03.Mar.2022

Tempat Wisata Terkenal di Pulau Sumatra


Sebagai salah satu pulau paling besar di Indonesia, Pulau Sumatra merupakan pulau yang kaya. Kaya akan budaya, kuliner, hingga tempat wisata yang menarik Pulau dengan luas totoal mencapai 473.481 kilometer persegi ini memiliki cukup banyak gugusan pulau. Fakta uniknya lagi, pula ini menyimpan banyak wisata terkenal di Pulau Sumatra menyuguhkan pemandangan yang eksotis. Wajib untuk dijelajahi, berikut beberapa rekomendasi tempat-tempat wisata terkenal di Pulau  Sumatra yang bisa jadi pilihan liburan Aladiners nantinya!  

0
0
0

 

Pulau Weh, Aceh

Tempat wisata yang terkenal di Pulau Sumatra yang pertama adalah Pulau Weh. Pulau Weh merupakan pulau yang terbentuk secara vulkanik. Meskipun letaknya di tepi laut, Aladiners masih dapat menemukan batu-batu khas vulkanik. Hal tersebut juga mempengaruhi kesuburan tanahnya.

Pulau Weh Jadi Prioritas UEA Investasi Rp 7 T di Aceh – Aceh Broadcasting

Pulau Weh dijuluki dengan “pintu gerbang Indonesia”, karena pulau ini merupakan pulau utama dan terbesar di Sabang yang terletak di ujung barat Indonesia. Terdapat beberapa destinasi wisata yang harus itinerari saat mengunjungi ke Pulau Weh, diantaranya Tugu Nol Kilometer, Pantai Iboih, Gua Ahoi, dan Pantai Anoi Itam (pantai pasir hitam).

Danau Toba, Sumatra Utara

Aladiners pasti sudah tidak asing lagi dengan danau satu ini, Danau Toba. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia juga Asia Tenggara. Tidak hanya itu, Danau Toba juga merupakan danau terbesar kedua di dunia.

SFIDN FITS | Blog | Hal-hal yang Menjadikan Danau Toba Begitu Istimewa

Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan. Danau Toba terletak di Provinsi Sumatra Utara dan masuk di kabupaten Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi.  Danau Toba menyimpan banyak wisata dan atraksi yang menarik bagi para wisatawan, seperti Festival Danau Toba dan Geopark Danau Toba.

Ngarai Sianok, Sumatra Barat

Ngarai Sianok berada di perbatasan kota Bukittinggi atau kurang lebih satu kilometer barat daya Bukittinggi. Ngarai Sianok menggambarkan sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh banyak bukit dengan tebing  curam ditambah aliran sungai kecil di tengahnya.

Selain salah satu menjadi tempat wisata yang terkenal di pulau Sumatra, Ngarai Sianok juga menjadi salah satu bukti nyata geologis di Pulau Sumatera, karena jurang ini merupakan bagian dari Patahan Semangko yang membelah Pulau Sumatra menjadi dua bagian. Pemandangan Ngarai Sianok dapat dinikmati secara sempurna dari Taman Panorama Bukittinggi. Panorama ini lah yang dimasukkan dalam uang rupiah pecahan Rp 2 ribu.

Candi Muara Takus, Riau

Candi Muara Takus menjadi candi bernuansa Buddha tertua di Sumatra. Kompleks candi ini telah diakui UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Bangunannya unik, punya menara dan ada bangunan utamanya yang besar.  Candi ini tepat berada di sebuah ujung sungai bernama Muara Takus.

Candi Muara Takus ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah sekaligus wisata religi bagi umat Buddha. Pasalnya, candi yang bersifat Buddish ini merupakan bukti, agama Buddha pernah berkembang di kawasan ini.

Air Terjun Sigerincing, Jambi

Air Terjun Segerincing terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasinya berjarak sekitar 75 kilometer dari Kota Bangko, dan bisa dicapai dengan melakukan perjalan selama kurang lebih 2 jam. Air Terjun Segerincing ini berketinggian mencapai 70 meter serta lebar pancuran 6 meter.

Air Terjun Segerincing, Air Terjun Eksotis dengan Warna-Warni Pelangi - Tempat.me

Air terjun ini memiliki aliran sungai dibawahnya, dengan air jernih dan kedalaman sekitar setengah meter.  Tingginya air terjun ini tergambar pada terciptanya semacam percikan-percikan air di sekitarannya yang nampak seperti percikan embun dengan radius mencapai 50 meter.  Percikan air ini terjadi karena air yang jatuh menghantam bebatuan sungai yang juga terlihat seperti asap.

Danau Ranau, Sumatra Selatan

Danau Ranau merupakan terbesar nomor dua di daerah Sumatra setelah Danau Toba. Tempat wisata yang cukup terkenal di Pulau Sumatra tepatnya di Sumatra Selatan memiliki luas yang dimilikinya sekitar 125,9 kilometer persegi. Sedangkan untuk kedalamannya yaitu mencapai 229 meter, dengan ketinggian permukaan sekitar 540 meter.

Danau Ranau - South Sumatra Tourism

Source: southsumatratourism

Uniknya, daya tarik Danau Ranau juga terdapat pada pemandangan kokoh dan gagahnya gunung Semuning. Keberadaannya yang menjulang dan membatasi wilayah perairan di danau ini menjadi satu keistimewaan atas kemegahan pemandangan yang dimilikinya. Lokasi yang berupa perbukitan hijau dan tinggi menjadikan udara sekitarnya terasa sangat sejuk dan menenangkan.

Bukit Kaba, Bengkulu

Bukit Kaba ini terletak di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Bukit Kaba sebenarnya adalah sebuah gunung dengan ketinggian mencapai 1937 Mdpl yang termasuk dalam Taman Wisata Alam dengan luas wilayahnya sekitar 13.940 Ha.

Menikmati Pesona Bukit Kaba

Kondisi alamnya yang masih asri dan alami serta pemandangannya yang cantik menjadikan tempat ini salah satu favorit bagi kalangan pendaki. Jika Aladiners ingin mencoba  mendaki dengan santai tanpa harus menguras tenaga untuk mencapainya, Bukit Kaba bisa menjadi alternatifnya.

Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Taman Nasional Way Kambas terletak di Raja Basa Lama, Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur. Taman Nasional Way Kambas dikenal sebagai lokasi konservasi gajah-gajah Sumatra yang merupakan hewan asli Pulau Sumatra.

Jika berkunjung, Aladiners dapat melihat dari dekat tentang proses penangkaran satwa. Di sore hari, Aladiners dapat menikmati atraksi menarik yang disuguhkan oleh gajah-gajah disana, seperti atraksi mengusung kayu, atraksi membajak sawah, serta sirkus. Di akhir pekan, ada atraksi seperti pertandingan bola antar gajah yang menarik untuk disaksikan. 

Pantai Parai Tenggiri, Kepulauan Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri ini terletak di Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung. Pantai Parai Tenggiri menawarkan keelokan gradasi warna biru yang terbentang luas di laut lepas. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati keindahan pasir putih dan bebatuan besar yang menghiasinya. Pantai ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga.

 Baca juga: Wisata Sejarah Museum Tsunami Aceh

Komentar