ada di Kulon Progo.

0
0
0

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/ssarni_/

Kalau sebelumnya Mister kasih tahu kamu tentang ombak di Pantai Kesirat yang begitu memesona. Sekarang kamu juga wajib tahu kalau di Jogja ada satu waduk yang nggak kalah keren.  Waduk Sermo, meski namanya masih asing di telinga para wisatawan, tapi tempat ini menawarkan berbagai keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

 

Kerennya Waduk Sermo

Apa sih yang membuat danau buatan seperti Waduk Sermo ini wajib dikunjungi? Jadi, meski waduk ini adalah waduk buatan yang dibangun pada 1989 dengan luas sekitar 7.000 hektar, tapi pesona alam yang ada di waduk ini tidak pernah hilang. Keindahan alam di sekitar waduk berpadu dengan tenangnya air waduk yang jernih.

Sumber gambar: https://www.instagram.com/depagraphy.id/

Waduk ini berada di tengah-tengah pegunungan Menoreh sehingga nuansa alam dan kesejukannya tak perlu diragukan. Jika kamu datang ke sini, kamu akan disambut dengan hijaunya pepohonan di sekitar waduk melalui pantulan airnya yang tenang.

Sama seperti waduk pada umumnya, waduk ini berfungsi sebagai sumber air bersih bagi masyarakat sekitar. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini semakin banyak diminati masyarakat untuk melepaskan penatnya. Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di sekitar Waduk Sermo ini, seperti berfoto, mendirikan tenda di pinggir waduk, hingga menikmati pemandangan waduk dengan berkeliling menggunakan gethek.

Meski terkesan sederhana, menaiki gethek di waduk ini jadi aktivitas favorit para pengunjung. Kamu bisa mendapatkan hasil foto yang luar biasa seperti sedang menjelajah sebuah danau. Nggak perlu khawatir, gethek di sini cukup aman. Kamu juga bisa meminta petugas untuk mengambilkan gambar. Tapi kamu harus siap-siap basah ya, karena permukaan gethek akan tergenang sedikit air. Selain aktivitas wisata, waduk ini juga sering digunakan  sebagai tempat latihan TNI. Bahkan beberapa ajang perlombaan seperti perahu naga dan lomba dayung juga sering digelar di tempat ini.

 

Lokasi dan Tiket Masuk

Sumber gambar: https://www.instagram.com/ikhsanmtf_/

Waduk Sermo ini lokasinya ada di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Jogja, sekitar 30 kilometer. Meski harus menempuh perjalanan jauh sekitar 1 jam. Kamu nggak akan rugi jika sudah sampai di waduk keren yang satu ini.

Untuk jam operasionalnya, waduk ini bisa kamu kunjungi setiap hari kecuali hari Jumat. Kamu bisa datang mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore. Harga tiket masuknya sangat murah, kamu cukup membayar Rp5.000 per orang, dan Rp15.000 jika kamu ingin mendirikan tenda di pinggir waduk. Murah kan? Yuk, jadikan waduk ini sebagai destinasi kamu selanjutnya.

Komentar